fgVbA8pS2mAvH6shJUAkVSH4ZBAYg0maapkaFIUm

PENTINGNYA MENDIDIK DIRI SEBELUM MENIKAH

    menikah

    Menikah adalah hal yang sangat mengharukan dan dielu-elukan para pemuda pemudi. Banyak dari mereka berlomba – lomba untuk bisa segera menikah dengan orang yang diinginkannya. Setelah beberapa waktu pernikahan tak jarang terdengar kabar tidak sedap mengenai pernikahan mereka.

    Pernikahan yang baru seumur jagung itu harus pupus ditengah perjalanannya. Tidak ada yang menginginkan perceraian, tapi hal itu bisa saja terjadi kepada siapapun. Sebagian lainnya berusaha mempersiapkan segala sesuatu sebelum pernikahannya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan dalam perjalanan rumah tangganya.

    PENTINGNYA MENDIDIK DIRI SEBELUM MENIKAH

    Menikah adalah perkara yang sebaiknya disegerakan. Namun jika dirasa belum meiliki cukup bekal dan merasa belum mampu pada aspek tertentu, sebaiknya persiapkanlah ia terlebih dahulu. Berusaha terus memperbaiki diri adalah hal yang bisa dilakukan sebelum akhirnya memutuskan untuk ke jenjang pernikahan. Tidak perlu terdistraksi oleh teman sebaya yang sudah menikah dan memiliki anak. Yakinlah bahwa setiap orang memiliki lini masa perjalanannya masing – masing. Fokuslah untuk selalu memperbaiki diri dengan terus belajar, baik itu ilmu seputar pranikah, pernikahan, pasca nikah, ataupun ilmu lainnya. Setiap ilu yang dipelajari akan bermanfaat nantinya.

    Sebagai manusia memang tugas kita adalah berusaha dan berdo’a, sedangkan hasil adalah hak Allah Swt akan memberikan seberapa banyak dan dalam bentuk apa. Usaha yang dilakukan tentunya dilakukan secara maksimal sebagai upaya memantaskan diri mendapatkan hal terbaik dari Allah Swt. Salah satu persiapan pernikahan yaitu ilmu, baik ilmu pranikah, pernikahan, dan pasca nikah. Semua ilmu itu perlu dipelajari bagi seseorang yang hendak menikah. Tujuan mempelajari ilmu terkait pasaca nikah yaitu untuk meminimalisir hal – hal yang tidak diinginkan ketika pernikahan terjadi dan cara menyikapinya.

    Perceraian memang bukan hal yang sedap untuk di dengar. Agama Islam tidak mengharamkan perceraian namun ini adalah hal yang dibenci oleh Allah Swt. Jika hal yang terjadi dalam suatu rumah tangga dirasa sudah memberikan lebih banyak keburukan bagi anggota keluarganya, maka perceraian itu diperbolehkan. Mendidik diri sebelum menikah adalah cara terbaik untuk mempersiapkan pernikahan.

    Kita dianjurkan untuk memilih pasangan dengan akhlak yang baik. Sebagai manusia mungkin saja kita menilainya memiliki akhlak dan agama yang baik ketika akan memutuskan menikahinya. Kemudian setelah ijab kabul terucap, ternyata dia tidak seperti apa yang kita ketahui saat memutuskan untuk menikahinya. Hal itu mungkin saja terjadi, apalagi kita manusia yang sering lupa dan melakukan kesalahan. Ketika hal ini terjadi maka kita tidak boleh langsung menghakimi atau bahkan mencacinya. Justru pada saat seperti inilah kita bisa menggunakan ilmu yang selama sebelum pernikah telah dipelajari untuk mendidik diri.

    Kehidupan ini seperti roda yang berputar. Pada saat tertentu bisa saja pasangan kita yang melakukan kesalahan besar. Tapi, tidak menutup kemungkinan jika di waktu yang akan datang pun kita melakukan kesalahan yang lebih besar dari pasangan kita. Jadi, mendidik diri adalah hal yang wajib dilakukan sebelum memutuskan untuk menikah. Jika suatu saat ketika pasangan melakukan kesalahan, maka kita tahu cara menyikapinya secara bijaksana. Begitu pula jika kita melakukan kesalahan, makai a tahu cara menyikapi kesalahan yang telah diperbuat oleh pasangannya. Ketika seseorang berumah tangga maka dia telah memutuskan untuk membangun sebuah tim yang harus bekerja sama dengannya seumur hidupmu. Agar semuanya selamat dunia akhirat, maka keduanya harus saling menguatkan dan saling menjaga.
    Related Posts
    Rifqi Fauzan Sholeh
    Hanya Menulis

    Related Posts

    Posting Komentar