Beasiswa BCA (PPA&PPTI)

Beasiswa BCA (PPA&PPTI)

Beasiswa BCA akan saya bahas program rekrutmen yang lain yang pastinya ini merupakan program yang diincar oleh banyak orang termasuk yang baru lulus ataupun buat yang kelas 3 SMA atau SMK itu bisa banget buat ikut program ini.

Namanya program pendidikan akuntansi dan program pendidikan teknik informasi. Kedua program ini memang ditunjukan untuk yang baru banget lulus SMA ataupun masih kelas 3 SMA ataupun SMK.

Seperti yang saya bilang tadi Beasiswa BCA ini lebih kepada beasiswa buat kalian yang ingin melanjutkan kuliah kalian akan dikuliahkan oleh Beasiswa BCA tanpa gelar setara dengan S1 jurusannya akuntansi dan teknik informasi.

Jadi untuk akuntansi nama programnya PPA dan untuk yang teknik informasi nama programnya PPTI.

Syarat dan Alur Beasiswa BCA (PPA dan PPTI)

Persyaratan

Kedua program ini memang ditunjukan buat untuk lulusan SMA/SMK umur maksimal 19 tahun, Nilai rata-rata rapot dari kelas 1 sampai dengan kelas 3 (7,5), warga negara Indonesia.

Pendaftaran

Nah setelah melengkapi syarat-syarat mau bilang tadi, bisa langsung daftar di Karir Beasiswa BCA itu pilih Program Pendidikan Akuntansi (PPA) ataupun yang (PPTI) untuk teknik informasi.

Silahkan langsung aja kunjungi Websitenya nanti saya bakalan cantumin di kolom komentar ya disitu tinggal ikuti saja langkah-langkahnya ataupun nanti kalau misalnya banyaknya request buat bikin cara daftar saya bakal bikin artikel selanjutnya tentang cara daftar online untuk PPA dan PPTI.

Assesmen Online

Nah jika dinyatakan lulus seleksi administrasi nanti bakalan dapetin email lanjutan yang berisi jadwal  untuk ikut assessment online jadi tahap selanjutnya itu  bakal ikut asesmen online, assessmen onlinenya sendiri itu nanti  bakalan dikasih link itu bisa  buka dalam rentang waktu yang ditentukan oleh Beasiswa BCA misalkan selama aku satu minggu jadi dalam waktu satu minggu itu  harus sudah menyelesaikan assessment online yang sudah diberikan melalui link email yang Beasiswa BCA berikan.

Jadi assesmen online ini sendiri merupakan tahap awal setelah seleksi administrasi dan untuk assesmen onlinenya sendiri itu terdiri dari berbagai macam alat tes.

Jadi nanti  bakalan diuji kemampuan numerik auramu, ability , kemudian logika  dan lain-lain.

Jadi untuk tahu jenis Tesnya apa saja bisa  cari sih itu banyak banget diinternet atau blog-blog orang tentang essesment online dari PPA ataupun PPTI ini ataupun nanti misalnya banyak pertanyaan saya bakal bikin artikel selanjutnya tentang essesment online PPA dan PPTI.

Setelah  dapat ideal untuk mengikuti assessment online dari Beasiswa BCA dalam kurun waktu tetap Beasiswa BCA  harus menunggu lagi ke selama kurang lebih satu bulan sampai dengan 2 Bulan untuk mengetahui apakah  lulus assesmen online ini untuk lanjut ke tahap selanjutnya.

Jika  lanjut ketahap selanjutnya  akan mendapatkan email lagi ataupun pemberitahuan lagi dari Beasiswa BCA bahwa  dinyatakan lulus assesmen online ini dan berhak untuk mengikuti tes psikotes.

Diemail tersebut nanti  bakal ditentukan tempat lokasi Tes  dan tanggalnya serta persiapan apa aja sih yang harus  siapkan untuk mengikuti tes mengikuti sebagai tersebut seperti  harus membawa alat tulis atau membawa kartu identitas ataupun tahu berkas-berkas yang dibutuhkan untuk lanjutan dari seleksi  itu bakal nanti di kasih tahu melalui email  sendiri.

Psikotest

Jadi selanjutnya  bakalan seharian di lokasi psikotes terdiri dari berbagai macam alat tes itu seharian berlaku sistem gugur jadi di psychotest itu ada psikotes tahap 1, psikotes tahap 2, kemudian ada interview juga di hari yang sama.

Psikotest Tahap 1

Psikotes tahap 1 ini bener-bener kayak psychotest pada umumnya jadi nanti  bakalan seperti ada gambar kubus,  bakalan menghitung jumlah kubus dalam soal tersebut, ataupun nanti anda kerangka kubus yang dibongkar nanti  bakalan pilih kerangka kubus ini itu kubusnyanya yang mana atau misalnya amati kubus kalau misalnya dibongkar kerangkanya kayak gimana.

Terus juga nanti ada deret angka misalnya 1,3,5,7 selanjutnya apa atau 2,4,6,8 selanjutnya apa, jadi  sering-sering berlatih aja untuk psychotest tahap 1 itu banyak sih tersebar di blog-blog internet tentang tes psikotes PPA ataupun PPTI.

Atau saya akan tetap membuat artikelnya kalau misalnya tentang psikotes yang ada di PPA dan PPTI.

Selesai psikotes tahap 1  bakalan disuruh menunggu lagi sambil nunggu biasanya  akan dikasih snack dan makan siang.

Nah pada saat  makan siang itu nanti setelah 1-2 Jam kemudian itu bakalan diumumkan atau ditempel siapa-siapa aja yang lanjut ketahap selanjutnya.

Psikotest Tahap 2

Nah kalau  lulus ke tahap selanjutnya  bakalan masuk psikotes tahap 2 dihari yang sama, psychotest tahap dua ini biasanya tuh berkurang drastis banget jadi kalau misalnya awal 300 Orang itu bakalan tinggal setengahnya sekitar 150-an orang dan psikotes tahap 2 ini nanti  bakalan ketemu sama yang namanya tes krepelin jadi  akan disuruh menjumlah dari atas ke bawah ataupun dari bawah ke atas, untuk tes krepelin ini sendiri banyak juga tersebar di internet dan blog-blog orang tentang bagaimana cara mengerjakan atau tips cara mengerjakan tes koran ini.

Tes Koran

Terus nanti  juga ada tes warteg jadi dalam tes ini akan ada 8 kolom yang isinya cuma ada titik, garis, koma ataupun bulat kecil itu  akan disuruh melengkapi ataupun menjadikan titik-titik ataupun garis-garis itu sebuah gambar.

Tes Wartegg ini lebih kepada kepribadian, cara kerja , ketahanan kerja , dan attitude  ketika  nanti bekerja ataupun di kehidupan keseharian .

Terus juga nanti  bakalan ada disuruh menggambar gambar pohon, gambar rumah ataupun gambar orang berpikir psikotes kedua ini nanti  bakalan disuruh membuat essay tentang cita-cita  sekitar dua sampai tiga paragraf.

Jadi  bakalan mengisi satu kertas dan membuat essay tentang cita-cita ataupun harapan  jadi berlatihlah membuat essay tentang diri sendiri dan masa depan yang  inginkan.

Tentunya dengan bahasa yang baku dan sesuai dengan ejaan yang disempurnakan.

Dan psikotes tahap 2 pun selesai  bakal disuruh nunggu lagi untuk mengetahui siapa yang lanjut sampai ke tahap ketiga yaitu interview dengan psycholog.

Nah pesertanya bakalan berkurang agak banyak sekitar setengahnya mungkin tinggal 70 bahkan tinggal 50 orangnya yang akan ikut interview dengan psikolog.

Interview dengan Psikolog

Jika  dinyatakan lolos ke tahap interview ini nanti  bakalan interview dengan psikolog. Psikolog ini adalah pengawas ujian psychotest , jadi nanti  ditanya-tanya seputar kepribadian  dan juga korelasi antara psikotes yang  kerjakan dengan cara menjawab .

Jadi nanti mungkin  ngerjain sesuatu sejujur mungkin, karena kalau  ngerjain psychotest itu tidak jujur itu bakalan ketahuan pada saat interview, jadi saat ngerjain psychotest jadilah diri sendiri enggak perlu nyontek.

Nah untuk interview tipsnya adalah  santai aja  rileks saja karena nanti  bakalan ditanya tentang lebih kecocokan kepribadian  dan mencocokkan jawaban  saat psychotest dengan jawaban  interview.

Jadi saran saran saya rileks saja santai jangan terlalu tegang dan selesai sudah rangkaian seleksi yang ada di psychotest ataupun diseleksi selanjutnya karena bisa hari yang itu tahap akhir dari seleksinya adalah interview dengan psikolog.

Jika  selesai sudah dengan interview psikolog  nanti bakalan disuruh pulang dan menunggu email lanjutan yang menyatakan bahwa  lulus untuk ketahap selanjutnya ataupun tidak lulus.

Interview dengan User (Pejabat BCA)

Jika  dinyatakan lulus  akan dihubungi oleh pihak Beasiswa BCA melalui telepon ataupun email bahwa  berhak untuk lanjut ke tahap selanjutnya yaitu interview user ataupun interview dengan pejabat yang ada di Beasiswa BCA Cabang terdekat .

Dan interview dengan user ataupun pejabat ini bahkan lebih mendalam jadi bener-bener  harus persiapkan produk knowledge ,  harus tahu Beasiswa BCA itu apa, berdiri tahun berapa, kemudian produk-produk yang ada Beasiswa BCA itu apa aja dan juga nanti  bakalan diuji tingkat kepercayaan diri , jadi  nanti kemungkinan bakal disuruh nyanyi, disuruh stand up comedy ataupun disuruh nari itu lebih kepada melatih kepercayaan diri .

Jadi kalau  diberikan chalange kayak gitu ada baiknya  lakukan saja atau  terima jangan  tolak karena mereka menilai bukan tentang bagus atau tidaknya , melakukan yang disuruh bernyanyi menari bukan tentang bagus atau tidaknya tapi tentang keberanian  dan kepercayaan diri .

Jadi kurang lebih seperti itu interview dengan user dan selanjutnya  bakalan disuruh pulang lagi untuk menunggu kabar selanjutnya.

Medical Check Up

Jika  dinyatakan lulus Tahap selanjutnya adalah tes kesehatan ataupun medical check-up, medical check up ini adalah rangkaian akhir dan seluruh tahapan seleksi di PPA dan PPTI.

Nah ibaratnya jika  sudah sampai test ini sudah dipastikan 80%  keterima di PPA dan PPTI, jadi untuk tes medical check up sendiri itu nanti bakalan dikasih surat pengantar dari Beasiswa BCA untuk ke rumah sakit rujukan dari Beasiswa BCA untuk tes kesehatan sendiri itu kayak rontgen thorax, kemudian tes buta warna, tes urine, test darah dan ataupun tes medical check-up lainnya.

Dan selesailah sudah seluruh rangkaian proses seleksi dari PPA dan PPTI, mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua yang lagi dalam proses PPA ada PPTI ataupun pengen jadi seorang PPA dan PPTI usai sudah seluruh rangkaian proses seleksi PPA dan PPTI dari awal seleksi, administrasi sampai dengan medical check up.

Jadi buat kalian yang baru lulus SMK ataupun masih kelas 3 SMK dan pengen banget bisa jadi bagian dari Beasiswa BCA, PPA dan PPTI merupakan program ataupun proses rekrutmen yang cocok banget buat kalian karena jika kalian lulus dari program PPA dan PPTI ini kalian bakalan jadi karyawan tetap dari Beasiswa BCA.

Jadi benar-benar enak banget  bakalan di kuliahin oleh Beasiswa BCA bakalan dapet uang saku juga, juga bakal dapet makan siang dan snack juga, terus modul buku segala macam dari Beasiswa BCA, lulus dari PPA dan PPTI  bakalan jadi karyawan tetap Beasiswa BCA luar biasa sekali.

Kalian yang punya mimpi untuk jadi karyawam Beasiswa BCA ikut program PPA dan PPTI merupakan jalan yang tepat buat kalian dan demikian sedikit artikel dari saya tentang PPA dan PPTI mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian jangan lupa untuk share and komen.

Next Post Previous Post
20 Comments
  • Raja Lubis
    Raja Lubis 7 Agustus 2021 03.10

    Dulu sempat tertarik juga ikut beasiswa PPA ini di BCA, tapi akhirnya ikutan rekruitment online di bank lain.

  • kang ᗪirman
    kang ᗪirman 7 Agustus 2021 03.22

    Menarik. Ini untuk universitas di Indonesia saja atau bisa ke luar negeri, mas?

    • Rifqi Fauzan Sholeh
      Rifqi Fauzan Sholeh 7 Agustus 2021 17.38

      Sepertinya khusus untuk yang Beasiswa BCA PPA dan PPTI ini hanya didalam negeri saja gan, karena sifatnya program pendidikan yang setara dengan S1 dan diperuntukan untuk menjadi karyawan tetap Ban BCA

  • Arif Abdurahman
    Arif Abdurahman 7 Agustus 2021 03.26

    Kalau saya dulu PPA juga, tapi yg dari Dikti, yg kepanjangannya Peningkatan Prestasi Akademik. Syaratnya cuma IPK kudu di atas 3 tiap semester pasti dapet alhamdulillah, sama sering2 silaturahmi aja ke SBA buat dapet infonya, soalnya banyak yg ga ngambil.

    Beasiswa dari swasta jarang dapet euy, soalnya persaingannya itu hihi, tapi kalau ikhtiar terus ya bakal ada hasilnya.

    • Rifqi Fauzan Sholeh
      Rifqi Fauzan Sholeh 7 Agustus 2021 17.39

      Wih kerenlah kang share we lah ke saya pengalamannya haha

  • YZG
    YZG 7 Agustus 2021 05.02

    proses yang sangat panjang namun sangat worth to try, kapan lagi bisa dijamin oleh Bank sebesar BCA. Adik-adik yang masih menjalani pendidikan wajib mengetahui hal ini.

    • Rifqi Fauzan Sholeh
      Rifqi Fauzan Sholeh 7 Agustus 2021 17.41

      Dari proses ini saya melihat keprofesionalan Bank BCA dalam memberikan beasiswa 😅

  • I. Afrina Putri
    I. Afrina Putri 7 Agustus 2021 05.51

    Sangat lengkap sekali penjelasannya mas. Mulai dari penjelasan tes hingga interview. Terima kasih untuk informasi mengenai beasiswa.

  • Fandhy Achmad R
    Fandhy Achmad R 7 Agustus 2021 08.34

    Tahap tahapnya banyak sekali ya, apalagi itu tahap psikotes dilakukan lebih dari sekali, tentu akan menguras pikiran tenaga sekali ya. Tapi ketika seluruh tahap dilalui, dan diterima beasiswa, rasanya bangga sekali.

  • Rita
    Rita 7 Agustus 2021 09.08

    Penting sekali ini di sebarkan ke adek adek SMA / SMK (auto sebarkan)

    Dan terimakasih kak atas informasi yang sangat jelas tentang beasiswanya

  • Fitri | Matchadreamy.com
    Fitri | Matchadreamy.com 7 Agustus 2021 17.09

    Dulu pas lulus SMK prnh denger tttg beasiswa ini, tapi wkt itu blm dpt informasinya. :D

  • Hamimeha
    Hamimeha 7 Agustus 2021 18.00

    Wah ini bisakah dipakai untuk mereka yg gapyear?
    Menarik nih, aku suka deh BCA ini selain inovasinya yg kece2 dia juga punya beasiswa sebagai bentuk kepeduliannya terhadap pendidikan

    • Rifqi Fauzan Sholeh
      Rifqi Fauzan Sholeh 7 Agustus 2021 18.46

      Yang penting memenuhi persyaratan aja sih

  • Yudichu
    Yudichu 7 Agustus 2021 19.29

    Terima kasih informasinya tentang beasiswa dari BCA, berguna banget ini buat anak-anak SMA yang mau lanjut kuliah cuma terhalang biaya.

  • Asty Intan Pratiwi Widyanti
    Asty Intan Pratiwi Widyanti 7 Agustus 2021 19.35

    Informatif bangett! Baru tau BCA punya beasiswa begini. Sayang aja aku udah tua dan gak bisa ikutan hahaha

  • Dila
    Dila 7 Agustus 2021 19.36

    Wow, makasih info tentang beasiswa BCAnya kak. Bisa banget disebarin ke adek-adek sma yang udah mau lulus.

  • Mero
    Mero 7 Agustus 2021 23.55

    Jalur beasiswa sangat membantu nih, Beasiswa BCA ini dari Bank BCA ya?

    • Rifqi Fauzan Sholeh
      Rifqi Fauzan Sholeh 8 Agustus 2021 20.21

      Betul sekali

  • Diaz Bela
    Diaz Bela 8 Agustus 2021 17.26

    Wah terima kasih informasinya mbak, detail sekali! Teman saya ada beberapa yang dulu ikut program ini juga, dan sampai sekarang masih berkarir di dunia banking, good for her :)

    • Rifqi Fauzan Sholeh
      Rifqi Fauzan Sholeh 8 Agustus 2021 20.22

      Kenapa saya jadi mbak mbak 😅

Add Comment
comment url

Informasi yang mungkin kamu butuhkan