Penjelasan Segmentasi Pasar

Penjelasan Segmentasi Pasar

Kali ini saya akan membahas materi tentang Pengertian Segmentasi Pasar, Tujuan Segmentasi Pasar, Syarat Melakukan Segmentasi Pasar, Manfaat Segmentasi Pasar dan Kelemahan Segmentasi Pasar.

Berikut Penjelasan Mengenai Segmentasi Pasar

Pengertian Menurut Para Ahli

  1. Menurut Baslu Wastha segmentasi pasar merupakan kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk kedalam satuan-satuan pasar atau segmen pasar yang bersifat homogen.
  2. Menurut Ngadiman ia mengatakan bahwa segmentasi pasar merupakan pembagian suatu pasar yang heterogen kedalam satuan-satuan pembeli yang homogen. Dimana kepada setiap satuan pembeli yang homogen tersebut dijadikan sasaran pasta yang dicapai dengan marketing mix tersendiri.
  3. Menurut Rhenald Kasali segmentasi merupakan proses mengkotak-kotakkan pasar yang heterogen kedalam kelompok-kelompok yang memiliki kesamaan kebutuhan atau kesamaan karakter yang memiliki Respon yang sama dalam membelanjakan uangnya.

Dari pernyataan yang tadi sudah disebutkan, jadi pengertian segmentasi pasar dapat disimpulkan bahwa segmentasi pasar merupakan pengelompokan pasar yang menjadi kelompok-kelompok konsumen yang homogen, dimana setiap kelompok atau bagian dapat dipilih sebagai pasar yang dituju atau di targetkan untuk pemasaran suatu produk.

Tujuan

Ada lima tujuan dari segmentasi, yaitu:

  1. Pasar lebih mudah dibedakan, suatu perusahaan akan cenderung mencari sekelompok konsumen ia sifatnya homogen sehingga lebih mudah untuk memahami selera konsumen nah dengan begitu pasar lebih mudah dibedakan dengan kelompok pasar yang lainnya.
  2. Pelayanan kepada pembeli menjadi lebih baik, banyak konsumen yang lari ke tempat lain karena masalah pelayanan, nah harga dan kualitas kadang menjadi nomor dua dibanding pelayanan menyadari hal tersebut maka segmentasi pasar harus dilakukan agar dapat memberikan pelayanan yang mengarah kepada pasarnya. Contoh pelayanan yang dapat dilakukan sebuah perusahaan adalah seperti menyediakan tempat parkir yang luas dan gratis. Pasti diantara kita kalian senang kan kalau sesuatu pasang atau suatu tempat yang dimana tempat tersebut menyediakan parkir yang luas dan gratis yang tidak ada Tukang parkirnya pasti itu menjadi daya tarik kita untuk mengunjungi pasar atau tempat tersebut. Sehingga pelayanan itu juga dimaksudkan untuk menarik perhatian para konsumen
  3. Strategi pemasaran menjadi lebih mengarah, mengingat luasnya dan beragamnya pasar konsumen, maka akan sulit untuk melayani semua konsumen yang sangat heterogen tersebut oleh karena itu dengan melayani konsumennya sifatnya heterogen maka strategi pemasaran yang direncanakan dapat lebih mengarah dalam menyusun marketing mix yang meliputi perencanaan produk, harga, distribusi dan promosinya. Sehingga usaha perusahaan tersebut menjadi lebih terarah atau lebih tajam
  4. Menganalisis pasar, jadi segmentasi pasar itu bertujuan untuk membantu pihak manajemen mendeteksi siapa saja yang akan menangkap atau menggerogoti pasar produknya, jadi para pesaing itu memiliki kemampuan untuk memberikan alternatif pilihan produk bagi konsumen dan tidak sekedar menghasilkan produk yang sama tapi apa yang diinginkan oleh konsumen
  5. Menemukan ceruk peluang, setelah menganalisis pasar tadi yang keempat perusahaan yang menguasai segmen pasar dengan baik akan sampai pada ide untuk menemukan peluang. Nah peluang ini juga tidak selalu sesuatu yang besar ya bisa jadi sesuatu peluang yang kecil itu juga dapat menjadikan tujuan segmentasi pasar.

Persyaratan

Dalam melakukan segmen pasar atau segmentasi pasar ada beberapa syarat yang harus dilakukan yaitu:

  1. Dapat diukur atau measurable, informasi mengenai sifat-sifat pembeli yang mencakup ukuran, daya beli dan segmen yang dapat diukur. Contohnya: jumlah segmen masyarakat orang kaya sebagai calon pembeli mobil yang dijadikan segmen penjualan perusahaan Toyota Kijang atau perusahaan mercedes-benz atau perusahaan mobil Honda atau perusahaan lainnya itu salah satu contoh persyaratan melakukan segmen pasar dalam segi dapat diukur.
  2. Dapat dijangkau atau aksesibel, itu maksudnya segmen pasar dapat dijangkau dan dilayani secara efektif dan pastinya yang telah ditentukan oleh suatu perusahaan tersebut.
  3. Besarnya cakupan atau substansial yaitu tingkat keluasan segmen pasar dan menjanjikan keuntungan jika dilayani. Jadi suatu segmen sebaiknya merupakan kelompok homogen dengan jumlah yang cukup besar, sehingga cukup bernilai jika dilayani dengan program pemasaran yang disesuaikan.
  4. Dapat dilaksanakan atau actionable, yaitu program yang efektif dapat dirancang untuk menarik dan melayani segmen tersebut. Contohnya walaupun sebuah perusahaan angkutan antarkota mengidentifikasi 10 segmen pasar namun stafnya terlalu sedikit maka untuk mengembangkan pemasaran itu terpisah bagi setiap segmen jadi harus dapat dilaksanakan untuk melakukan segmentasi pasar.

Manfaat Segmentasi Pasar

Manfaat dari segmentasi pasar, yaitu:

  1. Menyediakan keinginan dan kebutuhan pelanggan dengan lebih baik, maksudnya adalah jadi produsen dapat memuaskan keinginan dan kebutuhan pelanggan yang bervariasi dengan menggunakan pola yang berbeda dengan insentif dan kegiatan promosi yang berbeda pada setiap segmen yang dituju, misalnya perusahaan komputer Dell kalian pasti tahu laptop merk Dell itu tuh dia mengelompokkan konsumen nya kedalam kelompok pribadi, bisnis kecil, bisnis besar dan organisasi pemerintah atau bahkan kemasyarakatan, bukan berdasarkan pada Lini produk yang dihasilkan. Nah jadi Hal yang dilakukan oleh perusahaan Dell tersebut adalah terbukti mampu memberikan pelayanan dan ketersediaan produk yang lebih baik.
  2. Meningkatkan pendapatan nah pernik meningkatkan pendapatan disini maksudnya adalah perusahaan dapat mendeteksi secara dini dan tepat mengenai kecenderungan-kecenderungan dalam pasar yang senantiasa berubah atau juga perusahaan dapat mendesain produk yang benar-benar sesuai dengan permintaan pasar jadi perusahaan dapat menyiapkan produknya yang benar-benar yang diinginkan oleh permintaan konsumen tersebut.
  3. Perusahaan dapat menentukan juga kampanye dan periklanan yang paling efektif jadi dalam kampanye di sini itu maksudnya memasarkan ya mempromosikan produknya pada suatu periklanan atau pada suatu lini tertentu dengan cara yang paling efektif itu adalah salah satu manfaat dari segmentasi pasar.
  4. Peluang untuk perusahaan dapat mengarahkan dana promosi yang tersedia melalui media yang tepat bagi segmen yang diperkirakan akan menghasilkan keuntungan yang lebih besar jadi perusahaan dapat mengarahkan dana promosi nya itu sesuai dengan media yang tepat. Jadi segmen yang dapat diperkirakannya itu dapat menghasilkan keuntungan yang besar agar produknya itu laku di mata masyarakat atau dimata konsumen dan peluang untuk tumbuh juga dapat digunakan untuk mengukur usaha promosi sesuai dengan masa atau periode-periode dimana reaksi pasar itu cukup besar.

Kelemahan Segmentasi Pasar

Kelemahan dari segmentasi pasar yaitu:

  1. Biaya produksi akan lebih tinggi, karena jangka waktu proses produksi lebih pendek menjadi semakin proses produksi itu pendek semakin jangka waktu proses produksi itu lebih pendek maka biaya produksi yang dikeluarkan itu akan lebih tinggi. Misalnya jika suatu perusahaan memproduksi suatu produknya itu dengan jangka waktu prosesnya itu cepat bisanya hanya satu bulan, maka dia harus membutuhkan biaya produksi yang tinggi misalnya dengan menggunakan mesin yang harganya mahal atau mesin yang lebih canggih, terus kemudian pegawainya juga banyak maka biaya produksinya akan meningkatkan maka biaya produksinya akan lebih tinggi
  2. Biaya penelitian atau riset pasar akan bertambah, karena dengan banyaknya ragam dan macam segmen pasar dan ditetapkan maka biaya penelitian atau biaya riset pasar itu juga dapat meninggi sama seperti tadi ya jadi semakin banyak kita melakukan apa ya melakukan banyak-banyak penelitian maka akan banyak maka akan lebih meningkat itu biaya penelitian kita biaya riset pasar satu perusahaan tersebut.
  3. Biaya promosi akan menjadi lebih tinggi, karena ketika sejumlah media tidak menyediakan diskon, Jadi Jika kita ingin melakukan promosi yang banyak yang agar konsumen tuh melihat produk kita tapi media sedang tidak menyediakan diskon atau sedang tidak menyediakan fasilitas untuk kita maka itu akan meningkatkan biaya promosi kita.
  4. Kemungkinan akan menghadapi pesaing yang membidik segmen serupa. Jadi maksudnya adalah kemungkinan misalnya suatu perusahaan bisa mempromosikan produk perusahaan kepada influencer ataupun ada artis di Instagram selebgram gitu pasti sering kita melihat yang seperti itu. Nah kita mengendorse mereka, itu kemungkinan akan menghadapi pesaing yang sama dalam segmen serupa. Jadi kemungkinan sih influencer tersebut tidak hanya mempromosikan produk kita saja, misalnya kita memproduksi produk makanan. Nah tidak mungkinkan influencer tersebut hanya mempromosikan produk makanan kita saja, pasti banyak juga produk perusahaan lain yang menjual produk yang sama misalnya makanan seperti ini, makanya seperti itu, makanan yang modelnya seperti ini, alasannya begini pasti tuh banyak. Jadi kemungkinan akan menghadapi pesaing yang membidik segmen serupa. Nah maka itu termasuk berat kelemahan dari segmentasi pasar.
  5. Dapat menimbulkan terjadinya persaingan yang tidak sehat, misalnya seperti kanibalisme sesama produsen untuk produk dan segmen yang sama. Nah kembali lagi ke yang tadi yang keempat, karena kita mempunyai banyak pesaing yang membidik segmen serupa maka kita kayak lebih bermusuhan, kita jadi banyak-banyakan mencari konsumen, jadi kita mungkin lebih sering mengendorse artis tersebut atau selebgram tersebut agar produk itu lebih laku dibandingkan perusahaan lawan kita.

Semoga bisa dipahami artikel saya ini mengenai Pengertian Segmentasi Pasar, Tujuan Segmentasi Pasar, Syarat Melakukan Segmentasi Pasar, Manfaat Segmentasi Pasar dan Kelemahan Segmentasi Pasar. Jika kalian suka atau merasa artikel ini bermanfaat silahkan share atau ada kekeliruan isi yang saya sampaikan silahkan komen.

Sumber: https://agrotek.id/vip/pengertian-segmentasi-pasar/

Next Post Previous Post
20 Comments
  • Wahyu Eko C
    Wahyu Eko C 9 Agustus 2021 22.08

    lengkap nih, buat yang cari materi untuk presentasi tentang segmentasi pasar bisa jadi sumber referensi sih hehe

    • Rifqi Fauzan Sholeh
      Rifqi Fauzan Sholeh 10 Agustus 2021 05.13

      hehe silahkan

  • Deeva Collection
    Deeva Collection 10 Agustus 2021 00.05

    Bisa menjawab soal-soal tentang segmentasi pasar nih. Segmentasi pasar sangat penting dalam penjualan ya.

    • Rifqi Fauzan Sholeh
      Rifqi Fauzan Sholeh 10 Agustus 2021 05.13

      betul banget tanpa kita sadari segmentasi pasar ini sangat berguna untuk strategi marketing

  • Hallowulandari
    Hallowulandari 10 Agustus 2021 00.33

    kalau mau bikin program marketing penting kan menetapkan segmentasi pasarnya dulu, biar program sama targetnya ga miss

    • Rifqi Fauzan Sholeh
      Rifqi Fauzan Sholeh 10 Agustus 2021 05.17

      betul banget nih

  • I. Afrina Putri
    I. Afrina Putri 10 Agustus 2021 01.46

    Baru ngehh soal segmentasi pasar nih. Bermanfaat sekali artikelnya. Terima kasih yaa

    • Rifqi Fauzan Sholeh
      Rifqi Fauzan Sholeh 10 Agustus 2021 05.18

      siap sama"

  • NoNi Personal Blog
    NoNi Personal Blog 10 Agustus 2021 04.29

    Wah... menarik ini sebagai koleksi referensi. Apalagi dalam waktu dekat, insyaAllah saya ingin membuat semacam startup bisnis baru. Thanks, kak!

    • Rifqi Fauzan Sholeh
      Rifqi Fauzan Sholeh 10 Agustus 2021 05.18

      Siap goodluck buat bisnis barunya

  • Arif Abdurahman
    Arif Abdurahman 10 Agustus 2021 04.58

    Bahasan yg biasa diobrolin barudak marketing dan start up ini mah, saya cuma bagian ngangguk aja pura2 ngerti. Semoga nanti bisa ikut ngobrol lah habis baca ini. 😂😂

    • Rifqi Fauzan Sholeh
      Rifqi Fauzan Sholeh 10 Agustus 2021 05.20

      Apalagi saya sebenarnya saya juga tahunya sewaktu riset mau nulis artikel ini haha, jadi memaksakan diri membaca seputar segmentasi bisnis ini haha 😂

  • Raja Lubis
    Raja Lubis 10 Agustus 2021 05.02

    Jadi ingat rumus STP (Segmenting, Targeting, dan Positioning). Bisa diterapkan sebagai strategi bisnis di berbagai bidang.

    • Rifqi Fauzan Sholeh
      Rifqi Fauzan Sholeh 10 Agustus 2021 05.22

      Wih keren 😁😁

  • Fitri | Matchadreamy.com
    Fitri | Matchadreamy.com 10 Agustus 2021 06.13

    Wah, aku jd inget materi matkul manajemen pemasaran jaman2 kuliah. Kebetulan ini salah satu pembahasan favoritku. Baca ini jg remind lg nh :D

  • tantiamelia.com
    tantiamelia.com 10 Agustus 2021 06.24

    Huaaa aku salah masuk kelas manajemen dan bisnis nih!

    Kalau untuk pembahasan marketing sih aku lebih suka dan relate sama Hermawan Kartajaya deh, analoginya lebih pas!

  • Ayu Natih Widhiarini - natih.net
    Ayu Natih Widhiarini - natih.net 10 Agustus 2021 16.48

    Wahh materi segmentasi pasar ini menjadi salah satu referensi untuk saya yg lagi bikin proposal untuk pengajuan thesis S2 Manajemen Bisnis. Terima kasih ilmunya mas..

  • Dila
    Dila 10 Agustus 2021 21.26

    Kayak belajar di kuliah. SAya background IPA tapi kuliah Jurusan Bahasa, bisa dikatakan baru dengar tentang segmentasi pasar. Lumayan juga buat nambah wawasan.

  • ikari
    ikari 10 Agustus 2021 22.54

    terima kasih, artikelnya lengkap sekali. Jadi mengingat kembali yang dipelajari waktu kuliah dulu. harus memperbanyak baca artikel seperti ini ya biar pelajaran semasa kuliah tidak menguap begitu saja.

  • Ning!
    Ning! 11 Agustus 2021 07.11

    Ilmu baru nih buatku. Menentukan segmen pasar memang penting sekali ya, agar bisa fokus dan nggak general. Menentukan produknya juga lebih spesifik. Infonya lengkap banget. Mantap.

Add Comment
comment url

Informasi yang mungkin kamu butuhkan