Pelajaran Bahasa Sunda Kelas 1

Pelajaran Bahasa Sunda Kelas 1

Kali ini kita akan belajar mengenai Pelajaran Bahasa Sunda, hari ini saya akan mengajarkan tentang empat hal yaitu huruf vokal dan konsonan, lima bagian tubuh, nama-nama jari dan tentang cerita Midadami.

Pelajaran Bahasa Sunda Ke-1

Huruf Vokal dan Konsonan

Kita akan mulai pelajaran yang pertama yaitu tentang huruf vokal dan konsonan, huruf vokal ada 5 (a - i - u - e - o) di Pelajaran Bahasa Sunda itu ada satu tambahan huruf vokal yaitu huruf (eu) ini adalah gabungan huruf "e" dan "u".

Selain itu perbedaan huruf vokal di bahasa Sunda itu ada di huruf "e" apakah kamu tahu bedanya apa?

Huruf "e" di Bahasa Sunda itu ada dua, yaitu "e" tanpa topi dan "é" dengan topi, huruf e dengan topi dibaca jelas perbedaannya itu ada di jika e-biasa dan e dengan topi diterapkan pada satu kata, misalnya:

  • Menggunakan "e" = Serang
  • Menggunakan "é" = Sérang
  • Menggunakan "eu" = Seurang

Kita lanjutkan dengan huruf yang lain selain huruf vokal yaitu adalah huruf konsonan ya benar huruf konsonan adalah huruf dalam alfabet selain huruf vokal yang telah disebutkan berarti (b - c - d - f - g - h - j - k - l - m - n - p - q - r - s - t - w - x - y - z)

Lima Bagian Tubuh

Kita lanjutkan ke materi selanjutnya yaitu tentang lima bagian tubuh lima bagian tubuh disini yang akan kita pelajari yaitu:

Alis

Alis dalam Indonesia dan Bahasa Sunda itu mirip-mirip yaitu halis mata, jadi "h" nya dihilangkan itu menjadi alis atau halis dalam bahasa Indonesia.

Soca

Soca itu adalah mata, soca itu adalah bagian tubuh kita untuk melihat.

Lambey

Lambey itu adalah mulut

Rema

Rema adalah jari

Angkeut

Angkeut adalah dagu

Nama-Nama Jari

Selanjutnya kita akan belajar Pelajaran Bahasa Sunda tentang nama lima jari dalam bahasa Sunda apakah kamu sudah tahu? Apakah kamu pernah dengar ? pasti kalau di lagu bahasa Indonesia itu ada satu lagu yang menyanyikan tentang nama-nama jari di tangan kita.

Nah mungkin kalian dalam lagu bahasa Indonesia pernah dengar hari ini kita akan belajar tentang nama-nama jari dalam bahasa Sunda. Supaya kita lebih ingat lagi kita sebutkan nama nama jari dalam bahasa Indonesia dan bahasa Sunda:

  • Jempol dalam Bahasa Sunda "Jempol"
  • Telunjuk dalam Bahasa Sunda "Curuk"
  • Jari Tengah dalam Bahasa Sunda "Jajangkung"
  • Jari Manis dalam Bahasa Sunda "Jariji"
  • Kelingking dalam Bahasa Sunda "Cingir"

Cerita Midadami

Nah yang terakhir adalah tentang cerita Midadami, saya akan mencontohkan bagaimana membaca Bahasa Sunda mirip-mirip dengan bahasa Indonesia kita mulai:

Nami Abdi Mida

Umur Abdi genap taun 

Abdi kelas hiji SD

Nami SD Abdi cidora

Nanti kalian coba lanjutkan ceritanya membaca bersama Bunda di rumah ya. Demikian Pelajaran Bahasa Sunda kali ini Terima kasih untuk perhatiannya, baca juga artikel pembelajaran selanjutnya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Informasi yang mungkin kamu butuhkan