Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Gaskeun!!!

Cara cepat belajar Bahasa Inggris sangat menarik untuk dibahas, karena tidak bisa dipungkiri lagi kalau misalnya sekarang itu bahasa asing jadi salah satu kemampuan yang bisa ngedukung banyak hal dihidup kita termasuk Saya juga.

Apalagi Bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa internasional diera modern ini yang dipakai dimana-mana Bahasa ini juga dipelajari oleh banyak orang.

Tapi nggak jarang juga hal ini jadi kesulitan buat kita semua, bahkan chanel 1% pernah mengadakan polling mengenai kesulitan belajar Bahasa Inggris jawaban yang seringkali didapatkan dan yang paling banyak adalah "Gimana nih cara mulai belajarnya? Apakah mulai dari belajar grammar? kuasai vocab atau gimana?

Makanya di artikel kali ini Saya bakal ngebahas cara cepat belajar bahasa inggris buat yang lagi belajar bahasa Inggris atau bahasa lain silahkan baca artikel ini sampai habis biar bisa dapat keseluruhan Insightnya.

Berikut Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris

Metakognisi

Saya bakal jelasin ini pake teori psikologi yang namanya adalah metakognisi atau tentang gimana caranya berpikir mengenai yang dipikiran, intinya berpikir tentang berpikir. Diteori metakognisi ini kalau mau belajar suatu hal yang baru dalam hal ini bahasa ada tiga hal yang perlu kuasai, yaitu:

  1. Apa tujuan kamu belajar bahasa inggris?
  2. Pahami soal kemampuan diri kamu saat ini seperti apa?
  3. Apa kamu mempunyai strategi untuk mencapainya?

Saya coba terangkan satu-satu ya dan coba pahami dulu penjelasan saya dibawah ini

Apa Tujuan Kamu Belajar Bahasa Inggris?

tujuan belajar bahasa inggris

Tujuan Kamu belajar Bahasa Inggris buat apa? Tiap orang punya tujuan yang berbeda dan dengan tau tujuan pembelajaran bisa lebih maksimal.

Jadi dapat diketahui butuh berapa energi waktu dan sumber daya yang perlu dikerahkan misalnya sekarang mau belajar bahasa Inggris biar bisa nonton film gak pake subtitle, nah ini udah cukup dengan kemampuan listening dan transleting.

Engga perlu belajar grammar dulu atau misalnya nggak perlu belajar spelling ngomong gitu ya ga perlu belajar pronunciation, ya udah santai aja gitu.

Tapi beda kalau mau belajar biar dapat nilai tertentu biar bisa dapat beasiswa TOEFL nya mau diangka sekian atau pekerjaan tertentu, maka energi yang dikerahkan juga pasti lebih banyak, jadi harus tau tujuan utama mau ngapain.

Pahami soal kemampuan diri kamu saat ini seperti apa?

    kemampuan diri berbahasa inggris

    Pahami kemampuan diri Kamu saat itu kayak gimana? apakah sebenarnya nol banget? atau udah paham banget? nah ini tergantung beda-bedakan, ketika sudah mengetahui kemampuan diri seperti apa.

    Misalnya kalau Saya sih pakai tes yang ada di aplikasi Elsa, dengan aplikasi ini bisa dapet gambaran kasar tentang pemahamanmu sejauh ini, itu kayak gimana dan apa yang harus ditingkatkan, jadi bisa tahu tuh sebenernya level Kamu itu ada di mana.

    Apa kamu mempunyai strategi untuk mencapainya?

      strategi belajar bahasa inggris

      Selain paham kemampuan diri juga perlu diketahui motivasi untuk belajar bahasa Inggris, karena ya pembelajaran yang baik itu didukung dengan motivasi yang kuat.

      Nah motivasi itu sebenarnya ada dua jenis, yaitu:

      1. Motivasi Intrinsik, motivasi ini muncul dari diri Kamu sendiri.
      2. Motivasi Ekstrinsik, motivasi yang memang tuntutan dari luar.

      Kedua motivasi ini sebenarnya sama-sama baik tapi memang kalau dari riset motivasi intrinsik itu jauh lebih kuat dari pada yang ekstrinsik, karena ya hal yang membuat belajar, yang membuat semangat itu datang dari dalam diri sendiri, bukan dari tuntutan orang lain, bukan dari luar.

      Ketika sudah mengetahui tujuan belajar buat apa dan sudah punya motivasi yang kuat, keduanya bakal mempermudah untuk menyusun strategi yang cocok untuk bisa belajar bahasa baru.

      Kalau diteori metakognisi pembelajaran terbaik adalah dengan lebih melibatkan diri sendiri secara aktif.

      Tips-Tips Belajar Bahasa Inggris

      tips belajar bahasa inggris

      Kamu bisa mulai mengexpose diri ke Bahasa yang mau dipelajari, kalau misalnya sudah mengekspos diri ke bahasa itu pasti bakal bisa jago lebih cepat, ada penelitian seperti ini:

      Orang-orang Finlandia yang diekspos ke bahasa Mandarin selama empat hari berturut-turut itu ya sambil mereka ngerjain PR setelah empat hari doang mereka tuh bisa bedain percakapan mana yang dilakukan dalam bahasa Mandarin dan mana yang bukan

      Jika semakin sering mengekposkan diri ke Bahasa baru, maka akan semakin cepat untuk terbiasa dengan suara dan struktur bahasa ini bakal membuat lebih cepat paham juga.

      Jadi sangat bisa nih untuk coba Expose diri Kamu untuk mendengarkan bahasa yang mau dipelajari sambil ngelakuin pekerjaan yang gak terlalu nuntut untuk fokus dan lakuin ini secara rutin misalnya setiap jam 09.00 atau tiap pagi atau tiap lagi olahraga dengerin sesuatu.

      Nah ini bakal membuat kebiasaan untuk mendengarkan dan tidak menganggap bahasa itu jadi suatu hal yang baru banget yang jadinya terkesan sulit, ketika udah mulai terbiasa maka akan bisa mulai untuk belajar meniru bunyi bahasanya.

      Dari dulu manusia itu mempelajari segala sesuatu lewat sistem observasi dan meniru, makanya meniru itu ada salah satu langkah yang efektif buat belajar bahasa, entah itu dengan menyanyi dengan meniru ucapan dengan memakai aplikasi.

      Ditahap ini juga sebenarnya bisa lebih fokus buat belajar soal intonasi dan juga pemecahan kata dan yang paling penting.

      Kalau menurut Saya bukan hanya mengekspos diri, bukan hanya mendengarkan dan bukan hanya Belajar untuk meniru bahasanya tapi juga harus latihan, terutama dalam pengucapan.

      Latihan tuh bakal bikin kita jadi jago dan akhirnya lebih pede pas udah belajar mengucapkannya, kalau saran Saya, bisa dimulai dengan mencari teman yang bisa diajak ngobrol Bahasa Inggris tapi kan susah ya 😂😂

      Sekarang mencari teman susah untuk ketemu dan belajar bareng gitu apalagi sekarang pandemi, nah mendingan coba ini aplikasi seperti Elsa ini.

      Aplikasi ELSA

      elsa speak

      Elsa itu adalah aplikasi pelatihan bahasa Inggris yang menggunakan Teknologi Artificial Intelligence dan Speech Recognition. Dimana Elsa ini bisa ngasih real time feedback secara detail yang sesuai dengan IPA (International Phonetic Alphabet).

      Diaplikasikan ini bisa digunakan untuk belajar banyak banget, berbagai macam kemampuan bahasa Inggris dan setelah tiga bulan dipakai, sudah ada sekitar 95% orang yang menggunakan ELSA ini merasa lebih pede untuk bicara Bahasa Inggris.

      Saya pribadi sudah menggunakan hampir satu bulan dan Saya rutin dan alhasil, Saya jadi tahu oh ternyata Saya salahnya disini.

      Jadi ini cocok banget untuk yang memang mau belajar soal pengucapan yang fasih, silahkan bisa download saja langsung Elsa di Appstore atau di Google Play Store.

      Saya rasa sekian pembahasan kali ini mengenai cara cepat belajar bahasa inggris ini silahkan share jika kalian rasa artikel ini bermanfaat, dan kalau ada yang ingin ditanyakan atau berpendapat pengalaman lain ketika kalian menggunakan website ini silahkan berkomentar saja.

      Next Post Previous Post
      13 Comments
      • Nuny Penguin
        Nuny Penguin 31 Agustus 2021 00.56

        Setuju kak, kalau mau belajar bahasa Inggris harus tau dahulu tujuannya buat apa. Jadi inget dosen kuliah yang cenderung pentingkan pede, spelling Dan pronunciation tepat ketimbang grammar, supaya anak mahasiswanya siap bekerja dilingkungan perusahaan.

        Sekarang bisa terbantu dengan Aplikasi Elsa, bisa jadi solusi yang ingin belajar mengasah kemampuan dan kepercayaan diri dalam berbahasa Inggris.

      • Didik Purwanto
        Didik Purwanto 31 Agustus 2021 07.47

        Jadi penasaran mau donlot aplikasi ELSA ini. Sekarang belajar bahasa makin gampang ya. Dulu aku belajar bahasa Inggris ya dari lagu2.

        Plus di daerahku dekat banget ama Kampung Inggris di Pare. Makanya ya banyak yang casciscus pake bahasa Inggris. Tapi aku dulu malah kursus bahasa Jepang. Hahaha..

      • Ratna K
        Ratna K 31 Agustus 2021 09.04

        Belajar bahasa inggris memang gampang-gampang susah ya, jadi ingat waktu sekolah, kalau sudah mau ujian lisan itu keringat dingin, sedangkan ujian tulisan grammar suka salah haha! Enak ya ada aplikasi ELSA ini, pasti terbantu.

      • Katerina
        Katerina 31 Agustus 2021 16.18

        Sebagai bahasa global, bahasa Inggris udah lama jadi bahasa yang wajib dikuasai. Di sekolah-sekolah bahkan sejak TK (di sekolah anakkua) udah diajarkan/digunakan dalam percakapan di kelas. Banyak yang ingin bisa dan cepat, tapi ya nggak bisa cepat-cepat amat ya, tetap perlu waktu, apalagi untuk sampai fasih. Sekarang metode belajar banyak, bahkan lewat aplikasi seperti ELSA ini. Saat baca artikel ini saya langsung cek di Google Playstore, dan ajak anak saya untuk install. Tfs untuk informasi bermanfaat :)

      • Fenni Bungsu
        Fenni Bungsu 31 Agustus 2021 16.45

        Dengan tahu apa arahnya sih belajar bahasa Inggris bisa bikin semangat juga belajarnya. Karena udah paham tujuannya buat kemana.

      • Hamimeha
        Hamimeha 31 Agustus 2021 17.49

        arik nih pronunciation sebab ini kadang orang ngucap apa artinya apa hahaha beda deh. wah bisa nih jadi salah satu alternatif belajar yang memudahkan ya elsa ..auto inget frozen

      • Dee_Arif
        Dee_Arif 31 Agustus 2021 18.50

        memang klo mau cepat bisa bahasa inggris ya harus sering latihan ya kak
        banyakin ngomong inggris
        sekarang belajar bahasa Inggris makin gampang ya, bisa pakai aplikasi Elsa

      • Fitri | Matchadreamy.com
        Fitri | Matchadreamy.com 31 Agustus 2021 19.24

        Bahasa inggris emg penting bgt sih di jaman skrg. Kalau gak bisa bahasa inggris, kyk bakal ketinggalan sm org2. Btw keren bgt aplikasinya pake teknologi AI. Layak dicoba bwt yg mau belajar bahasa inggris.

      • rizkyrautra
        rizkyrautra 31 Agustus 2021 20.04

        Dulu sempet belajar langsung melalui platform chating dengan orang luar negeri. Jadi belajar gaya bahasa langsung dari mereka meskipun logatnya kelihatan banget medoknya..

      • Ayu Natih Widhiarini
        Ayu Natih Widhiarini 31 Agustus 2021 21.14

        Latihan lebih sering adalah kunci sukses lancar Berbahasa Inggris.. aku semenjak tinggal di Jepang setahun, jadi gak PD ngomong Bahasa Inggris, wkwkwk
        sekarang setelah balik ke Indonesia lagi, jadi hrus adaptasi lagi..
        Jadi pengen nyobain ELSA..

        Btw salfok sama namanya, kayak nama karakter di salah satu sinetron fenomenal saat ini, hehhee

      • Eka FL
        Eka FL 1 September 2021 08.00

        emang sih kalau belajar bahasa inggri itu yang bikin bingung itu belajar grammar dulu atau apa? ternyata niatnya diluruskan dulu ya, lalu test kemampuan diri. aku jadi pengen tahu sejauh mana kemampuan bahasa inggris aku lewat elsa

      • Hairun Nisa
        Hairun Nisa 2 September 2021 02.07

        Motivasi memang penting banget sih biar ga putus di tengah jalan belajarnya. Tapi kalau saran dari aku, cara cepat bisa English itu juga dengan menggunakannya untuk keseharian. Even though harus ngomong sendiri, asal dipakai.

      • Firmansyah
        Firmansyah 2 September 2021 05.33

        Kebetulan saya dari kecil sudah suka pelajaran Bahasa Inggris nih, Kak. Baru tahu juga ternyata ada aplikasi platform belajar Bahasa Inggris yang namanya ELSA.

        Thanks for sharing ya, Kak. Salam hangat. :)

      Add Comment
      comment url