Pendidikan Guru Sekolah Dasar Berikut Prospek Kerja Lulusannya

pendidikan guru sekolah dasar

Pendidikan Guru Sekolah Dasar memiliki prospek kerja, hal ini akan saya jelaskan atau terangkan didalam artikel kali ini cocok banget buat kamu mahasiswa atau lulusan pendidikan guru sekolah dasar.

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Dalam beberapa tahun terakhir jurusan pendidikan guru sekolah dasar menjadi salah satu jurusan yang cukup diminati di beberapa PTN, misalnya saja seperti:

  • Universitas Eka Sakti (Unes) di jalur SBMPTN nya terdapat pendaftar sebanyak 2689 orang dan dengan kuota penerimaan hanya sebesar 144 orang saja.
  • Universitas Negeri Jambi peminat jurusan pendidikan guru sekolah dasar hanya kalah jauh dari jurusan favorit IPS seperti: akuntansi, manajemen dan psikologi.

Jurusan pendidikan guru sekolah dasar ini menjadi salah satu jurusan yang ada di fakultas keguruan.

Sesuai dengan namanya, jurusan ini mempersiapkan para mahasiswanya untuk menjadi pengajar di jenjang Sekolah Dasar.

Maka di jurusan ini mahasiswa akan diajarkan semua materi pelajaran SD mulai dari matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, IPA, IPS, PKN dan lain-lain.

Lulusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Kerja Apa?

Tenang, lulusan pendidikan guru sekolah dasar mempunyai banyak prospek dalam dunia kerja, yaitu:

1. Menjadi guru SD Negeri

Prospek kerja yang ini sudah pasti menjadi tujuan utama, setiap lulusan pendidikan guru sekolah dasar. Sebagai mahasiswa yang dipersiapkan untuk menjadi guru SD kamu bisa memilih profesi ini, kamu bisa memilih sebagai guru honorer ataupun menjadi guru SD dengan jabatan ASN atau aparatur sipil negara.

2. Menjadi guru SD swasta

Jika kamu belum beruntung untuk menjadi guru SD di sekolah negeri, tidak ada salahnya menjadi guru SD di sekolah swasta baik SD negeri maupun SD swasta keduanya sama saja, mungkin hanya berbeda soal kebijakan.

3. Menjadi guru ke daerah-daerah

Untuk kamu yang berjiwa sosial tinggi, kamu bisa menjadi guru yang ditugaskan ke pelosok negeri untuk memperkenalkan pendidikan kepada masyarakat sekitar.

Dengan begitu maka kamu sudah membantu negeri ini untuk meratakan tingkat pendidikan pada setiap penduduknya dan jangan khawatir karena pemerintah akan mendukung penuh dalam program ini.

4. Menjadi guru yang mengajar di luar negeri

Wow keren bukan? peluang atau prospek kerja ini enggak mengajar anak-anak bangsa yang ada di luar negeri, ini merupakan pilihan yang tepat untuk kamu yang suka travelling sekaligus untuk mencari pengalaman baru yang berbeda, biasanya kamu akan bertugas untuk mengajar anak-anak TKI.

5. Tutor di Lembaga Bimbel

Prospek kerja ini kamu bisa ikut menjadi guru di lembaga bimbingan belajar, kali ini kamu akan bekerja pada sebuah lembaga bimbel dan mengajar sebagai Tutor.

6. Membuka Les Privat

Selain di lembaga formal maupun nonformal tersebut kamu juga bisa membuka les privat. Jika di lingkungan rumahmu banyak anak kecil atau anak yang masih sekolah hal ini kamu manfaatkan.

Kamu bisa memberikan kursus kepada anak-anak di lingkungan rumahnya tidak hanya membuka lisdes private kamu juga bisa membuka les secara kolektif atau dalam bentuk rombongan belajar.

7. Menjadi Konselor Pendidikan

Dengan menjadi seorang konselor pendidikan kamu dapat membantu para klien untuk menemukan jurusan sekolah yang tepat.

Latar belakang pendidikan yang kamu miliki tentu membuat sedikit lebih paham dan lebih peka terhadap kebutuhan masing-masing siswa, jadi kamu bisa menyarankan untuk masuk ke sekolah terbaik yang sesuai dengan kemampuan anak.

8. Menjadi Radio Announcer

Ini sangat cocok untuk kamu yang suka bercerita atau berbicara mengenai dunia pendidikan, namun kamu tidak merasa nyaman jika harus bertemu dengan orang banyak. Jadi radio announcer adalah salah satu pilihan yang tepat.

9. Mendirikan Yayasan

Dengan berlatarbelakang pendidikan pendidikan guru sekolah dasar tidak menutup kemungkinan untukmu untuk mendirikan sebuah yayasan sendiri.

Ini dapat kamu coba sekaligus untuk membangun sifat kepemimpinan yang ada dalam dirimu.

10. Menjadi Kepala Sekolah

Peluang kerja ini dapat ditempati oleh para lulusan pendidikan guru sekolah dasar. Buat kamu yang belum tahu apa sih tugas seorang kepala sekolah? Jadi kepala sekolah biasanya memiliki tugas selain mengajar Ia juga memimpin sebuah sekolah atau institusi.

Karena menjadi pemimpin tentu saja seorang kepala sekolah harus memastikan bahwa seluruh kegiatan yang berkaitan dengan keberlangsungan pembelajaran sekolah seperti administrasi kantor, kesiswaan, keuangan hingga ke perpustakaan menjadi berjalan dengan baik dan tentu saja hal itu semua membutuhkan keahlian memimpin yang baik.

11. Menjadi dosen

Selain menjadi kepala sekolah kamu lulusan pendidikan guru sekolah dasar juga berkesempatan untuk menjadi pengajar yaitu sebagai seorang dosen.

Namun tentu saja kamu harus meneruskan kuliahnya dulu minimal jenjang Master atau bahkan melebihi Master yaitu doktor.

12. Menjadi Pegawai Bank

Lulusan dari jurusan PGSD juga bisa menjadi pegawai bank, rekrutmen calon pegawai bank biasanya tidak memberikan persyaratan khusus. Hampir semua jurusan boleh mencoba termasuk kamu yang dari jurusan pendidikan guru sekolah dasar. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba prosesi ini bukan.

Nah itulah beberapa prospek dari lulusan pendidikan guru sekolah dasar. Saya rasa sekian pembahasan kali ini mengenai prospek kerja pendidikan guru sekolah dasar ini silahkan share jika Kamu rasa artikel ini bermanfaat, dan kalau ada yang ingin ditanyakan atau berpendapat silahkan berkomentar saja.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url