Universitas Pendidikan Indonesia Berikut Syarat Pendaftaran Jalur Mandiri

universitas pendidikan indonesia

Universitas Pendidikan Indonesia membuka pendaftaran jalur mandiri, ayo buat kamu yang sedang berjuang untuk kuliah silahkan ikuti alur dan lengkapi persyaratan yang akan saya sampaikan diartikel ini.

Selain teman-teman yang bisa mendaftar di jalur SNMPTN SBMPTN Universitas Pendidikan Indonesia juga membuka jalur mandiri buat temen-temen yang misal gagal di kedua jalur yang udah saya sebutkan tadi.

Buat temen-temen yang mau tau info lebih lanjutnya, persyaratannya, timelinenya dan hal yang lainnya kalian baca artikel ini sampai selesai.

Pendaftaran Jalur Mandiri Universitas Pendidikan Indonesia

Persyaratan

  1. Lulusan dari SMA/Ma/SMK atau paket C di tahun 2021, 2020 dan 2019. Buat teman-teman lulusan SMA/Ma/SMK ataupun paket C di tahun 2019-2021 silakan untuk mendaftar di jalur mandirinya Universitas Pendidikan Indonesia
  2. Mempunyai kesehatan fisik yang tidak mengganggu kelancaran belajar di program studi pilihannya. Jadi teman-teman dianjurkan untuk sehat secara fisik kayak gitu biar enggak ada gangguan ketika kalian melakukan kegiatan belajar di Universitas Pendidikan Indonesia.

Pilihan Program Studi

Kemudian untuk pilihan Prodi atau program studi pendaftar seleksi Mandiri di Universitas Pendidikan Indonesia pada tahun 2021 satu ini dapat memilih 2 Prodi ya teman-teman yaitu kelompok bidang minat yang sama, yaitu:

  1. Bidang minat kependidikan atau non Kependidikan.
  2. Minat kelompok saintek, soshum atau bahasa.

Jadi buat temen-temen boleh memilih program studi dua di setiap ujian seleksi masuk Universitas Pendidikan Indonesia.

Karena ini ujian masuk Mandiri berarti di Mandiri ini kalian boleh memilih dua program studi di jalur seleksi Mandiri Universitas Pendidikan Indonesia.

Timeline

  1. Kemudian untuk timeline atau jadwal pendaftaran cetak Kartu Ujian dan pengumuman hasil dilakukan pada tanggal pendaftaran 31 Mei sampai 2 Juli 2021.
  2. Sedangkan untuk Cetak kartu pendaftaran dilakukan pada tanggal 31 Mei sampai 19 Juli 2021.
  3. Ujian yang dilakukan secara luring atau kalian itu datang langsung ke kampus Universitas Pendidikan Indonesia yaitu pada tanggal 20-22 Juli 2021.
  4. Ujian keterampilan dan wawancara dilakukan pada tanggal 23 sampai 24 Juli 2021
  5. Pengumuman hasil dari keseluruhan Ujian Mandiri yang telah dilaksanakan yaitu 13 Agustus 2021.

Jadi buat temen-temen silahkan untuk diperhatikan tanggalnya dari pendaftaran sampai pengumuman hasil supaya kalian itu tidak terlewatkan informasi di setiap tanggal pendaftaran cetak Kartu Ujian Mandiri serta ujian keterampilan dan pengumumannya di jalur mandirinya Universitas Pendidikan Indonesia.

Biaya

Biaya pendaftaran yaitu sebesar 350.000 untuk sekali ujian di dua program studi

Ujian keterampilan yaitu 150.000 khusus Prodi yang terkait olahraga dan seni dengan biaya ini disetor bersama biaya pendaftaran. Jadi buat temen-temen yang memilih program studi pendidikan olahraga dan seni, nanti itu ada biaya tambahan.

Jadi dia yang pendaftaran 350 ditambah biaya keterampilan 150.000, tapi buat temen-temen yang enggak ada di luar jurusan olahraga dan seni itu hanya membayar 350.000 di biaya pendaftaran saja.

Tapi buat temen-temen yang ada program olahraga pilihannya dan seni nanti ada ujian keterampilan sebesar 150.000.

Jadi diperhatikan kalian mau memilih jurusan apa dan program studi apa yang kalian pilih.

Penilaian

Sistematika penilaian di jalur Ujian Mandiri Upi, yaitu:

  1. Mempertimbangkan nilai UT BK SBMPTN 2021. Peserta yang tidak mempunyai nilai UT BK SBMPTN 2021 masih tetap dapat mengikuti seleksi Mandiri di UPI 2021.
  2. Menggunakan nilai tes psikologis bidang minat yaitu kependidikan atau non kependidikan dan tes terpadu meliputi IPA terpadu, IPS terpadu dan bahasa terpadu
  3. Khusus program studi terkait olahraga dan seni akan ada penilaian dari portofolio dan ujian keterampilan
  4. Khusus program studi S1 ilmu pendidikan agama Islam akan ada penilaian dari ujian keterampilan membaca al-quran.
  5. Khusus program studi S1 pendidikan ilmu pengetahuan alam itu ada internasional program on science education atau IPSE dan akan ada penilaian dari wawancara dalam bahasa Inggris.
  6. Khusus program studi S1 PGSD, pg-paud dan psikologi akan ada penilaian dari wawancara

Saya rasa sekian pembahasan kali ini mengenai pendaftaran jalur mandiri Universitas Pendidikan Indonesia ini silahkan share jika Kamu rasa artikel ini bermanfaat, dan kalau ada yang ingin ditanyakan atau berpendapat silahkan berkomentar saja.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url