Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Komik Pendidikan Media Pembelajaran Yang Dapat Membangun Komunikasi Pembelajaran

komik pendidikan

Komik Pendidikan cara untuk mengikuti perkembangan teknologi yang berpengaruh terhadap cara guru dalam menyajikan materi khususnya konten visual dan multimedia.

Komunikasi Pembelajaran

komunikasi pembelajaran

Dalam kegiatan belajar dan mengajar guru perlu media untuk menarik pembelajaran siswa tentunya pada artikel ini saya akan mengenalkan satu media pembelajaran berbasis komik.

Definisi Komik Pendidikan

Komik

Komik adalah rangkaian cerita bergambar disertai keterangan balon dialog atau keterangan gambar, terdapat penokohan yang memerankan karakter.

Komik Pendidikan

Komik pendidikan merupakan media pembelajaran, dari rancangan narasi visual ini siswa dapat membaca cerita dengan muatan topik mata pelajaran.

Komik pendidikan ini diilustrasikan dengan kolase foto dengan format gambar sehingga diharapkan mudah dibuat oleh guru/pendidik dan mudah disebarkan kepada siswa dalam membantu minat baca sumber belajar.

Contoh Komik Pendidikan

1. Aku Bukan Anak Kutukan

Komik Pendidikan ini menjelaskan gejala epilepsi seperti kejang-kejang dan mulut berbuih. Epilepsi ini bukanlah kutukan atau penyakit mistis. Penyakit Epilepsi dapat dijelaskan secara ilmiah, dapat diatasi dan diobati.

2. Bahagianya Saling Memaafkan

Komik Pendidikan ini bertujuan  untuk menyampaikan pesan bahwa menyimpan dendam dan kepahitan tidak akan membuat hidup menjadi bahagia, melainkan justru menjadi beban dalam hidup.

Namun dengan saling memaafkan dan menyayangi, akan membuat hati terasa lega, damai dan membahagiakan.

3. Jangan Takut Mencoba

Komik Pendidikan ini memberikan pesan bahwa kesuksesan tidak dapat dicapai dengan instan, melainkan butuh langkah nyata. Tak perlu takut dan ragu akan mencoba manusia akan mendapatkan pengalaman baru untuk merperbaiki kualitas diri.

4. Kebiasaan Mampu Mengubah Takdir

Komik Pendidikan ini bertujuan menyampaikan pesan bahwa meskipun hidup sudah nyaman dan sukses, namun jika kita tidak menjaganya dengan baik maka semua akan lenyap juga. Sesukses apapun pekerjaan, akan jatuh juga jika kita malas untuk bekerja keras.

5. Kehormatan Suatu Pekerjaan

Komik Pendidikan ini memberikan pesan bahwa setiap pekerjaan pasti memiliki kesulitan, namun manusia harus tetap berjuang dan tidak menyerah dengan kesulitan yang dialami.

Manusia harus tetap bersyukur dan menghargai pekerjaan yang dimiliki, karena pekerjaan merupakan suatu kehormatan.

Baca Komik Pendidikan Online

Pernahkah kamu kesulitan dalam mencari komik yang bertemakan pendidikan untuk anak, adik atau saudara kamu?

Kesulitan itu sepertinya akan hilang setelah kamu membaca artikel ini, karena kini akan sangat mudah membaca komik secara online yaitu dengan melalui link berikut ini : https://komik.pendidikan.id/online/.

Sangat banyak judul komik yang layak dibaca anak umur 7+, isi cerita komik seru dan gambar yang menarik ditambah gratis juga.

Tidak aneh rasanya ketika melihat stok komik tentang pendidikan yang begitu banyak, karena website ini bekerja sama dengan para komikus.

Saya sudah coba menghitung jumlah komik online yang tersedia disini, pokoknya dari page 1 sampai page 20 setiap pagenya menampilkan 20 komik dan page yang ke 22 hanya menampilkan 4. Jadi jika dijumlahkan ada sekitar 424 Komik Online yang dimiliki pendidikan.id yang bertemakan pendidikan.

Jenis-Jenis Komik

Komik Karikatur

Komik tipe kartun atau karikatur ini berjenis humor atau banyolan dan editorial atau kritikan sindiran politik, yang dapat menimbulkan sebuah arti.

Komik Strip

Komik ini adalah gambar yang berisi cerita yang biasanya terdiri dari tiga hingga enam panel atau sekitarnya, juga dapat berupa humor atau cerita yang serius yang menarik untuk disimak disetiap periodenya hingga tamat.

Komik Majalah

Komik ini berukuran seperti majalah, biasanya menggunakan sampul tebal dan berisi 64 hlm. Contohnya seperti komik Matematika, Komik DC dan Komik Marvel.

Elemen Dalam Komik

Panel Komik

Panel adalah kotak yang membingkai ilustrasi gambar dan teks sehingga membentuk sebuah alur cerita komik.

Sudut Pandang Gambar

Bahasa visual bidikan posisi gambar yang ditampilkan dalam menciptakan persepsi pembaca dari pengungkapan adegan cerita.

Ukuran Gambar

Disini adalah penentuan ukuran gambar yang paling sering digunakan dikomik yaitu:

  1. Ekstra Long Shot
  2. Medium Close Up
  3. Long Shot
  4. Close Up
  5. Medium Long Shot
  6. Medium Shot
  7. Big Close Up
  8. Extra Close Up

Jadi ini disesuaikan kembali dengan pemakaian dan peruntukan ekspresi dari setiap tokoh yang ada didalam komik.

Parit Komik

Parit komik adalah batas ilustrasi atau ruang untuk mengimajinasikan sebuah adegan cerita komik.

Disini kamu bisa lihat bahwa disetiap panel kotak ini dibingkai dengan panel dan ada selanya dan itu adalah parit komik yang berfungsi untuk membatasi ruang imajinasi antara satu ilustrasi dengan ilustrasi berikutnya, karena setiap pembaca komik itu memiliki  cara membaca yang berbeda-beda melalui imajinasinya.

Ada yang melalui dialog, ada yang sampe membayangkan bahwa disitu bergerak karakternya kemudian ada efek suaranya dan menjiwai apa yang ada didalam gambar. Sehingga ini adalah satu ruang untuk mengimajinasikan sebuah adegan cerita komik.

Balon Kata

Berikutnya yang tidak kalah penting disini adalah balon kata atau banyak disebut dengan balon dialog.

Balon kata ini berisikan komunikasi tokoh komik pada umumnya berisi dialog, pikiran dan narator atau caption.

  • Gambar Pertama kamu bisa lihat sebelah atas paling kiri itu adalah balon berpikir biasanya diwakili dengan simbol seperti itu.
  • Berikutnya tengah atas itu balon yang menerangkan tokoh komik yang sedang berdialog.
  • Dan balon kanan atas merupakan dialog yang dilakukan secara langsung oleh 2-3 tokoh.
  • Balon kiri bawah merupakan balon yang menjelaskan bahwa tokoh tersebut sedang berteriak.
  • Balon tengah bawah menjelaskan bahwa tokoh tersebut sedang bergumam.
  • Dan balon kanan bawah yang biasanya narator atau caption.

Ilustrasi Komik

Ilustrasi yang dimaksud dalam komik pendidikan ini adalah aset visual yang bersifat foto kolase yang diberikan efek. Foto dipilih agar memudahkan pendidik dalam menyampaikan pesan visual, karena tidak semua pendidik memiliki keahlian dalam menggambar ilustrasi.

Penokohan Komik

  • Dalam pembuatan komik pendidikan sebaiknya kamu merancang 2 tokoh, dengan ciri, sifat dan karakter yang kuat antara satu dengan yang lain.
  • Munculkan juga karakter figuran sebagai pelengkap.
  • Jadikan satu tokoh yang memiliki karakter rasa ingin tahu atau kebiasaan bertanya, dan tokoh yang satunya memberikan penjelasan berupa materi topik pembelajaran.

Alur Cerita Komik

  • Komik ini bertujuan sebagai media pembelajaran sehingga cerita harus mengandung unsur belajar melalui narasi visual yang disajikan.
  • Rangkaian alur cerita sebaiknya mengarah pada pertanyaan pembelajaran.
  • Diawali dengan cerita pembuka pada suatu tempat, kemudian tokoh A bertanya terkait apa yang belum diketahui, dan tokoh B memberikan jawaban dengan singkat yang mengarah pada rujukan sumber belajar.
  • Harus ada dialog tokoh B yang mengarahkan tokoh A untuk  membaca materi pada (Buku ..., Hal...., tentang topik materi ......)
  • Berikan aktivitas atau evaluasi setelah membaca komik
Saya rasa sekian pembahasan kali ini mengenai komik pendidikan ini silahkan share jika Kamu rasa artikel ini bermanfaat, dan kalau ada yang ingin ditanyakan atau berpendapat silahkan berkomentar saja.
Rifqi Fauzan Sholeh
Rifqi Fauzan Sholeh Berbagi Informasi Seputar Pendidikan

Posting Komentar untuk "Komik Pendidikan Media Pembelajaran Yang Dapat Membangun Komunikasi Pembelajaran"