Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lomba Logo : Berikut 5 Tips Membuat Logo dari Pemenang

lomba logo

Lomba logo ini dia tips buat kamu yang baru mengikuti lomba logo atau bagi kamu yang bukan pemula tapi belum pernah menang kontes mungkin ini bisa dijadikan tips tambahan dalam membuat logo.

Tips Mengikuti Lomba Logo

Kalau Kamu mengikuti lomba logo pastinya akan ada brieve atau deskripsi buat para desainer dari penyelenggara lomba logo tersebut, misalkan logonya harus begini harus begitu.

Nah pastikan Kamu membaca deskripsi tersebut secara teliti, karena dari cerita pengalaman para juara desainer logo mereka selalu memperhatikan deskripsi sebelum memulai lomba logo.

Jadi tipsnya kalau Kamu mau mengikuti lomba logo, yaitu:

1. Gabungkan 2 Elemen atau Lebih yang berhubungan dengan Brand

Gabungkan 2 gambar atau lebih yang menurut Kamu berhubungan dengan brand, misalnya logo seperti dibawah ini

Logo diatas merupakan logo karya Bang Donan, beliau memenangkan lomba logo untuk Cafe Kaiwa.

Perhatikan secara seksama, pada logo tersebut beliau menggabungkan 3 Gambar atau elemen yaitu Monyet, Gelas dan Kopi.

Cafe Kaiwa sendiri memiliki arti kongko dan tidak diketahui apa alasannya cafe ini pada brieve atau deskripsinya Brand tersebut menginginkan gambar monyet, dan pada akhirnya Bang Donan Membuat gambar monyet dengan kacamata gelas dan mulutnya biji kopi.

Logo ini digunakan beberapa waktu yang lalu Bang Donan menang untuk Cafe di Jepang, dan bang Donan bilang bahwa logonya tersebut dihargai sebesar $280 atau sekitar Rp. 3.600.000.

2. Gunakan Huruf Awal Nama Brand sebagai Ide Awal

Gunakan huruf awal brand sebagai logo utama brand dan hubungkan dengan gambar atau elemen yang sesuai dengan Brand tersebut, contohnya:

Logo diatas merupakan contoh logo yang menggunakan huruf pertama brand sebagai logo utama.

Nama perusahaannya Kamet, dan perusahaan ini merupakan perusahaan clothing dibidang outdoor lifestyle makanya terlihat sekali pada huruf K yang dijadikan logo yang bergabung dengan gunung.

Menurut Bang Donan sebagai pembuat dari logo Kamet tersebut, untuk logo kamet ini beliau dibayar sebesar $450 atau sekitar Rp. 5.800.000.

3. Gunakan Warna yang Sesuai dengan Brand

Point ini mudah sih ga ada masalah yang krusial, Kamu tinggal buka deskripsi dari penyelenggara lomba logo mereka maunya warna apa tinggal Kamu sesuaikan saja.

4. Gunakan Trik ATM (Amati Tiru Modifikasi)

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan kata ini, jadi buat Kamu yang masih baru dalam membuat logo dan mengikuti lomba logo boleh sedikit melihat logo-logo yang sudah ada namun kalian modifikasi kembali sehingga sangat jauh berbeda dengan logo referensi Kamu.

Jadi pastikan Kamu cari referensi logo sebanyak-banyaknya yang sesuai dengan deskripsi yang penyelenggara lomba logo berikan.

Misalnya deskripsi yang diberikan adalah outdoor lifestyle, Kamu tinggal searching di google logo outdoor lifestyle pastinya akan ada banyak referensi yang keluar.

Setelah Kamu menemukan referensi logo yang pas selanjutnya Kamu amati dulu logo tersebut, kemudian Kamu tiru logo tersebut dan yang terakhir lakukan modifikasi logo tersebut sehingga berbeda jauh dengan referensi aslinya.

Ini merupakan tips buat Kamu yang baru awal banget membuat logo, ya ini merupakan tahapan belajar namun jangan sampai membuat logo menjiplak seluruhnya dari logo referensi.

5. Jangan Biarkan Imajinasi Tersadar

Jangan biarkan imajinasi tersadar maksudnya adalah jika Kamu menjadi seorang desainer maka yang dimainkan disini adalah imajinasi, jadi imajinasi itu adalah nyawa dari seorang desainer.

Kamu harus bisa membayangkan dan memainkan imajinasi Kamu Logo ini mau seperti apa? logo ini bentuknya mau bagaimana? nanti akhirnya seperti apa?

Maka dalam point ini sangat diperlukan imajinasi yang liar supaya ide-ide untuk membuat logo semakin gokil.

Saya rasa sekian pembahasan kali ini mengenai lomba logo ini silahkan share jika Kamu rasa artikel ini bermanfaat, dan kalau ada yang ingin ditanyakan atau berpendapat silahkan berkomentar saja.

Rifqi Fauzan Sholeh
Rifqi Fauzan Sholeh Hanya Menulis

Posting Komentar untuk "Lomba Logo : Berikut 5 Tips Membuat Logo dari Pemenang"