Cara Menghapus Akun Facebook dan Cara Menonaktifkan Akun Facebook

cara menghapus akun facebook

Cara menghapus akun facebook dan cara menonaktifkan akun facebook untuk sementara, disini akan saya jelaskan dengan mudah dan jelas setiap langkah-langkah yang harus kamu lakukan.

Apa bedanya cara menonaktifkan akun facebook dengan cara menghapus akun Facebook?

Kalau akun yang dinonaktifkan itu bukan dihapus ya tapi hanya hilang alias disembunyikan dari Facebook, sehingga orang-orang tidak bisa melihat isi profil kita dan juga tidak bisa mencari nama akun kita di pencarian.

Semua data-data tidak akan hilang seperti foto, video, postingan, data-data diri, dan lain-lain itu tidak akan hilang dan juga nantinya akunnya bisa diaktifkan kapan saja.

Jadi yang ini memang lebih cocok untuk orang-orang yang mungkin mau istirahat dari dunia sosial media dari dunia Facebook gitu ya besok ini.

Kalau dihapus permanen itu nantinya tidak bisa dikembalikan lagi, semua data akan hilang.

Menghapus akun facebook cocok bagi orang yang memang mau berhenti dari dunia Facebook atau mungkin mau beralih ke sosial media yang lain gitu udah nggak mau main Facebook atau mungkin juga mau menghapus akun kedua atau akun palsu mau dihapus permanen karena udah enggak pakai.

Jadi pastikan dulu teman-teman mau yang mana, kalau mau menonaktifkan sementara sekarang kita akan segera masuk ke langkah-langkahnya, tapi kalau mau langsung ke cara menghapus permanen teman-teman bisa langsung skip aja ke sub judul cara menghapus akun facebook.

Cara Menonaktifkan Akun Facebook

Sebelum masuk ke langkah-langkahnya saya mau memberikan beberapa

Catatan penting:

Teman Facebook masih bisa menandai menandai akun kamu yang sudah dinonaktifkan memberikan tag gitu di dalam sebuah postingan atau foto.

Kamu masih bisa menggunakan akun Facebook yang sudah nonaktif ini untuk login di tempat lain, misalnya login PUBG, Tokopedia, Shopee dan lain-lain.

Kalau akun facebook kamu dihapus permanen itu udah nggak bisa lagi melakukan hal-hal yang sudah saya sebutkan pada catatan penting diatas tadi.

Langkah menonaktifkan akun facebook

Langsung saja ke tutorialnya, kalau dari HP bisa langsung dari aplikasi Facebook atau bisa juga melalui browser misalnya dari Google Chrome terus ketik facebook.com.

Langkah-langkahnya sama saja saya akan memberikan contoh menggunakan aplikasi Facebook saja yang di Android, teman-teman yang menggunakan iPhone ataupun juga mau menggunakan komputer atau laptop langkah-langkahnya juga kurang lebih sama cuma paling beda dikit kata-katanya saja, jadi santai saja di ikuti saja langkah-langkahnya.

Lalu teman-teman yang menggunakan Facebook lite juga langkah-langkahnya kurang lebih sama cuma beda dikit doang, jadi kita langsung saja disini saya akan mencontohkan menonaktifkan akun facebook.

Disini kita ke garis tiga ini yang paling kanan

Lalu ke bawah ke pengaturan dan privasi


Lalu ke pengaturan paling bawah pilih kepemilikan dan kontrol akun

Disini pilih penonaktifan dan penghapusan.

Dari sini kamu bisa pilih menonaktifkan atau menghapus, disini kan saya akan mencontohkan menonaktifkannya, jadi pilih yang menonaktifkan lalu masukkan kata sandi

Lalu pilih lanjutkan dan disini bisa dipilih alasan, misalnya saya pilih yang "saya memiliki akun Facebook yang lain"

Pilih lanjutkan nah disini seperti yang dilihat akun Messenger akan tetap aktif hingga anda menonaktifkannya dari aplikasi messenger gitu jadi nanti kita harus ke aplikasi messenger untuk menonaktifkan akun di Messenger yang disini cuma akun Facebook saja, kemudian ini bisa dicentang kalau mau.

Keterangan dibawah ini menjelaskan kamu dapat mengaktifkan kembali akun kapan saja tinggal masuk ke Facebook dengan email dan kata sandi tinggal login.

Lalu pilih nonaktifkan akun saya dan notifikasi penonaktifan akun berhasil akan muncul seperti pada gambar dibawah ini.

Sekarang kamu buka aplikasi Messenger, akan ada pemberitahuan kalau kamu menonaktifkan akun Facebook kamu dan berkirim pesan tidak akan mengaktifkan kembali akun Facebook kamu yang sudah dinonaktifkan.

Kamu dapat tetap menggunakan messenger untuk tetap terhubung dengan teman tentu tetap chatting, teman kamu masih dapat mencari akun kamu di Messenger dan di obrolan Facebook.

Jadi hanya akun Messengernya yang masih aktif, masih bisa chatting dengan orang-orang, masih bisa terhubung dengan orang lain.

Disini kamu silahkan pilih lanjutkan

Setelah ini silahkan kamu pilih ok, ok, ok . . .

Kalau kamu mau menonaktifkan akun Messenger juga tinggal ke sini nih

Scroll ke bawah dan pilih Ketentuan dan kebijakan

Lalu di sini ada pilihan menonaktifkan Messenger, silahkan pilih itu

Setelah ini, kamu tinggal masukkan kata sandi lalu pilih Lanjutkan

Jika kamu menonaktifkan Messenger, kamu tidak akan dapat mengirim atau menerima pesan dengan teman lagi, beberapa informasi akan tetap ada seperti nama dan percakapan kamu.

Jadi kalau sudah pernah histori chatting kamu tetep bakalan ada di inbox, kamu dapat mengaktifkan kembali akun kamu kapan saja dengan masuk ke Messenger menggunakan email atau nomor telepon kamu beserta kata sandi.

Jadi kamu yang mau mengaktifkan kembali akun Facebook dan juga akun Messenger tinggal login lagi, harap diingat email, nomor telepon dan juga passwordnya.

Cara Menghapus Akun Facebook

Cara menghapus akun Facebook sama seperti tadi, tapi sebelum kita ke tutorialnya saya mau menyampaikan beberapa hal penting setelah akun Facebook terhapus maka akun Messenger juga akan secara otomatis terhapus.

Lalu kita tidak bisa menggunakan akun Facebook ini untuk login di aplikasi lain, jadi misalnya akun facebook yang akan dihapus ini terhubung ke aplikasi seperti Tokopedia atau Shopee, jika akun facebook dihapus maka kamu tidak bisa lagi login menggunakan akun facebook yang sudah dihapus.

Jadi akun facebook kamu bisa hilang, jadi hati-hati ya . . . dipikirkan dulu baik-baik apakah akun ini terhubung dengan aplikasi atau layanan-layanan lain?

Kalau memang akun yang mau dihapus ini sering dipakai login di aplikasi lain, sebaiknya disetting terlebih dahulu metode loginnya dirubah ke login menggunakan email supaya tidak memerlukan akun facebook untuk login.

Jadi nantinya setelah akun Facebook ini terhapus bisa login menggunakan Google atau kalau kamu ragu saran saya akunnya dinonaktifkan saja tidak usah dihapus permanen karena kalau cuma dinonaktifkan kamu masih bisa gunakan fitur loginnya.

Langkah untuk menghapus akun facebook

Sama seperti cara menonaktifkan yang saya jelaskan diatas tadi, cara menghapus akun facebook itu bisa melalui aplikasi facebook atau melalui browser.

Cara memghapus akun facebook disini saya akan menggunakan aplikasi Facebook di Android dari sini tinggal pilih garis 3 yang ada di pojok kanan atas pada gambar dibawah ini.

Kemudian langkah selanjutnya cara menghapus akun facebook silahkan scroll ke bawah dan pilih "Pengaturan dan Privasi"

Lalu pilih pengaturan

Scroll ke bawah lalu pilih kepemilikan dan kontrol akun. cara menghapus akun facebook

Disini ada 2 pilihan, yaitu nonaktifkan akun dan hapus akun, karena ini langkah cara menghapus akun facebook silahkan pilih "Hapus Akun"

Lalu pilih Lanjutkan ke penghapusan akun. cara menghapus akun facebook

Disini diberikan banyak pilihan alasan kenapa ingin menghapus akun misalnya kalau teman-teman terlalu banyak menghabiskan waktu di Facebook silahkan pilih salah satu yang sesuai dengan alasan pribadi kamu. cara menghapus akun facebook

Jika kamu ingin membackup data yang ada di akun facebook, saran saya sih download aja, cukup klik "unduh"

Data postingan, foto, video, komentar, like, teman, cerita, pokonya semuanya bisa di-backup, setelah semuanya dipilih lebih silahkan pilih "buat file"

Jika kamu memilih untuk membackup maka akun facebook kamu jangan dulu hapus, tunggu dulu sampai proses backup filenya selesai, seperti pada gambar dibawah ini:

Prosesnya backup ini agak lama, jadi tunggu saja sampai selesai dan jangan dulu menghapus akun facebook.

Tapi kalau didalam akun tidak ada data yang menurut kamu tidak penting, lanjutkan saja pilih hapus akun. cara menghapus akun facebook

Lalu masukkan kata sandi dan pilih lanjutkan

Kamu akan menghapus akun facebook secara permanent, jika kamu siap untuk menghapus silahkan klik "hapus akun"

Setelah mengirimkan akun facebook untuk dihapus, kamu memiliki waktu 30 hari untuk mengaktifkan ulang akun dan membatalkan penghapusan akun facebook kamu.

Jadi ada batas waktu 30 hari siapa tahu teman-teman berubah pikiran untuk membatalkan penghapusan akun facebook kamu. cara menghapus akun facebook

Tapi kalau lewat dari 30 hari itu sudah tidak bisa dibatalkan  lagi begitu. Kalau kamu sudah yakin untuk menghapus akun ya biarkan saja dan tunggu sampai selesai.

Proses penghapusan akun facebook ini kalau enggak salah total membutuhkan waktu 90 hari sampai akun teman-teman itu benar-benar terhapus seluruhnya dan hilang dari Facebook.

Saya rasa sekian pembahasan kali ini mengenai cara menghapus akun facebook ini silahkan share jika Kamu rasa artikel ini bermanfaat, dan kalau ada yang ingin ditanyakan atau berpendapat silahkan berkomentar saja.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url