Speedtest Internet untuk Melihat Kecepatan Akses Internet

Speedtest Internet untuk Melihat Kecepatan Akses Internet

Speedtest merupakan alat yang diberikan google untuk melihat kecepatan akses internet di perangkat kamu, tentunya saya selalu melakukan ini untuk mengetahui kualitas kecepatan internet saya.

Kamu pasti sering menggunakan perangkat komputer atau handphone kamu untuk mengakses internet, kadang jaringan internet bisa menjadi cepat atau bisa juga menjadi lambat.

Berdasarkan data dari Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun 2018 pengguna internet di Indonesia mencapai 171.000.000 orang atau bahkan sudah lebih di tahun 2021 ini.

Kadang saat mengakses internet baik kamu menggunakan komputer atau handphone jaringannya bisa berjalan dengan normal baik tapi bisa juga berjalan dengan buruk.

Ketika internet berjalan dengan baik kamu pasti akan tenang dan senang tetapi ketika internet berjalan lambat itu akan membuat kamu tidak tenang bahkan bisa sampai bete dan ngambek, tapi kondisi naik turunnya kecepatan internet ini merupakan kondisi yang biasa.

Karena dalam mengakses internet ada dimana situasi akses internet itu bisa berjalan dengan normal cepat dan bisa juga berjalan lambat.

Apa itu Speedtest?

Ini merupakan alat layanan untuk mengecek kecepatan internet dari perangkat yang kamu gunakan baik itu komputer ataupun handphone dengan server terdekat.

Cara Melihat Kecepatan Akses Internet Menggunakan Speedtest

Untuk dapat melihat kecepatan akses internet caranya sebagai berikut:

1. Buka Browser Kamu

2. Ketik Speedtest

3. Pilih Speedtest

4. Silahkan Klik Go

Cara diatas merupakan cara untuk mengetahui kecepatan internet di komputer kamu. Untuk melihat kecepatan akses internet di handphone kamu caranya sebagai berikut:

1. Buka Browser

2. Ketik Speedtest

3. Pilih Speedtest

4. Silahkan Klik Go

Dikarenakan kita menggunakan alat bawaan dari google kamu dapat menggunakan cara yang sama baik di komputer atau handphone.

Saya rekomendasikan kamu menggunakan browser google chrome supaya sesuai dengan cara yang saya berikan, soalnya saya memberikan contoh langkah menggunakan browser google chrome.

Penjelasan Hasil Analisa Speedtest

Hasil pengukuran kecepatan akses internet kamu akan melihat Ping, Download, dan Upload. berikut penjelasannya:

  1. Ping ini menunjukan seberapa cepat server merespon permintaan dari perangkat kamu, ping yang baik akan terlihat dari angkanya yang kecil.
  2. Download merupakan kondisi dimana kamu meminta data dari server saat mengakses internet.
  3. Upload merupakan kondisi dimana kamu mengirim data ke server saat mengakses internet.
  4. Mbps (Mega Bit pe Second) adalah satuan untuk mengukur kecepatan internet.

Aplikasi Speedtest Terbaik

Banyak sekali aplikasi-aplikasi speedtest yang berfungsi untuk mengecek atau mengetes seberapa cepat koneksi internet yang terkoneksi dengan handphone kamu, baik itu kecepatan internet yang bersumber dari wifi ataupun dari paket data.

Tapi karena saya saat ini menggunakan paket data jadi saya akan mengetes kecepatan intertet saya itu cepatnya berapa dan tergantung yang sudah ditentukan oleh isp kamu, misalkan isp kamu itu memberikan kecepatan 1 Mbps berarti aplikasi speedtest itu akan menunjukan kecepatan apa adanya 1 Mbps.

Nah kali ini aplikasi yang saya rekomendasikan untuk kamu terutama bagi pengusaha voucher, saya akan coba mereview dan merekomendasikan sebuah aplikasi yang ini menurut saya keren banget simple dan tentunya no ads (tanpa iklan).

Coba kamu masuk ke playstore terlebih dahulu lalu coba tulis "Speedtest" nah pastinya akan muncul banyak sekali aplikasi salah satunya adalah aplikasi speedtest.net by oakla namun aplikasi tersebut terdapat iklan didalamnya.

Jadi kita coba cari aplikasi lain yang namanya "Meteor Uji Kecepatan Aplikasi" silahkan bagi kamu yang belum install silahkan install, kebetulan di hp saya aplikasi ini sudah terinstall.

Jika kamu melihat review aplikasi ini banyak sekali yang memberikan nilai positifnya sehingga aplikasi ini memiliki rating 4.7.

Langsung saya membuka aplikasinya ternyata tampilannya simple banget dan cepet banget, ketika membuka aplikasi langsung ada tombol mulai pengujian.

aplikasi speedtest

konfirmasi aplikasi speedtest

pengujian kecepatan internet

hasil pengujian kecepatan internet

Kurang lebih begitu ya review saya terhadap aplikasi ini, mudah-mudahan bermanfaat bagi kamu penggiat wifi diseluruh Indonesia dan juga pengusaha voucher.

Cara Membuat Tools Test Kecepatan Internet di Blogger

Untuk membuat tools test kecepatan internet di blogger ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan, yaitu:

1. Buatlah blog baru

buat blog baru

2. Masukan script ini kedalam new post dan klik publish.

<!--OST Widget code start--><div style="text-align:right;"><div style="min-height:360px;"><div style="width:100%;height:0;padding-bottom:50%;position:relative;"><iframe style="border:none;position:absolute;top:0;left:0;width:100%;height:100%;min-height:360px;border:none;overflow:hidden !important;" src="//openspeedtest.com/Get-widget.php"></iframe></div></div><!-- OST Widget code end -->

masukan script internet speedtest

publish script internet speedtest

3. Setting Theme menjadi Classic dan masukan script dibawah ini kedalam theme

<iframe width="100%" height="100%" src="https://fast.com" scrolling="no" frameborder="0" allowfullscreen></iframe>  
 <script>  
 var style = ducument.createElement("style");  
 style.type = "text/css";  
 var head = document.head;  
 head.appendChild(style);  
 style.sheet.instertRule("* { color: #aaa !important; background-color: #333 !important; border-color: currentColor !important; }");  
 completion(true);  
 </script>

masukan script internet speedtest kedalam theme

masukan script internet speedtest kedalam theme dan save

4. Setting Nav Bar

Silahkan pilih panah kecil disamping tulisan edit html

pilih panah kecil disamping edit html

Pastikan kamu menyesuaikan settingan nav bar seperti yang sudah saya lakukan pada gambar diatas. Pilih off dan Save.

Tampilan Tools Internet Speedtes di blogger

tampilan tool speedtest blogger

Saya rasa sekian pembahasan kali ini mengenai speedtest ini silahkan share jika kamu rasa artikel ini bermanfaat, dan kalau ada yang ingin ditanyakan atau berpendapat silahkan berkomentar saja.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url