Potensi Karir Lulusan Jurusan Perpajakan

Potensi Karir Lulusan Jurusan Perpajakan

Bidang perpajakan selalu diperlukan di semua perusahaan. Bekerja di perpajakan jadi sasaran beberapa orang karena dipandang jadi karier yang kece dan berpendapatan lumayan besar.

Kesempatan karier lulusan jurusan Perpajakan bukan hanya jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Direktorat Jenderal Pajak Indonesia Kementerian Keuangan saja.

Bila kamu pilih jurusan ini, mempersiapkan lulusannya jadi pakar pajak dengan kesempatan karier yang luas dan berkilau.

Meringkas dari situs Universitas Bina Nusantara (Binus), Senin (20/12/2021), ada banyak alasan orang memburu karier di bidang perpajakan. Berikut beberapa alasan kamu dapat pilih jurusan perpajakan.

1. Pendapatan menarik

Sudah diketahui bersama jika orang yang berkarier di bidang perpajakan mendapat upah cukup tinggi. Ini yang membuat calon mahasiswa banyak yang membidik jurusan perpajakan.

Karier di bidang perpajakan termasuk meningkat bersamaan lama waktunya kamu berkarier di satu perusahaan atau lembaga.

Makin lama bekerja, karena itu potensimu semakin bertambah dan value-mu secara professional dapat semakin tinggi.

2. Ada kesempatan kerja di sebagian besar industri

Kesempatan kerja di bidang perpajakan memungkinkanmu bekerja untuk pemerintahan atau swasta.

Pemerintahan memerlukan tenaga pajak untuk mengurus pendapatan negara dari pajak.

Sementara itu beberapa perusahaan membutuhkan pakar pajak untuk mengendalikan masalah pajak yang perlu dibayar ke negara.

Karena tiap perusahaan memerlukan staff untuk mengurusi pajak, kamu akan mempunyai kesempatan untuk melamar di perusahaan mana saja.

3. Bermacam opsi tugas

Lulusan prodi perpajakan dapat bekerja untuk pemerintahan di kantor pajak. Baik pada peranan layanan, konsultasi, atau pemantauan.

Selainnya bekerja di Direktorat Jenderal Pajak, kamu bisa juga berkarier di Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan, Kementerian Keuangan, Pusdiklat Pajak, sampai Badan Kebijakan Fiskal.

Selainnya bekerja untuk pemerintahan, beberapa karier yang lain dapat kamu lalui diantaranya jadi konsultan pajak, konsultan keuangan, auditor, staff bagian keuangan, akuntan pajak, penasihat pajak perusahaan, manager kekayaan, sampai karyawan bank.

Lulusan pajak bisa juga bekerja di bidang hukum dengan sebagai wakil atau menemani pihak yang turut serta dalam perselisihan pajak di pengadilan.

4. Peluang berkarier di ajang internasional

Cukup banyak perusahaan asing yang lakukan investasi atau membangun pabrik di Indonesia.

Mereka tentu saja memerlukan tenaga pajak. Bila bekerja untuk perusahaan multinasional akan membuka kesempatan bekerja secara global.

5. Tingkatan karier berkelanjutan

Hal yang lain yang memikat dalam berkarier di bidang perpajakan ialah tingkatan karier yang berkelanjutan. Ada selalu kesempatan untuk tingkatkan kekuatan professional dan memburu status lebih tinggi.

Misalkan saja, sebagai lulusan baru atau fresh graduate, kamu dapat mengawali karier sebagai tax accountant di sebuah perusahaan.

Seiring berjalannya waktu dan pengalaman, kamu akan naik kedudukan jadi tax manajer atau bahkan juga tax director.

6. Lulusan perpajakan bisa saja menjadi pengusaha

Lulusan perpajakan dapat buka usaha sendiri. Sebagai pengusaha, kamu dapat membangun perusahaan atau firma yang memberi konsultasi perpajakan ke wajib pajak baik perusahaan atau perseorangan.

7. Tugasmu tidak menjenuhkan

Tugas di bidang perpajakan membawa rintangan baru setiap hari. Karier di bidang ini tidak terus-terusan masalah mengenai perhitungan angka.

Tetapi menuntutmu untuk mempunyai pengetahuan yang menyeluruh mengenai hukum dan undang-undang yang selalu berganti.

Tugas ini jadi tidak menjenuhkan karena kamu akan bekerja dengan client baru dengan persoalan berbeda.

Begitu 7 alasan kamu dapat pilih jurusan perpajakan dan berkarier di bidang itu. Bila kamu pilih jurusan perpajakan, kamu akan pelajari beragam hukum dan undang-undang mengenai perpajakan untuk individu atau badan usaha. Kamu akan pelajari bermacam tipe pajak yang hendak menyiapkanmu ke arah tingkatan karier yang cerah.

Dapatkan pemberitahuan informasi pendidikan terbaru setiap hari dari Rifqifauzansholeh.com. Silahkan bergabung di grup Telegram dengan menyentuh nama berikut: "Blog Rifqi Fauzan" jika sudah diarahkan silahkan klik join. Pastikan kamu sudah menginstall aplikasi Telegram di smartphone kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Informasi yang mungkin kamu butuhkan