Dana BOP PAUD dan Kesetaraan 2022 untuk honor guru honorer dan tenaga kependidikan

Dana BOP PAUD dan Kesetaraan 2022 untuk honor guru honorer dan tenaga kependidikan

Mendikbudristek Nadiem Makarim menjelaskan, ruangan pemakaian dana Kontribusi Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Umur Awal atau BOP PAUD dan BOP Kesetaraan diperlebar dari 3 ke 11 bagian per 2022. Nadiem menjelaskan, penggunaan BOP terkini meliputi pembayaran honor pendidik dan tenaga kependidikan.

"Semula pembayaran honor itu cuman untuk pendidik dalam BOP PAUD dan Kesetaraan. Saat ini diganti untuk pendidik dan tenaga kependidikan," kata Nadiem dalam tayangan Merdeka Belajar Adegan Ke enam Belas dalam saluran YouTube Kemendikbud RI, Selasa (15/2/2022).

"Pembayaran honor optimal 50% dari keseluruhan BOP PAUD pada keadaan normal. Tetapi pada keadaan genting musibah, itu tidak terbatasi peruntukannya . Maka saat pada keadaan musibah atau genting, kami memberikan full elastisitas untuk kepala sekolah untuk membagikan dananya, bagus untuk guru honorer yang lewat beragam jenis rintangan," terang Nadiem.

Nadiem menerangkan, peraturan pemakaian dana BOP PAUD dan BOP Kesetaraan awalnya meliputi 3 bagian yang terbatasi prosentase penggunaan masing-masing. Bagian itu yakni aktivitas evaluasi dan bermain sedikitnya 50%, aktivitas simpatisan evaluasi terbanyak 35%, dan aktivitas yang lain (operasional) terbanyak 15 %.

Nadiem menjelaskan, dana BOP PAUD dan BOP Kesetaraan per 2022 dikirimkan langsung ke rekening satuan pendidikan. Berikut ruang lingkup penggunaan BOP PAUD dan BOP Kesetaraan terkini per 2022.

Bagian Pemakaian BOP PAUD dan Kesetaraan 2022

  1. Penerimaan peserta didik baru
  2. Peningkatan perpustakaan dan atau service sudut baca
  3. Penerapan aktivitas evaluasi dan ekstrakurikuler
  4. Penerapan aktivitas asesmen dan penilaian evaluasi
  5. Penerapan administrasi aktivitas satuan pendidikan
  6. Peningkatan karier pendidik dan tenaga kependidikan
  7. Pendanaan berlangganan daya dan jasa
  8. Perawatan fasilitas dan prasarana
  9. Pengadaan alat multimedia evaluasi pada BOP Pendidikan Kesetaraan
  10. Penyelenggaraan aktivitas kesehatan, nutrisi, dan kebersihan pada BOP PAUD
  11. Pembayaran honor pendidik dan tenaga kependidikan, optimal 50% dari keseluruhan BOP di keadaan normal, dan tidak terbatasi di kondisi musibah atau genting.

Persyaratan Yang menerima BOP PAUD dan BOP Kesetaraan 2022

  1. Mempunyai Nomor Dasar Sekolah Nasional (NPSN)
  2. Memodernisasikan Data Dasar Pendidikan (Dapodik) sama sesuai keadaan riel di satuan pendidikan paling lamban tanggal 31 Agustus tahun bujet awalnya. Khusus tahun 2022, diberi dispensasi sampai 7 Desember 2021.
  3. Mempunyai ijin penyelenggaraan pendidikan untuk satuan pendidikan swasta
  4. Mempunyai rekening satuan pendidikan atas nama satuan pendidikan
  5. Tidak sebagai satuan pendidikan kerja sama
  6. Jumlah peserta didik yang dihitung sebagai pangkalan BOP sebagai peserta didik yang mempunyai NISN.
  7. Minimal 10 peserta didik di satuan pendidikan kesetaraan.
  8. Tidak ada jumlah minimal peserta didik untuk BOP PAUD dan dana BOS

Diambil dari paparan Nadiem, karena kebatasan bujet pemerintahan, masih tetap ada pemerlakukan persyaratan minimal peserta didik di satuan pendidikan kesetaraan. Dalam pada itu, persyaratan peserta didik minimal dihilangkan untuk yang menerima BOP PAUD dan dana BOS.

Saat sebelum jadi yang menerima BOP PAUD dan Kesetaraan, pastikan validitas data di Dapodik karena pendistribusian dilaksanakan langsung dari rekening kas umum negara ke rekening satuan pendidikan.

Dapatkan pemberitahuan informasi pendidikan terbaru setiap hari dari Rifqifauzansholeh.com. Silahkan bergabung di grup Telegram dengan menyentuh nama berikut: "Blog Rifqi Fauzan" jika sudah diarahkan silahkan klik join. Pastikan kamu sudah menginstall aplikasi Telegram di smartphone kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url