Calon Mahasiswa Jurusan Sastra Harus memiliki 6 Hal Ini

Calon Mahasiswa Jurusan Sastra Harus memiliki 6 Hal Ini

Salah satunya jurusan kuliah di bidang sosial humaniora (soshum) ialah sastra. Minimal, ada enam hal yang penting dipunyai pelajar saat sebelum ambil jurusan itu.

Jurusan sastra, baik sastra Indonesia atau asing, biasanya ada di bawah Fakultas Bahasa dan Seni atau Fakultas Ilmu Budaya. Jurusan ini sama dengan perkuliahannya yang banyak pelajari beragam literatur.

Di sastra Indonesia misalkan, mahasiswa akan belajar mengenai pembahasan prosa, fonologi bahasa Indonesia, sosiologi sastra, sintaksis bahasa Indonesia, sampai kritikan sastra, seperti dikutip dari situs Universitas Indonesia. Disamping itu, mahasiswa akan hadapi dengan beragam tipe karya sastra.

Merilis situs Universitas Gadjah Mada, pada dasarnya, mahasiswa sastra akan dilatih untuk kuasai teori dan metodologi ilmu sastra dan pelajari beragam persoalan kesusastraan secara dalam.

Hal yang Harus Dipunyai Calon Mahasiswa Sastra

1. Ketertarikan di Bidang Sastra

Minimal, ada enam hal yang penting dipunyai calon mahasiswa sastra. Ke enam ini pasti mempermudah mahasiswa dalam kuliah nanti.

Hal khusus yang perlu dipunyai calon mahasiswa sastra ialah ketertarikan. Minat ini akan membuat mahasiswa santai sepanjang kuliah. Sudah diketahui, saat menentukan jurusan dianjurkan untuk sesuai dengan bidang ketertarikannya.

Hal ini diutarakan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto, dalam sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2022, Selasa (4/1/2022) kemarin.

"Kami mengharap angkatan bangsa yang hendak mendaftarkan atau anak SMA, SMK plus MA yang hendak mendaftarkan perguruan tinggi lewat LTMPT ini bisa pilih prodi dan perguruan tinggi sesuai spirit, ketertarikan, dan talenta," sebut Wikan.

2. Rajin Membaca

Seperti disebut pada awal, mahasiswa jurusan sastra akan hadapi dengan beragam literatur. Karena itu, diperlukan kekuatan literatur yang baik pada tiap mahasiswa. Tentu saja ini akan mempermudah saat menjalankan study nanti.

Merilis situs Quipper Campus, beberapa pengetahuan dan ketrampilan yang penting dipunyai mahasiswa sastra salah satunya kekuatan komunikasi lisan dan tercatat, kekuatan pahami bacaan, dan kekuatan lakukan analitis.

3. Senang Menulis

Membaca dan menulis seolah menjadi paket harus untuk mahasiswa sastra. Selainnya dilatih untuk pahami bacaan, mahasiswa dituntut untuk mempunyai ketrampilan menulis.

4. Kritis

Berpikiran kritis dan logis termasuk juga hal dasar yang penting dipunyai calon mahasiswa jurusan sastra. Akan tetapi, kekuatan ini bisa diperkembangkan bersamaan berjalannya perkuliahan. Salah satunya mata kuliah yang memerlukan kekuatan berpikiran ini ialah kritikan sastra.

Merilis situs Universitas Sebelas Maret Surakarta, ada tiga persyaratan yang dibutuhkan agar bisa mempunyai kekuatan berpikiran kritis. Ke-3 nya ialah sikap untuk memakai pertimbangan dengan pengalaman dan bukti, pengetahuan mengenai sistem untuk menanyakan dan menyampaikan argumen, dan ketrampilan untuk memakai sistem itu.

5. Mempunyai Kesensitifan

Hal dasar yang lain perlu dipunyai calon mahasiswa sastra ialah kesensitifan, terutamanya pada sekitar lingkungan. Ini nanti diperlukan pada proses pembuatan karya sastra.

Sudah diketahui, banyak karya sastra lahir karena di inspirasi kejadian di kehidupan setiap hari. Karena itu, kesensitifan perlu terkuasai oleh calon mahasiswa.

6. Telaten dan Cermat

Telaten dan cermat jadi hal dasar yang penting dipunyai calon mahasiswa sastra. Sepanjang kuliah, dua hal itu dibutuhkan agar bisa meneliti dan mempelajari arti sebuah karya sastra dan beragam literatur yang lain.

Dapatkan pemberitahuan informasi pendidikan terbaru setiap hari dari Rifqifauzansholeh.com. Silahkan bergabung di grup Telegram dengan menyentuh nama berikut: "Blog Rifqi Fauzan" jika sudah diarahkan silahkan klik join. Pastikan kamu sudah menginstall aplikasi Telegram di smartphone kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Informasi yang mungkin kamu butuhkan