Keunggulan Monash University, Kampus Asing Pertama di Indonesia

Keunggulan Monash University, Kampus Asing Pertama di Indonesia

Monash University baru-baru ini resmikan cabang pertama kalinya di Indonesia pada Kamis (14/4/2022). Kampus asing pertama di Tanah Air ini mengangkat tiga keunggulan.

Acara pengesahan didatangi oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim sampai Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams.

"Aku benar-benar suka untuk menyaksikan salah satunya kampus Australia yang bertingkat internasional seperti Monash bisa ada di Indonesia. Sebagai kampus asing pertama kali yang muncul, Monash jadi pelopor dalam membentuk kerja sama yang lebih kuat di bagian pendidikan di Indonesia," tutur Penny Williams pada acara pengesahan Monash University Indonesia, Tangerang, Kamis (14/4/2022).

Walau baru pendirian, universitas ini telah ditunggu oleh kebanyakan orang. Seperti diketahui, Monash University yang terpusat di Australia ini sebagai salah satu universitas terbaik dunia yang menduduki peringkat ke-58 versi QS World University Rangkings 2022.

Selaku kampus asing pertama di Indonesia, ini keunggulan Monash University Indonesia.

Keunggulan Monash University Indonesia

1. Kurikulum yang serupa dengan Monash University Australia

Pembelajaran di Monash University Indonesia akan persis sama dengan Monash University Australia. Mahasiswa tak perlu mendaftarkan kembali ke Monash Australia karena Monash University Indonesia sudah sediakan kurikulum dan sarana yang serupa dengan di Australia.

"Kurikulum, standar, ujian, dan pengalaman mahasiswa semua akan sama . Maka apa saja yang diperkembangkan di Indonesia mempunyai standard yang serupa. Bila mahasiswa pilih mendaftarkan di (cabang) Australia maka sama persis (dengan di Indonesia)," terang Margaret Gardner AC, Rektor Monash University Australia dalam jumpa pers.

Disamping itu sesudah lulus, alumni Monash University Indonesia akan mendapatkan keunggulan sama dengan Monash University Australia.

"Mahasiswa cuma akan mendapatkan satu ijazah tertulis Monash University bukan Monash University Indonesia," tutur Margaret.

Ini akan memberikan keuntungan alumni dalam pasar kerja karena pernah berkuliah di salah satunya kampus terbaik dunia.

2. Kerjasama dengan Beragam Lembaga

"Monash sudah bekerjasama dengan beragam lembaga di Indonesia, dengan pemerintahan, kampus, untuk peningkatan mahasiswa," tutur Andrew MacIntyre sebagai Rektor Monash University Indonesia.

Walau baru dibangun 2021 lalu, Monash University Indonesia sudah bekerja bersama dengan bermacam lembaga untuk mendukung pendidikan. Lembaga berkaitan ialah seperti berikut:

a. Tokopedia

Tokopedia dengan Monash University, Indonesia sudah hasilkan riset kolaboratif berkaitan machine learning untuk memperkirakan permintaan.

b. Traveloka

Bekerja bersama dengan Traveloka, Monash University Indonesia memberi training untuk beberapa akademisi dari beragam kampus di Indonesia untuk memberikan dukungan sasaran pemerintahan dalam penuhi keperluan 9 juta bakat digital pada 2035.

c. Bank Mandiri

Dengan Bank Mandiri, Monash University Indonesia sudah lakukan training tingkat menengah untuk beberapa calon pakar di bagian data science dan business innovation.

d. Beragam Kampus di Indonesia

Monash University Indonesia dengan aktif membuat kerja sama dengan beragam kampus di Indonesia. Satu diantaranya dengan kampus UNTIRTA, di mana terdapat riset kolaboratif untuk membuat komunitas dan mengikutsertakan masyarakat dalam peningkatan eco-tourism.

3. Ada Beasiswa LPDP

Kurikulum dan fasilitas yang berkualitas membuat Monash University Indonesia mempunyai uang kuliah yang tinggi. Biaya paling mahal berkuliah di universitas ini senilai Rp 360 juta sampai lulus. Meskipun begitu, Monash University sediakan beasiswa untuk mahasiswanya.

"Saat ini telah terintegrasi dengan LPDP dimulai dari intake Mei tahun ini," terang Surya Danuwinoyo sebagai Senior Advisor for Community Engagement Monash University Indonesia.

Jadi untuk kamu yang berminat untuk berkuliah di Monash University Indonesia tetapi terhambat biaya, dapat mendaftarkan lewat beasiswa LPDP.

Monash University Indonesia cuma terbuka untuk jenjang master dengan 4 bidang yakni Data Science, Business and Innovation, Urban Design, dan Public Policy. Nanti, Monash akan buka untuk jenjang doktor dan dua bidang baru yakni aster of Public Health dan Master of Cyber Security.

Dapatkan pemberitahuan informasi pendidikan terbaru setiap hari dari Rifqifauzansholeh.com. Silahkan bergabung di grup Telegram dengan menyentuh nama berikut: "Blog Rifqi Fauzan" jika sudah diarahkan silahkan klik join. Pastikan kamu sudah menginstall aplikasi Telegram di smartphone kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url