Masuk UIII Melalui Jalur Mandiri dan Beasiswa Program S2 & S3

Masuk UIII Melalui Jalur Mandiri dan Beasiswa Program S2 & S3

Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) buka penerimaan mahasiswa baru program Magister (MA) dan doktoral (PhD) lewat jalur pembiayaan sendiri atau mandiri dan jalur beasiswa. Ini jadi pembanding penerimaan tahun awalnya yang baru buka program MA.

"Program admisi lewat jalur mandiri atau beasiswa ini terbuka untuk masyarakat negara Indonesia atau asing yang sanggup memperlihatkan kualitas kepimpinan dan background akademik yang kuat," kata Rektor UIII Komaruddin Hidayat dalam penjelasannya, Minggu (15/5/2022).

Komarudin memperjelas, ke-2 jalur registrasi itu bukan hanya terbuka untuk mahasiswa muslim walau UIII mengangkat nama universitas Islam. Dia mengeklaim, faksinya buka registrasi mahasiswa baru yang memiliki sifat inklusif, universal, dan non-diskriminatif.

UII sendiri sebagai Perguruan Tinggi Negeri Tubuh Hukum (PTN BH) yang mengadakan program Magister dan Doktoral. PTN ini disahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada 2018 lalu dan diputuskan sebagai Project Vital Nasional (PSN) dengan Ketentuan Presiden Nomor 56 Tahun 2018.

Program akademis UIII baru diawali pada September 2021 lalu dengan buka 4 fakultas, yakni Fakultas Studi Islam, Fakultas Pengetahuan Sosial, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan Fakultas Ilmu Pendidikan melalui jalur beasiswa penuh. Seperti apakah syarat registrasi UIII jalur mandiri dan beasiswanya?

Persyaratan Daftar Program S2 dan S3 Jalur Mandiri dan Beasiswa UIII

  1. Mempunyai sertifikat kemahiran berbahasa Inggris yang diperlihatkan dengan sertifikat IELTS atau TOEFL. Syarat tidak berlaku untuk pelamar dari beberapa negara berbahasa Inggris atau alumnus universitas yang memakai bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.
  2. Khusus pelamar pada Fakultas Studi Islam diisyaratkan mempunyai kemahiran berbahasa Arab yang diperlihatkan dengan sertifikat TOAFL. Syarat tidak berlaku untuk pelamar dari beberapa negara berbahasa Arab atau alumnus universitas yang memakai bahasa Arab sebagai bahasa pengantar.
  3. Menyertakan sertifikat Grade Poin Average (GPA) dengan nilai sedikitnya 3.5 pada rasio maksimal 4.0.
  4. Ajukan proposal penelitian secara singkat (4000-5000 kata), contoh tulisan ilmiah, hasil riset yang berkaitan dengan opsi study, atau artikel terkini yang dipublikasi di jurnal ilmiah berbahasa Inggris.
  5. Menyertakan 2 surat referensi dari kelompok kewenangan yang menerangkan kenapa Anda patut untuk meneruskan study di UIII. Surat ini dicatat dengan bahasa Inggris.

Penulis surat referensi ialah orang yang Anda kenali dan mengenali Anda secara baik. Ini diperuntukkan agar menerangkan secara baik dan jujur berkenaan kekuatan yang anda punyai.

Wakil Rektor Sektor Akademis, SDM, dan Kemahasiswaan UIII, Bahrul Hayat menambah, jalur masuk lewat beasiswa sebagai program kontribusi dari pemerintahan yang diatur oleh UIII. Intinya, beasiswa program S3 datang dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang ditujukan untuk UIII.

Paket beasiswa yang ada pada penerimaan tahun ini sekitar 200 mahasiswa program S2. Dan untuk program S3 buka paket beasiswa sejumlah 100 mahasiswa. Adapun keuntungan beasiswa bisa dibaca pada pembahasan ini.

Keuntungan Yang menerima Jalur Beasiswa Program S2 dan S3

  1. Visa Pelajar dan Ijin Belajar untuk mahasiswa internasional.
  2. Outward Airfare (ekonomi-satu arah) dari lapangan terbang paling dekat ke lokasi rumah yang menerima ke Lapangan terbang Internasional Soekarno Hatta.
  3. Ticket pesawat pulang (ekonomi - sekali jalan) dari Lapangan terbang Internasional Soekarno Hatta ke lapangan terbang paling dekat dengan lokasi rumah yang menerima.
  4. Biaya kuliah untuk dua tahun akademis (Magister) atau empat tahun akademis (Doktor).
  5. Tunjangan awalnya kehadiran sesudah datang di Indonesia.
  6. Tunjangan hidup bulanan.
  7. Asuransi kesehatan.
  8. Tunjangan buku.
  9. Kontribusi riset disertasi.

Untuk yang tertarik mendaftarkan bisa ajukan melalui aplikasinya secara online. Utamanya diawali dari hari Minggu (15/5/2022) jam 23.59 WIB sampai 30 Juni 2022 jam 23.59 WIB kedepan.

Informasi hasil registrasi direncanakan paling lambat akhir Juli 2022. Info komplet berkenaan penerimaan mahasiswa baru ini bisa dijangkau lewat situs uiii.ac.id, atau sosial media sah UIII.

Dapatkan pemberitahuan informasi pendidikan terbaru setiap hari dari Rifqifauzansholeh.com. Silahkan bergabung di grup Telegram dengan menyentuh nama berikut: "Blog Rifqi Fauzan" jika sudah diarahkan silahkan klik join. Pastikan kamu sudah menginstall aplikasi Telegram di smartphone kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url