Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan 2 Akan Dilaksanakan Luring

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan 2 Akan Dilaksanakan Luring

Registrasi Pertukaran Mahasiswa Merdeka angkatan 2 akan dibuka tidak lama lagi. Bertepatan dengan meredanya wabah COVID-19 di Indonesia, program Mahasiswa Merdeka tahun 2022 akan diselenggarakan penuh secara offline atau luring.

"Proses pembelajaran yang bakal berjalan 1 semester penuh yang kamu harus ikuti, semoga seutuhnya kelak secara offline. Pasti lebih ramai dibandingkan secara online. Pasti ini bakal menjadi pertama kali program PMM diadakan secara offline," tutur Prof. Ir. Nizam sebagai Direktur Jenderal Perguruan Tinggi Kemendikbudristek.

Nizam menjelaskan itu dalam Sosialisasi Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka lewat YouTube Kemendikbud RI, Rabu (11/5/2022).

Awalnya, Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) sebagai satu diantara program favorit dari Direktorat Jenderal Pendidikan, Penelitian, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) yang memberi peluang ke mahasiswa untuk belajar di luar program studi dan perguruan tinggi asal. Mahasiswa bisa ambil sampai 20 SKS pada perguruan tinggi lain.

Bukan hanya Perguruan Tinggi Negeri (PTN), PMM berlaku untuk mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) . Maka, mahasiswa PTS bisa lakukan pertukaran pembelajaran ke PTN dan kebalikannya.

Dalam hal itu, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Penelitian, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim ajak mahasiswa aktif di semester 3,5, dan 7 untuk ikuti program yang dinilai sangat bergengsi ini.

"saya ingin ajak adik-adik mahasiswa di seluruh wilayah Indonesia, utamanya yang saat ini duduk di semester 3, 5, dan 7 untuk mendaftarkan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan 2," sebut Nadiem.

Selanjutnya, mahasiswa yang saat ini ada di semester 2, 4, atau 6 dapat mendaftarkan Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Ini karena keberangkatan tetap diselenggarakan pada semester selanjutnya yakni semester 3, 5, dan 7.

Selanjutnya, karena pertama kalinya diselenggarakan secara offline, peserta PMM 2 bisa rasakan langsung ada di lingkungan baru. Hingga disamping belajar secara akademik, mahasiswa dapat belajar penyesuaian dan kepemimpinan diri.

"Kalian ditantang jadi pimpinan untuk diri kita yang sanggup memutuskan yang pas dan arif di tengah-tengah keadaan yang tidak sama," lanjut Nadiem.

Disamping itu ada pengembangan baru dalam PMM tahun ini. Mahasiswa akan disuruh ikuti Modul Nusantara. Modul Nusantara berisi program dengan bobot 4 SKS yang memberi pengalaman kebinekaan dalam beberapa aktivitas khusus. Aktivitas dalam Modul Nusantara, diantaranya:

  1. Kegiatan eksploitasi keberagaman budaya, agama, dan sejarah di teritori perguruan tinggi yang menerima
  2. Ide yang diadakan untuk mengeruk ide dari figur-figur ide wilayah
  3. Refleksi lewat dialog, gelar wicara (talk show), dokumentasi, dan tulisan
  4. Peran sosial yang sudah dilakukan dengan bermacam kegiatan

"saya nantikan keterlibatan dan andil kalian di program PMM angkatan 2. Bertukar sementara, memiliki makna selama-lamanya, untuk Indonesia yang Merdeka Belajar," tutup Mendikbudristek.

Pertukaran Mahasiswa Merdeka angkatan 2 direncanakan akan diadakan pada 1-25 Juni 2022. Siap ikuti Pertukaran Mahasiswa Merdeka angkatan 2?

Dapatkan pemberitahuan informasi pendidikan terbaru setiap hari dari Rifqifauzansholeh.com. Silahkan bergabung di grup Telegram dengan menyentuh nama berikut: "Blog Rifqi Fauzan" jika sudah diarahkan silahkan klik join. Pastikan kamu sudah menginstall aplikasi Telegram di smartphone kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url