Ekosistem Buatan, Berikut Pengertian, Karakteristik dan Contohnya

Ekosistem Buatan, Berikut Pengertian, Karakteristik dan Contohnya

Hubungan yang saling berkaitan antara makhluk hidup (komponen biotik) dengan benda benda tidak hidup (komponen abiotik) disekelilingnya seperti air, tanah, udara, temperatur disimpulkan sebagai ekosistem. Ekosistem sendiri tersusun atas unit makhluk hidup dimulai dari pribadi, komunitas sampai komune.

Pemahaman Ekosistem Buatan

Berdasar pada buku IPA Biologi Jilid I yang ditulis oleh Saktiyono, pada dasarnya ekosistem terdiri dari dua yakni alamiah serta buatan. Pembagian ini dilihat berdasarkan terciptanya.

Ekosistem alami sebagai ekosistem yang tercipta dengan alami tanpa terlibat manusia. Ekosistem alami dibagi jadi dua yakni darat dan perairan.

Sementara itu ekosistem buatan ialah ekosistem yang dengan sengaja dibikin oleh manusia. Rantai makanan dalam ekosistem buatan tidak sekompleks ekosistem alami.

Karakteristik Ekosistem Buatan

Mengambil dari buku Ilmu Lingkungan yang disusun Surya Hermawan, ekosistem buatan mempunyai ciri-ciri atau karakteristik tertentu. Karakteristik yang diartikan yakni kurang heterogen hingga memiliki sifat labil.

Oleh karena itu, saat membuat ekosistem buatan diperlukan kontribusi energi di luar yang perlu diupayakan oleh manusia . Maka, ekosistem itu tidak dapat jalan sendirinya tanpa kontribusi manusia.

Contoh kenyataannya seperti kebun binatang. Kebun binatang ialah ekosistem buatan. Bila manusia tidak terlibat dalam mengawasinya, karena itu ekosistem itu akan mati seiring waktu berjalan.

Contoh Ekosistem Buatan

1. Sawah

Sawah sebagai ekosistem buatan yang dengan sengaja dibikin manusia hingga mempermudah proses menanam pangan seperti padi. Nanti padi bisa menjadi beras yang disebut salah satunya keperluan primer manusia.

Pada sawah, komponen biotiknya yakni padi, rumput, hewan hewan seperti katak, keong dan cacing. Dan komponen abiotiknya yaitu tanah, air, batu, udara dan sinar.

2. Kolam

Kolam adalah contoh ekosistem buatan yang dibuat dengan maksud sebagai hiasan. Komponen biotik di kolam sendiri yakni ada ikan, katak, cacing dan lain-lain.

Lalu komponen abiotiknya ada air sebagai media hidup ikan dan makhluk biotik yang lain, lantas ada tanah, batu dan sinar matahari.

3. Kebun Binatang

Contoh riil dari ekosistem yang lain yakni kebun binatang. Kebun binatang dengan sengaja dibikin seperti alam liar.

Komponen biotik yang ada di kebun binatang yakni bermacam hewan darat, air atau udara. Dan komponen abiotiknya ada air, tanah, batu, sinar dan ada banyak kembali.

Dapatkan pemberitahuan informasi pendidikan terbaru setiap hari dari Rifqifauzansholeh.com. Silahkan bergabung di grup Telegram dengan menyentuh nama berikut: "Blog Rifqi Fauzan" jika sudah diarahkan silahkan klik join. Pastikan kamu sudah menginstall aplikasi Telegram di smartphone kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url