Peran Strategis LNG Hub di Era Energi Global oleh Arif Widodo

Peran Strategis LNG Hub di Era Energi Global oleh Arif Widodo

Universitas Pertamina sebagai kampus energi atau bisa disebut juga sebagai kampus teknologi bisnis energi kembali melakukan Seminar-online Cipta Karsa sesudah terlambat karena ada aktivitas Ujian Tengah Semester (UTS) dan liburan nasional Hari Raya Idul Fitri. Seminar-online Cipta Karsa yang diadakan pada Sabtu, 14 Mei 2022 dengan mengangkat topik "The Strategic Role of LNG Hub in Global Energy Era", dengan pembicara Arif Widodo sebagai Dirut. PT Perta Arun Gas Periode 2018-2022. Acara ini dibantu oleh moderator dari Dosen Prodi Teknik Geologi Universitas Pertamina yakni Resti S. Jatiningrum.

Persis seperti biasa, peserta Seminar-online Cipta Karsa ini sanggup memuat 500 lebih peserta yang berasal dari mahasiswa/mahasiswi Universitas Pertamina dimulai dari semester tiga sampai semester delapan.

PT Perta Arun Gas (PAG) sebagai anak perusahaan dari PT Pertamina Gas yang bergerak di bidang bisnis gas. Salah satu maksud dibangunnya PAG untuk mengurus regasifikasi LNG Arun. Regasifikasi LNG Arun mempunyai peranan vital untuk jadi LNG Hub pada era energi global seperti sekarang ini. LNG Hub sebagai alat vital untuk optimasi perdagangan LNG di pasar yang naik-turun sekarang ini.

"Sebagai konversi pertama kali yang sukses di dunia, PAG sudah sukses manfaatkan asset yang terdapat pada sarana untuk membuat beragam bisnis baru dan mempunyai peranan utama di pasar LNG Hub global. Arun LNG Hub sudah jadi tujuan LNG Hub global baru dan mempunyai inspirasi menjadi Pimpinan HUB LNG Asia di tahun 2030 kedepan", Ungkap Arif.

Arif meneruskan, bisnis LNG sebagai komponen penting untuk penuhi keperluan energi global. Di zaman bisnis LNG sekarang ini, LNG Hub mempunyai peranan vital untuk mengoptimalkan optimasi perdagangan dan keamanan LNG.

Selama ini Pertamina sudah meningkatkan LNG Business Nilai Chain and Facility secara penuh dari hilir sampai ke hulu di Indonesia, bisa disaksikan dari gambar peta berikut ini:

Universitas Pertamina sebagai kampus energi atau bisa disebut juga sebagai kampus teknologi bisnis energi

Arif lanjut menerangkan berkenaan konversi pertama kilang LNG jadi regasifikasi LNG dan terminal Hub di dunia

  1. Dari terminal export akan diubah ke terminal export/import.
  2. Dari liquefaction plant akan diubah ke regasification plant.
  3. Dari Produksi LNG dan LPG akan diubah ke LNG dan LPG Hub.

Lebih detilnya, bisa disaksikan pada gambar di bawah ini:

Universitas Pertamina sebagai kampus energi atau bisa disebut juga sebagai kampus teknologi bisnis energi

Sama seperti yang sudah dipertegas Arif Widodo awalnya, jika bisnis atau usaha LNG mempunyai peranan vital dalam global energi di masa depan, ini ditunjukkan dengan hasil didapat jika pada bagian Asia rantai usaha LNG jadi pasar LNG global paling besar.

Buat kamu siswa/siswi yang memiliki ketertarikan untuk mendalami semua bisnis energi di masa depan, kamu dapat kuliah di Universitas Pertamina dengan mengambil jurusan Teknik Geologi.

Universitas Pertamina sebagai Kampus Energi

Universitas Pertamina ini merupakan Kampus Energi, hal ini terlihat dari fakutas dan program studi yang diselenggarakan pendidikan tinggi. Universitas Pertamina didirikan dengan semangat menjadi perguruan tinggi berkelas dunia di bidang bisnis dan teknologi energi.

Universitas Pertamina sebagai Kampus Teknologi Bisnis Energi

Universitas Pertamina juga merupakan Kampus Teknologi Bisnis Energi, julukan itu sangat layak saya berikan dikarenakan kualitas kurikulum dan proses pembelajaran universitas pertamina dirancang untuk menanamkan kemampuan berpikir secara kritis dan kemampuan menyelesaikan masalah kompleks melalui tugas dan proyek terkait dengan teknologi dan bisnis energi.

Dan juga lingkungan pembelajaran universitas pertamina yang menanamkan karakter kepada mahasiswa melalui tugas dan proyek terkait dengan teknologi dan bisnis energi.

Lingkungan pembelajaran yang diberikan universitas pertamina akan menanamkan karakter melalui enam nilai moral yang memadu sivitas akademik dalam bersikap, yaitu : Spirituality, Integrity, Excellence, Profesionalism, Global Mindset, dan Social Responsibility.

Universitas Pertamina sangat siap untuk menghadapi MES (Masyarakat Ekonomi ASEAN) dan menuju World Class University.

Universitas Pertamina dalam pembelajarannya menggunakan sistem pembelajaran bilingual (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris). Di tahun kedua, kegiatan belajar mengajar akan menggunakan Bahasa Inggris. Universitas Pertamina didukung oleh staf pengajar dari berbagai lulusan perguruan tinggi terkemuka dalam dan luar negeri.

Kemudian di universitas pertamina tersedia sarana dan prasarana yang sangat lengkap untuk dapat memenuhi kegiatan pembelajaran dan kegiatan mahasiswa lainnya.

Bulan ini, Universitas Pertamina sedang membuka pendaftaran Seleksi Nilai Rapor (tanpa tes) dan Ujian Masuk Online untuk Tahun Akademik 2022/2023.

Universitas Pertamina menyiapkan anggaran khusus untuk beasiswa sebesar 23 Milyar. Informasi lengkap terkait program studi serta syarat dan ketentuan pendaftaran dapat diakses di website resmi Universitas Pertamina.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url