6 Prospek Karir Lulusan Ilmu Komputer Semakin Menjanjikan

6 Prospek Karir Lulusan Ilmu Komputer Semakin Menjanjikan

Apa kamu tertarik kuliah di jurusan ilmu komputer? Jika memang kamu tertarik, kamu dapat mempunyai peluang karir yang prospektif di masa yang akan datang. Ditambah di zaman sekarang sektor teknologi yang makin mengalami perkembangan.

Merilis dari situs Forbes, computer science atau ilmu komputer jadi salah satu dari 10 jurusan kuliah yang paling disukai calon mahasiswa di seluruh penjuru dunia.

Satu diantara penyebabnya karena prospek karir yang luas dimulai dari pengembang software sampai programmer. Berikut prospek karir ilmu komputer diambil dari situs Binus University.

6 Prospek Karir Menjanjikan Lulusan Ilmu Komputer:

1. Software Developer

Lulusan ilmu komputer dapat menjadi seorang software developer atau pengembang perangkat lunak. Pekerjaan ini terkait dengan membuat software seperti program berbasiskan computer atau handphone dan lain sebagainya.

Banyak hal yang ditangani profesi ini ialah membuat bahasa pemrograman, menyiapkan design, lakukan penelitian dan analisa, pemeliharaan, sampai pengujian software.

Profesi ini paling prospektif di masa datang karena nyaris semua pekerjaan pada proses pembuatan software akan diatasi dengan seorang software developer.

2. Website Developer

Serupa dengan software developer, seorang website developer masih tetap bersinggungan dengan dunia pemrograman. Tetapi, pada bagian ini program yang digeluti ialah program dalam website.

Umumnya di bagian website developer, lulusan ilmu komputer dapat memutuskan untuk menjadi front-end developer atau back-end developer, atau bahkan juga ke-2 nya; full-stack developer.

Front-end developer itu berhubungan dengan peningkatan penampilan depan website, mencakup UI/UX desain dan lain-lain. Dan back-end developer seringkali bersinggungan dengan pengendalian server, database, program.

3. Programmer

Walau beberapa orang memandang programmer sama dengan software developer, tetapi ke-2 nya ialah profesi tidak sama.

Bila software developer mengurus segalanya berkaitan proses peningkatan software, karena itu programmer bekerja membuat bahasa pemrograman (coding).

Secara simpel bisa disebut jika pekerjaan programmer tergolong dalam satu diantara job desk seorang software developer.

4. Computer and Network Engineer

Bila ada pekerjaan di bagian perangkat lunak karena itu ada pula pekerjaan di bagian perangkat keras atau hardware komputer.

Lulusan ilmu komputer menjadi mekanik komputer dan jaringan yang banyak bermasalah dengan dunia perangkat keras komputer.

Secara simpel, pekerjaan mekanik komputer dan jaringan mencakup pembaruan beragam permasalahan komputer, sampai penempatan jaringan.

5. Digital Entrepreneur

Profesi ini mungkin asing dalam telinga. Tetapi, di zaman dunia digital yang makin mengalami perkembangan sudah hadir beragam tipe usaha digital.

Dengan kapabilitas yang dipunyai, lulusan ilmu komputer dapat menjadi seorang digital pengusaha professional.

Pekerjaannya diantaranya menganalisa data sampai taktik marketing dan menganalisa database usaha yang digerakkan, untuk mendapatkan satu keputusan yang dapat digunakan pada proses digital marketing.

Lulusan ilmu komputer dengan pengalaman mumpuni dapat menjadi seorang konsultan IT. Pekerjaan ini merupakan melaksanakan perencanaan dan pengevaluasian implementasi IT pada suatu organisasi.

Umumnya, perusahaan akan manfaatkan jasa konsultan IT sebagai dasar penilaian untuk pengambilan langkah penting dalam hubungannya pada peningkatan mekanisme IT.

Itu dia, 6 prospek karier lulusan ilmu komputer. Adakah profesi yang kamu bidik?

Dapatkan pemberitahuan informasi pendidikan terbaru setiap hari dari Rifqifauzansholeh.com. Silahkan bergabung di grup Telegram dengan menyentuh nama berikut: "Blog Rifqi Fauzan" jika sudah diarahkan silahkan klik join. Pastikan kamu sudah menginstall aplikasi Telegram di smartphone kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Informasi yang mungkin kamu butuhkan