10 Universitas Terbaik di Jerman Menurut QS WUR 2023, Ada Almamater BJ Habibie

10 Universitas Terbaik di Jerman Menurut QS WUR 2023, Ada Almamater BJ Habibie

Jerman adalah negara dengan kualitas pendidikan tinggi terbaik di dunia. Dapat menjadi tujuan study, apa saja perguruan tinggi terbaik di Jerman?

Merilis dari situs Studi in Europe, mayoritas universitas di Jerman masuk ke terbaik 100 paling atas di dunia. Disamping itu, Jerman mempunyai kualitas edukasi terbaik. Negeri Panzer itu dikenali dengan standard yang tinggi dalam meluluskan beberapa pengajar.

Kualitas pendidikan dan edukasi yang tinggi tidak membuat biaya perkuliahan tinggi. Universitas negeri di Jerman dibiayai secara penuh oleh pemerintahan atau secara gratis.

Ketentuan itu dibangun oleh pemerintahan Jerman supaya seluruh orang dapat mendapatkan kesempatan pendidikan tinggi. Tetapi untuk universitas swasta, mahasiswa harus tetap bayar biaya pendidikan sesuai dengan biaya perguruan tinggi di Inggris atau Islandia.

Bila ingin meneruskan study di Jerman, kamu dapat mengecek daftar perguruan tinggi terbaik di Jerman menurut Quacquarelli Symonds World University Rangkings (QS WUR) 2023.

Dalam penilaian ini, QS WUR memakai indikator penilaian seperti: rekam jejak akademis, rekam jejak karyawan, perbandingan jumlah fakultas dan mahasiswa, sitasi per fakultas, dan perbandingan mahasiswa internasional dan fakultas internasional.

Sekitar 46 perguruan tinggi di Jerman masuk daftar universitas terbaik dunia menurut QS WUR 2023. Dari daftar itu, saya ambil sepuluh perguruan tinggi terbaik di Jerman. Berikut daftarnya seperti dikutip dari situs resminya.

10 Perguruan Tinggi Terbaik di Jerman Menurut QS WUR 2023

1. Technical University of Munich

Technical University of Munich (TUM) ialah universitas yang sering masuk dalam penilaian QS WUR. TUM berdiri pada 1868 dan termasuk anggota dari TU9, sebuah asosiasi dari 9 universitas teknik terbaik di Jerman.

TUM mempunyai 15 universitas dengan 40.000 mahasiswa aktif dan 30 prosentasenya ialah mahasiswa internasional. Ada 200 program studi yang dapat diputuskan oleh mahasiswa.

Peringkat Dunia: 49

2. Ludwig Maximilians Universität München

Ludwig Maximilians Universität (LMU) München ada di pusat perkotaan Munich dan jadi pelopor lembaga penelitian di Eropa.

Berdiri mulai sejak tahun 1472, LMU jadi sasaran mahasiswa internasional. Tidaklah heran, karena LMU selalu menjamin kualitas edukasi dan penelitian di beberapa bidang.

Pusat Klinis LMU sebagai pusat klinis paling besar dan paling bergengsi di Jerman.

Peringkat Dunia: 59

3. Ruprecht Karls Universität Heidelberg

Dikenali dengan nama Heidelberg University atau Ruperto Carola, universitas ini sebagai universitas paling tua di Jerman. Heidelberg University populer akan bidang akademis, sains, dan penelitian.

Heidelberg University adalah universitas penelitian. Bidang riset yang luas meliputi humaniora, hukum, sosial sains, dan klinis.

Mempunyai lebih kurang 160 program studi, Heidelberg University sudah bekerja bersama dengan 450 universitas dalam program pertukaran mahasiswa.

Peringkat Dunia: =65

4. Freie Universitaet Berlin

Freie Universität Berlin menjadi penerima rutin gelar Universities of Excellence di Jerman. Universitas ini sudah mendapatkan pujian internasional karena bidang studinya dan aktivitas pengabdian masyarakat.

Freie Universität menyediakan bermacam jalur dengan kompetitas yang tinggi. Berdiri mulai sejak 1948, Freie Universität mempunyai rekam jejak yang bagus pada bidang sosial sains dan humaniora.

Berada di Berlin, menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik ini menjadi kampus yang banyak diminati mahasiswa internasional.

Peringkat Dunia: =118

5. Humboldt-Universität zu Berlin

Mulai dibangun di tahun 1810, Humboldt-Universität zu Berlin dibuat dengan ide "Mother of all modern universities" di mana universitas usaha untuk menyatukan edukasi dan riset dengan pendidikan yang humanis. Ide ini menyebar dan diterapkan oleh beragam universitas di penjuru dunia.

Karena jumlah periset populer yang meneruskan study dan mengajar di Humboldt-Universität zu Berlin, universitas ini mendapatkan 29 penghargaan nobel. Albert Einstein pernah lakukan penelitiannya di universitas ini.

Peringkat Dunia: =131

6. Karlsruhe Institute of Technology

Karlsruhe Institute of Technology (KIT) ialah universitas yang fokus pada sains dan technologi. Sekarang ada 25.100 mahasiswa aktif yang meniti studinya.

Tempat penelitian KIT didalammnya termasuk energi, mobilitas, dan informasi. KIT mempunyai Pusat Inovasi dan Kewirausahan di mana mahasiswa dapat memperoleh advokasi dan sumber penelitian dari sama-sama mahasiswa dan alumni saat membuat usaha bersama.

Peringkat Dunia: =141

7. RWTH Aachen University

RWTH Aachen University ialah universitas teknologi paling besar di Jerman. Tiap tahun, mahasiswa internasional dan peneliti tiba untuk melaksanakan penelitian di RWTH karena sarana penelitiannya yang komplet. Di universitas ini Presiden ketiga RI BJ Habibie menuntaskan gelar Master of Science dibidang teknik.

RWTH sekarang fokus meningkatkan integratif di antara bidang teknik dengan sains dan medis. Dengan 9 fakultas, RWTH terhitung dalam universitas hebat di bagian penelitian dan sains.

Peringkat Dunia: =147

8. Technische Universität Berlin (TU Berlin)

Technische Universität Berlin (TU Berlin) ada di Ibu Kota Jerman, Berlin. Dengan nyaris 34.500 mahasiswa dan 40 universitas, TU Berlin adalah universitas teknik paling besar di Jerman.

Bersama dengan Technical University of Munich, TU Berlin yang termasuk dalam TU9, federasi universitas teknik terbaik di Jerman.

TU sendiri fokus menjadi universitas bergengsi, perform terbaik pada penelitian dan edukasi, memperlengkapi alumnus dengan kwalifikasi paling depan, dan administrasi universitas yang lebih kekinian.

Peringkat Dunia: 158

9. Eberhard Karls Universität Tübingen

Universität Tübingen menjadi satu diantara universitas di Jerman yang populer akan popularitasnya pada bidang penelitian dan akademis. Menguasai bidang sains dan humaniora, Universität Tübingen mendapatkan pujian dari dunia internasional.

Universitas dan departemennya selalu menempati status terbaik di Jerman. Ada lebih dari 400 profesor dan 2.000 pendidik di universitas yang berdiri di tahun 1477 ini.

Hasil penelitian terkini langsung akan masuk ke kurikulum universitas. Disamping perangkat pendukung penelitian yang komplet, Universität Tübingen mempunyai perpustakaan dengan koleksi terbaik.

Peringkat Dunia: 169

10. Albert-Ludwigs-Universitaet Freiburg

Universitaet Freiburg berdiri di tahun 1457 dengan rekam jejak terbaik pada bidang edukasi, penelitian, dan pendidikan terus-menerus. Universitas ini sudah menerima banyak penghargaan.

Sekitar 23 yang menerima nobel sudah belajar, lakukan penelitian, dan memberikan pengajaran di universitas ini. Sekarang, Universitaet Freiburg sedang menyatukan beberapa disiplin ilmu tradisional dengan teknologi modern. Kelebihannya dalam bidang penelitian diperlihatkan dari bantuan dana penelitian sekitar 170 juta euro dari pihak ketiga.

Peringkat Dunia: 189

Itu dia 10 perguruan tinggi terbaik di Jerman menurut QS WUR 2023. Ada universitas tujuanmu?

Dapatkan pemberitahuan informasi pendidikan terbaru setiap hari dari Rifqifauzansholeh.com. Silahkan bergabung di grup Telegram dengan menyentuh nama berikut: "Blog Rifqi Fauzan" jika sudah diarahkan silahkan klik join. Pastikan kamu sudah menginstall aplikasi Telegram di smartphone kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Informasi yang mungkin kamu butuhkan