10 Prospek Kerja Jurusan Ilmu Hukum dari Pengacara sampai Diplomat

10 Prospek Kerja Jurusan Ilmu Hukum dari Pengacara sampai Diplomat

Jurusan ilmu hukum merupakan jurusan yang menjadi jurusan favorit para mahasiswa di Indonesia, salah satu contohnya dapat dilihat di jurusan ilmu hukum UNPAD (Universitas Padjadjaran) yang dapat menarik 1.619 calon mahasiswa yang tertarik, yang ternyata jurusan ini hanya memiliki daya tampung 135 kursi pada SNMPTN 2022.

Lalu, apa sih prospek kerja jurusan ilmu hukum?

Ilmu hukum ini merupakan jurusan yang pembelajarannya fokus dalam mempelajari sistem hukum yang diterapkan dalam lingkungan masyarakat. Jika kamu menjadi mahasiswa jurusan ilmu hukum, kamu akan mendapatkan porsi pembelajaran mengenai perundang-undangan, hukum dasar, bahkan sampai mempelajari hukum internasional.

Dalam praktik pembelajarannya, mahasiswa jurusan ilmu hukum tidak hanya diberi teori-teori bahkan mahasiswa akan diberikan kesempatan untuk mengkaji kasus-kasus hukum sehingga mahasiswa dapat menganalisis dan memecahkan masalah dari setiap kasus.

Prospek kerja ilmu hukum ini kembali lagi kepada peminatan jurusan yang dipilih sewaktu kuliah. Contohnya di Universitas Atmajaya yang memberikan penawaran peminatannya yaitu hukum perdata, hukum pidana, hukum tata negara, hukum internasional, dan hukum ekonomi bisnis.

Lalu, apa sih prospek kerja jurusan ilmu hukum? Silahkan baca penjelasannya yang dikutip dari website Universitas Bandar Lampung.

10 Prospek Kerja Jurusan Ilmu Hukum

1. Pengacara

Prospek kerja ilmu hukum yang pertama adalah sebagai pengacara dan prospek kerja yang ini merupakan yang paling populer di Indonesia. Adapun tugas serta tanggungjawabnya adalah mewakili kepentingan hukum klien dan berusaha untuk menyelesaikan perselisihan.

Dalam hal ini, pengacara juga memiliki peranan menjadi konsultan supaya dapat menjaga hubungan baik dengan klien selama proses hukum berlangsung. Untuk kamu yang tertarik dengan prospek kerja ilmu hukum untuk menjadi pengacara, peminatan yang harus kamu ambil sewaktu kuliah adalah pendidikan advokat.

2. Jaksa

Prospek kerja ilmu hukum yang kedua adalah sebagai jaksa. Jika kamu mengambil prospek kerja yang ini, nantinya kamu akan menghabiskan banyak waktu di dalam ruang pengadilan. Dan untuk tugasnya adalah menghadirkan bukti yang dapat memberatkan tersangka dalam pengadilan pidana.

Jaksa ini nantinya akan melakukan kerjasama dengan polisi atau aparat hukum terkait untuk dapat membawa seorang tersangka ke pengadilan. Jika kamu ingin mengambil prospek kerja ilmu hukum yang ini, setelah lulus kamu tidak dapat langsung menjadi jaksa, dalam hal ini kamu harus melalui beberapa tahapan tes dari Negara.

3. Notaris

Prospek kerja ilmu hukum yang ketiga adalah sebagai notaris. Notaris ini memiliki tugas untuk membuat macam-macam akta pendirian, warisan, dsb. Profesi notaris ini juga sangat berkaitan dengan ilmu hukum yang dipelajari semasa kuliah. Jika kamu tertarik untuk menjadi seorang notaris, kamu harus melanjutkan kuliah program profesi notaris terlebih dahulu.

4. Hakim

Prospek kerja ilmu hukum yang keempat ini sangat cocok untuk kamu yang memang ingin berkontribusi lebih di dunia hukum dan menciptakan keadilan. Bekerja menjadi seorang hakim tentunya tidak akan mudah, karena memang dibutuhkan kredibilitas yang tinggi. Karena ditangan hakim keputusan pengadilan dalam hukum itu ditentukan.

Melihat pentingnya peranan seorang hakim, maka tidaklah heran jika pemerintah bersedia memberikan gaji yang tinggi.

5. Konsultan Hukum

Setelah lulus kuliah jurusan ilmu hukum, kamu juga dapat menjadi  seorang konsultan hukum. Perananan seorang konsultan hukum adalah memberikan pandangan dan arahan kepada klien untuk dapat menyiapkan dokumen yang dibutuhkan saat menghadapi persidangan.

Seorang konsultan dapat bergabung dengan perusahaan atau lembaga tertentu. Prospek kerja jurusan ilmu hukum yang satu ini sangatlah menarik, karena kamu dapat mendapatkan gaji tinggi bahkan ada yang sampai puluhan juta per-bulannya.

6. Diplomat

Stelah kuliah jurusan ilmu hukum, kamu juga dapat menjadi seorang diplomat. Siapa sangka, seorang diplomat ini merupakan karir yang sangat prospektif bahkan nantinya kamu juga dapat ditempatkan untuk bertugas diluar negeri.

Pengalaman lebih tentunya akan kamu dapatkan jika bekerja di luar negeri. Dalam peranannya diplomat memiliki peranan sangat penting salah satunya yaitu menjaga hubungan antar negara.

7. Staff Kementerian

Propek kerja yang ke-tujuh ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menjadi PNS, nantinya kamu dapat bekerja menjadi staff kementerian. Bahkan ada banyak kementerian di Indonesia yang memmerlukan staff lulusan ilmu hukum. Dan jika berbicara gaji, staff kementerian memiliki peluang untuk mendapatkan gaji tinggi.

8. Dosen

Prospek kerja ilmu hukum lainnya yang dapat kamu pilih adalah menjadi seorang Dosen. Dalam prakteknya dosen ini memiliki tugas untuk dapat menyusun kurikulum, memberikan mata kuliah, dan memberikan pengajaran mengenai ilmu hukum.

Jika kamu ingin menjadi seorang dosen ilmu hukum, ada tahapan yang harus kamu lalui, yaitu kamu harus melanjutkan untuk kuliah dan mendapatkan gelar Magister, karena jika hanya gelar Sarjana, itu tidak memenuhi syarat untuk menjadi seorang dosen.

9. Polisi

Dengan dibekali ilmu hukum yang dipelajari sewaktu kuliah, kamu memiliki peluang untuk menjadi seorang polisi. Karena menjadi seorang polisi tentunya harus dapat memahami ilmu hukum. Jika kamu memiliki niat untuk menjadi seorang polisi, setelah lulus nanti, kamu harus segera mengikuti seleksi menjadi anggota kepolisian.

10. Pengusaha

Lulusan jurusan ilmu hukum juga memiliki peluang prospek kerja lainnya, yaitu menjadi seorang pengusaha. Karena lulusan ilmu hukum memiliki pengetahuan mengenai syarat-syarat membangun dan mengelola usaha supaya tidak melanggar aturan hukum apapun.

Sekian mengenai 10 prospek kerja jurusan ilmu hukum yang dapat kamu pilih, semoga menjadi pertimbangan lebih untuk kamu mengambil jurusan ilmu hukum.

Dapatkan pemberitahuan informasi pendidikan terbaru setiap hari dari Rifqifauzansholeh.com. Silahkan bergabung di grup Telegram dengan menyentuh nama berikut: "Blog Rifqi Fauzan" jika sudah diarahkan silahkan klik join. Pastikan kamu sudah menginstall aplikasi Telegram di smartphone kamu.

Next Post Previous Post
6 Comments
  • deddyhuang.com
    deddyhuang.com 21 Oktober 2022 pukul 23.16

    banyak juga ya pilihan profesi untuk orang-orang lulusan jurusan hukum jadinya gak monoton. kayak gini bisa switch career gak ya?

  • Bai Ruindra
    Bai Ruindra 22 Oktober 2022 pukul 22.48

    Apapun profesinya kalau dijalani dengan baik akan mendapatkan berkah ya kak dari rezeki maupun lainnya. Semoga ilmu hukum juga menjadi pembuka pintu rezeki alumninya.

  • Amir Mahmud
    Amir Mahmud 23 Oktober 2022 pukul 18.03

    Bisa jadi diplomat itu seru banget ya, karena bisa bekerja di luar negeri.

  • Yuni Bint Saniro
    Yuni Bint Saniro 23 Oktober 2022 pukul 20.21

    Urusan kuliah jurusan Hukum ini mengingatkan ku sama drama-drama Korea Favoritku. Rata-rata ya tentang hukum gitu. Terakhir yang ku tonton adalah anak autis yang jadi pengacara. Filmnya seru dan lucu gitu deh.

    Dan tentang peminatnya. Emang begitu antusias.

    Aku ingat, fakultas Hukum di kampusku tu kayak fakultas elit gitu deh.

    Btw, aku suka liat cowok-cowok cakep di fakultas ini. Yah, meski di fakultas lain juga. Tapi aku suka aja gitu mantengin kawan-kawan yang dari Hukum. Hehehe

  • Happy
    Happy 23 Oktober 2022 pukul 20.23

    aku ketemu beberapa temen yang pengin kuliah S1 lagi buat ambil jurusan hukum. kalau aku suka juga, tapi lewat drakor ahahaha seru ih kalau udah soal hukum jaksa-jaksaan gitu.

  • Dian farida ismyama
    Dian farida ismyama 24 Oktober 2022 pukul 04.04

    Aku baru tahu kalau diplomat juga bisa dari jurusan hukum. banyak ya pilihan kerjanya. Yang jelas kudu jujur dan ga mempermainkan hukum

Add Comment
comment url

Informasi yang mungkin kamu butuhkan