Jenis-Jenis Jaket dan Tipe-Tipe Jaket, Kalian Sudah Tahu?

Jenis-Jenis Jaket dan Tipe-Tipe Jaket

Jenis-jenis jaket biasanya dibedakan berdasarkan perbedaan pada bagian-bagian tertentu, bagian tersebut seperti: bahan, model, warna, ukuran, dan tujuan awal pembuatannya.

Jika dilihat dari produksinya, jaket saat ini sangat bervariasi. Apalagi jika kita membandingkannya berdasarkan harganya, misalnya jaket dengan bahan dasar kulit hewan asli biasanya dibanderol dengan harga yang sangat tinggi.

Nah, karena jenis-jenis jaket dan tipe-tipe jaket sangatlah banyak, maka pada kesempatan kali ini saya hanya akan membahas 4 jenis jaket berserta tipe-tipe jaket dari masing-masing jenisnya.  

Jenis-Jenis Jaket dan Tipe-Tipe Jaket

1. Jaket Bomber

Sebelum kita masuk ke tipe-tipe jaket bomber ini saya akan share terlebih dahulu sejarah dari jaket bomber ini.

Pada awalnya jaket bomber ini digunakan oleh para pilot pengebom di perang dunia pertama dan kedua, jadi mereka menggunakan pesawat di ketinggian 25.000 kaki itu suhu menjadi sangat dingin maka disaat itulah para pilot menyadari bahwa mereka butuh yang namanya jaket untuk menahan rasa dingin ketika di pesawat.

Kemudian seiring dengan berkembangnya zaman, maka jaket bomber ini menjadi trend fashion, disini kita akan lihat beberapa tipe-tipe jaket bomber.

Jaket Bomber Tipe A2

Tipe jaket bomber yang pertama adalah tipe A2 dari sini sebagai contohnya seperti foto dibawah ini:

Jaket Bomber Tipe A2

Jenis jaket bomber tipe A2 ini awalnya diluncurkan pada tahun 1931 yang pertama untuk type A2 itu terdapat rap pangkat pada bagian pundaknya. Kemudian tanda lain dari jaket bomber tipe A2 itu terdapat kerah, dan juga memiliki dua kantong saku, sehingga jaket bomber ini disebut tipe A2.

Tanda lainnya yang dimiliki oleh jaket bomber tipe A2 ini memiliki Zipper dibagian sletingnya dan untuk di bagian lengan dan perut terdapat rip ya biasa disebut Rip atau celah lain sebut juga manset.

Untuk bagian belakangnya biasa ya simpel seperti ini tuh tidak ada motif-motif khusus. Dan ada juga untuk jaket tipe A2 ini biasanya ditambahkan painting.

Jaket Bomber Tipe A1

Jaket bomber dengan type A1 tampilannya hampir mirip dengan tipe A2 yang membedakannya untuk type A1 dengan tipe A2 yaitu dibagian kerahnya untuk tipe A1 tidak memiliki kerah seperti tipe A2.

jaket bomber tipe a1 dan jaket bomber tipe a2

Kemudian perbedaan selanjutnya yaitu pada bagian zipper atau pengaitnya, untuk tipe A1 menggunakan kancing dan tipe A2 tidak menggunakan kancing.

jaket bomber tipe a1 dan jaket bomber tipe a2

Dan perbedaan lainnya, tipe A1 tidak memiliki strip pangkat dibagian pundak, itu saja yang membedakan tipe 1 dan tipe A2.

Tipe-tipe jaket bomber ini sebenarnya sangat banyak, tapi disini saya akan bahas secara umum saja. 

Jaket Bomber Tipe J1

Jaket bomber tipe J1 ini secara umum penampilannya mirip dengan tipe A2, namun jika dilihat lebih detail yang membedakan tipe J1 dan tipe A2 terletak pada bagian kerahnya.

jaket bomber tipe j1

Bisa dilihat pada bagian kerah tipe J1 ini biasa ditandai dengan bulu-bulu, fungsinya untuk menghangatkan, kemudian untuk bagian lainnya sama saja yaitu sama-sama memiliki pocket kedua sisinya dan miliki zipper dan juga di bagian lengan dan di bagian perut sama-samamemiliki rip atau manset.

Pada tahun 1986 Jaket Bomber J1 ini pernah dipopulerkan oleh Tom Cruise dalam film Top Gun sehingga pada tahun 1986 itu menjadi trend fashion yang sangat diminati.

Jaket Bomber Tipe MA2

Jaket bomber tipe MA2 ini dikenal juga dengan nama CWU 45 Flight Jacket. CWU itu merupakan akronim dari Cold Weather Uniform. Jaket CWU 45 atau MA2 ini mulai mendapat popularitas terutama fashion pada tahun 1980 dan menjadi trend fashion hingga saat ini.

Ciri khas dari jaket bomber tipe MA2 ini yaitu memiliki kerah kemudian terdapat kantong kargo di kedua belah sisi kanan dan kiri kemudian ada zipper dan untuk bagian bawahnya terdapat Rip di bagian perut, lengan kiri dan kanan. Dan juga di bagian belakangnya polos.

Jaket Bomber Tipe MA2

Jaket bomber tipe MA2 ini sangat cocok digunakan untuk cuaca yang dingin, karena jaket ini didesain untuk para penerbang ketika menghadapi cuaca yang ekstrem, maka jaket ini cocok digunakan ke tempat-tempat dingin.

2. Jaket Denim

Jaket denim yang akan saya bahas hanya beberapa tipe saja, yaitu tipe 1, tipe 2 dan type 3.

Jaket Denim Tipe 1

Jaket denim type 1 ini pertama kali dipopulerkan oleh brand Levis dan digunakan oleh para sopir truk. Ciri khas dari jaket denim tipe 1 ini yaitu memiliki satu poket, biasanya poketnya terletak di sisi sebelah kiri dan bagian belakang yang polos.

jaket denim tipe 1

Katingan jaket denim tipe 1 ini biasanya lebih regular fit, sehingga kita lebih leluasa ketika kita menggunakan lebih nyaman.

Jaket Denim Tipe 2

Jaket Denim Tipe 2 ini merupakan modifikasi dari jaket denim tipe 1, jaket ini juga masih dipopulerkan oleh Levis memodifikasi dengan menambahkan satu poket di sebelah kanan.

Ciri khas dari jaket denim tipe 2 itu terdapat dua poket di sisi sebelah kanan dan sebelah kiri, dan untuk sisi belakang hampir sama dengan tipe 1.

jaket denim tipe 2

Katingan dari jaket denim tipe 2 sama dengan jaket denim tipe satu dia lebih regular fit.

Jaket Denim Tipe 3

Jaket denim tipe 3 ini masih dipopulerkan oleh Levis pada tahun 1962, jaket ini menjadi iconicnya Levis pada saat itu hingga saat ini.

Ciri khas dari jaket denim tipe 3 ini memiliki dua kantong berbentuk segitiga terbalik, dan untuk sisi belakang ada stits.

jaket denim tipe 3

3. Jaket Rider

Jaket rider ini ada 2 tipe, yaitu tipe Ramons dan tipe cafe racer. Bahan yang digunakan oleh jaket rider ini adalah kulit dengan tujuan untuk menambah kenyamanan dan keamaan ketika berkendara.

Jaket Rider Tipe Ramons

Ciri khas yang dimiliki jaket rider tipe ramons ini terdapat bagian yang asimetris, kalau dikancing akan lebih kelihatan bagian asimetrisnya. Dan ketika jaket ini dibuka setengah, jaket ini akan terlihat seperti jas.

Jaket Rider Tipe Ramons

Nah untuk jaket Ramons ini awalnya itu diperkenalkan oleh brand yang bernama schot pada tahun 1928 dan menjadi populer hingga saat ini.

Jaket rider tipe ramons ini dulunya juga dipopulerkan oleh para musisi, seperti musisi Punk Rock dan juga musisi-musisi lainnya. Kalau Indonesia kalau kita lihat banyak banget para musisi yang menggunakan jaket tipe Ramons ini karena memang jaket ini sudah menjadi trend fashion hingga saat ini.

Jaket Rider Tipe Cafe Racer

Jaket Rider tipe cafe racer ini sedikit berbeda dari jaket tipe ramons, jaket rider tipe cafe racer ini tidak memiliki kerah, kemudian untuk bagian zippernya jaket cafe racer ini simetris.

Kemudian untuk jaket cafe racer ini memiliki poket di sisi sebelah kiri, nah ini salah satu ciri khas dari jacket cafe racer, dan juga terdapat dua poket di bagian bawah sisi kanan dan sisi kiri untuk bagian depan dan bagian belakang biasanya polos.

4. Jaket Varsity

Jaket varsity ini awalnya digunakan oleh mahasiswa Harvard untuk menonton baseball, jadi memang jaket varsity itu lebih terkenal dengan gayanya yang sporty tapi tetap fashionable.

Ciri khas dari jaket varsity ini secara umum ya terdapat logo di sisi sebelah kiri logo berupa huruf, kemudian terdapat snap button di bagian tengahnya, untuk jaket varsity pada gambar diatas merupakan jaket varsity yang sudah mengalami perubahan jadi tidak ada logo, tapi tetap saja jaket diatas juga termasuk jenis jaket varsity.

Dan kemudian ciri khas lainnya terdapat poket di sisi kanan dan kirinya dan di bagian wis dan sleep terdapat rip atau mantel, dan bagian belakang biasanya polos saja.

Sekarang jaket varsity itu sudah banyak dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan fashion saat ini.

Dicukupkan sekian untuk pembahasan jenis-jenis jaket dan tipe-tipe jaket memang sangat banyak, ya mungkin nanti saya akan bahas diartikel selanjutnya tapi belum tau kapan.

Semoga jenis-jenis jaket yang dibahas tadi bisa menjadi referensi item fashion style buat kalian semua, jika ada saran dan kritik bersifat membangun silahkan komen di kolom komentar jangan lupa juga untuk share artikel ini yaa.

Next Post Previous Post
15 Comments
  • Bai Ruindra
    Bai Ruindra 31 Oktober 2022 pukul 21.50

    Rekomendasi banget jaketnya ini mas bisa jadi alternatif karena saya suka koleksi jaket untuk jalan naik sepeda motor. Makasih banyak ya rekomendasinya.

    • Rifqi Fauzan Sholeh
      Rifqi Fauzan Sholeh 5 November 2022 pukul 16.04

      Siap mas semoga bermanfaat 😃

  • dessy achieriny
    dessy achieriny 31 Oktober 2022 pukul 22.12

    Di rumah aku ada boomber, varsity sama denim. Apalagi dunia fashion sekarang cepet berkembang makin banyak motif jaket gak hanya polos aja dan modelnya yg lagi in..cuma klo bahan kulit sama denim dari dulu tetep idola karena gak kemakan jaman cuma ganti modelnya aja

    • Rifqi Fauzan Sholeh
      Rifqi Fauzan Sholeh 5 November 2022 pukul 16.06

      Setuju banget sih jaket kulit emang sangat awet 😁

  • kang ᗪirman
    kang ᗪirman 1 November 2022 pukul 22.34

    Yang jadi favorit saya dari dulu sampai sekarang itu jaket denim, soalnya lebih simple praktis, trendy, tapi juga bikin anget! hehehehe.

  • Yuni Bint Saniro
    Yuni Bint Saniro 2 November 2022 pukul 00.54

    Sejak masa putih abu-abu, aku sukanya jaket denim sih. Tapi jaket varsity juga oke tuh. Selain menghalau cuaca dingin, kadang jaket dipakai untuk fashion juga sih.

  • Nurrahmah Widyawati
    Nurrahmah Widyawati 3 November 2022 pukul 02.10

    Dilihat dari bentuk jaketnya sih tahu semua, bahkan jaman muda punya semua wkwk.. tapi ada nama yang asing yaitu si Varsity. Aku nyebutnya jaket baseball deh kayaknya dulu tuh hahaha.

  • Okti Li
    Okti Li 3 November 2022 pukul 08.25

    Jaket varsity yg saya tidak punya nih. Kalau bomber denim dan rider saya punya

  • Kata Nieke
    Kata Nieke 3 November 2022 pukul 08.38

    Belum pernah punya tipe jaket bomber dan rider. Waktu SMP punya tipe varsity. Belakangan demen sama denim. Mungkin karena kasual bisa formal dan semi formal.

  • Yanti Alif
    Yanti Alif 3 November 2022 pukul 14.37

    Favoritku jaket bomber dan jaket denim nih bikin aura yang pakai tambah keren dan pastinya keceh

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 3 November 2022 pukul 16.38

    Daku ada juga jaket dan ternyata itu yang varsity. Keren digunakan, apalagi bahannya juga adem. Jadi bisa digunakan buat kapan aja.

  • Annisa Rizki Sakih
    Annisa Rizki Sakih 3 November 2022 pukul 16.59

    Saya tuh memang agak tomboy stylenya. Jd sering banget memadukan jaket dikeseharian, favorit saya yg denim sih , cocok dgn segala macam gaya dan kegiatan hingga yang semi formal

  • Irawati Hamid
    Irawati Hamid 3 November 2022 pukul 23.46

    saya dan suami punya nih jaket model bomber type a-2. selain itu kami juga punya jaket denim

  • Hallowulandari
    Hallowulandari 6 November 2022 pukul 21.51

    Jaket bomber sama denim aja ternyata ada banyak variasinya lagi yaa, selama ini cuma punya aja. taunya cuma jaket bomber sama denim, bahkan baru tau yg namanya jaket varsity LOL

  • Antung apriana
    Antung apriana 8 November 2022 pukul 18.30

    saya termasuk yang jarang pakai jaket sih soalnya seringnya ketinggalan melulu di kantor. hihi. tapi kalau disuruh milih saya sukanya jaket jeans karena kesannya stylish gitu

Add Comment
comment url

Informasi yang mungkin kamu butuhkan