Prospek Kerja Akuntansi Wajib Kamu Ketahui

Prospek Kerja Akuntansi Wajib Kamu Ketahui

Prospek kerja akuntansi - sebelum membahas ke prospek kerjanya, saya akan sampaikan terlebih dahulu mengenai akuntansi. Akuntansi adalah salah satu cabang ilmu yang banyak dibutuhkan dalam dunia bisnis, itu sebabnya tidak heran jika banyak perusahaan yang menerima lulusan akuntansi.

Akuntansi tidak hanya diminati oleh murid jurusan IPS saja, mereka yang dari jurusan IPA juga banyak yang meneruskan ke jurusan akuntansi.

Prospek Kerja Akuntansi

Hal ini tentu tidak terlepas dari prospek kerja yang cukup menjanjikan, apa saja prospek kerja akuntansi ini? silahkan baca artikel ini sampai selesai.

1. Akuntan Publik

Akuntan publik adalah akuntan independen yang menganalisa berbagai laporan keuangan dengan tidak terikat oleh sebuah perusahaan, akuntan publik nantinya akan mendapatkan upah dari pengguna jasanya.

Jasa yang ditawarkan seorang akuntan publik biasanya meliputi audit umum laporan keuangan, pemeriksaan kelayakan operasi perusahaan, pelaporan konsekuensi pajak, dan konsultasi kebijakan keuangan.

2. Internal Auditor

Internal auditor yang bertugas untuk memastikan hasil laporan keuangan perusahaan sesuai dengan aslinya, internal auditor juga harus memastikan seluruh manajemen telah melakukan usaha secara efisien dan tidak terjadi penyimpangan.

3. Analisis Keuangan

Analisis keuangan bertugas menerjemahkan data-data perusahaan yang kemudian dijadikan dasar pertimbangan pengambilan keputusan bisnis dan strategi bisnis kedepannya.

Profesi analisis keuangan di Indonesia banyak menangani perusahaan sekuritas dan mengelola portofolio para kliennya.

4. Perencana Keuangan

Perencana keuangan biasanya tidak mendapatkan gaji bulanan, penghasilan yang didapatkan tergantung dari jasa konsultasi yang diberikan.

Besaran tarifnya mulai dari hitungan konsultasi perjam tarifnya mulai dari Rp. 250.000 - 3.000.000 per jam.

5. Credit Analysis

Credit analysis biasanya dibutuhkan oleh industri perbankan atau pembiayaan, tugas seorang credit analysis yaitu mengukur kemampuan calon pencari kredit dalam membayar cicilan dan bunga perbulannya.

Credit analysis juga bertugas untuk menilai, mengevaluasi, dan mengusulkan nominal pinjaman yang dapat diberikan oleh bank kepada calon debitur.

6. Accounting Manager

Akunting manajer atau accountant manajer bekerja langsung di bawah kepala keuangan.

Prospek kerja akuntansi yang ini bertugas untuk menulis, memastikan, dan memberikan laporan putaran keuangan perusahaan berjalan baik dan seharusnya.

Tentu saja menjadi akunting manajer dibutuhkan ketrampilan keuangan dan penghitungan yang pas ya.

7. Account Officer

Prospek kerja akuntansi lainnya yang mempunyai tingkatan karier yang prospektif ialah account officer.

Account officer atau akun supervisors bertanggungjawab mengurusi pembukuan keuangan dan catatan organisasi. Account officer bekerja menulis semua transaksi bisnis perusahaan, baik penghasilan atau pengeluaran, dan membuat faktur.

Prospek kerja akuntansi ini umumnya kerja bersama karier lain yang ada di departemen akuntansi, supaya bisa memastikan jika keuangan perusahaan terdaftar secara tepat.

8. Akuntan Pajak

Buat kamu lulusan akuntansi yang mempunyai pengetahuan lebih mengenai pajak, kamu dapat mempertimbangkan untuk menjadi akuntan pajak.

Bila akuntan umumnya mengurusi neraca keuangan secara detail, akuntan pajak cuma fokus ke pajak saja. Seorang akuntan pajak akan memastikan jika perusahaan mematuhi undang-undang perpajakan dan menghindari ada permasalahan pajak.

Selainnya bekerja full time, akuntan pajak bisa juga bekerja freelance secara pribadi, umumnya akuntan pajak menawarkan konsultasi mengenai permasalahan pajak.

9. Akuntan Software Developer

Prospek kerja akuntansi yang ini bukan hanya fokus ke ketrampilan keuangan dan statistika, tetapi ketrampilan software developing.

Akunting software developer membantu membuat dan memberikan dukungan program yang dipakai untuk maksud akuntansi. Akunting software developer akan bekerjasama dengan bagian lain di departemen akuntansi, karena mayoritas data yang ditempatkan ke mekanisme terkait dengan transaksi bisnis keuangan perusahaan.

Ini membuat program yang digerakkan harus mempunyai data yang pas, jalan secara efisien, dan terbebas dari bug yang dapat mengusik data keuangan perusahaan.

Apakah Jurusan Akuntansi Masih Dibutuhkan?

Jurusan akuntansi masih sangat dibutuhkan di berbagai bidang bisnis dan industri. Akuntansi merupakan sebuah disiplin ilmu yang penting bagi perusahaan, organisasi, dan individu yang membutuhkan informasi yang tepat dan akurat tentang keuangan dan operasi bisnis mereka. Akuntansi juga merupakan bagian integral dari proses perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan di perusahaan.

Bagi lulusan jurusan akuntansi, ada banyak peluang kerja yang tersedia di berbagai bidang, seperti perusahaan publik, perusahaan swasta, lembaga keuangan, organisasi nirlaba, dan lainnya. Lulusan jurusan akuntansi juga dapat menjadi akuntan publik, yang merupakan profesi yang terakreditasi dan memiliki tanggung jawab yang besar dalam memberikan layanan akuntansi dan jasa keuangan kepada klien.

Jadi, jurusan akuntansi masih sangat dibutuhkan dan merupakan pilihan yang menjanjikan bagi mereka yang ingin mengejar karier dalam bidang tersebut.

Kualifikasi yang penting dimiliki untuk tingkatkan prospek kerja akuntansi

Akuntan yang sudah mempunyai gelar master/S2, atau sudah lulus sertifikat pengakuan dari Certified Public Accountant (CPA) akan mempunyai prospek kerja lebih baik. Selainnya CPA, sertifikasi/pengakuan lain yang hendak tingkatkan prospek kerja akuntansi:

  1. Certified information systems auditor (CISA)
  2. Chartered financial analyst (CFA)
  3. Certified management accountant (CMA)
  4. Certified internal auditor (CIA)
  5. Chartered global management accountant (CGMA), dan
  6. Certified payroll professional (CPP)

Pengakuan baru dapat didapat bila sudah lulus program s1 akuntansi. Pengakuan di atas penting bila kamu ingin masuk karier di bagian perpajakan, pengamatan resiko keuangan, auditing, persetujuan merger dan akuisisi, dan sebagainya.

Disamping itu, mempunyai pengalaman kerja di empat perusahaan akuntansi populer (Deloitte Touche Tohmatsu, Ernst dan Young, KPMG dan PricewaterhouseCoopers) benar-benar sangat disarankan agar dapat semakin bersaing di pasar kerja.

Langkah lain untuk tingkatkan prospek kerja dengan gelar MBA, terlebih bila kamu ingin maju ke status riset keuangan senior.

Teknologi juga memiliki pengaruh dalam bidang akuntansi. Hingga, dapat menguasai beberapa perangkat lunak seperti QuickBooks dan Microsoft Dynamics GP juga akan menambah kompetensi kamu.


Dapatkan pemberitahuan informasi pendidikan terbaru setiap hari dari Rifqifauzansholeh.com. Silahkan bergabung di grup Telegram dengan menyentuh nama berikut: "Blog Rifqi Fauzan" jika sudah diarahkan silahkan klik join. Pastikan kamu sudah menginstall aplikasi Telegram di smartphone kamu.