Prospek Kerja Teknik Sipil Pasti Tergiur Melihat Gajinya

Prospek Kerja Teknik Sipil Pasti Tergiur Melihat Gajinya

Prospek kerja teknik sipil - Kamu tentu mengetahui bahwa Teknik Sipil merupakan salah satu bidang pekerjaan yang diminati banyak orang. Banyak yang beranggapan bahwa gaji Teknik Sipil cukup tinggi, maka dari itu banyak yang berlomba-lomba menjadi lulusan jurusan satu ini.

Benar saja, siapa sih hari gini yang enggak mau begitu tinggi, dengan gaji besar kamu bisa lebih mudah untuk melakukan banyak hal. Teknik Sipil merupakan ilmu yang mempelajari proses perancangan, pembangunan dan modifikasi bangunan dan infrastruktur lainnya.

Hal tersebut berbeda dengan profesi seorang arsitektur yang fokus pada menciptakan desain bangunan agar terlihat menarik.

Umumnya standar gaji Teknik Sipil fresh graduate atau lulusan baru adalah sekitar 5 Juta hingga 7 Juta, nominal tersebut terbilang cukup besar jika dibandingkan dengan profesi kerja lain pada umumnya. Namun nominal gaji tersebut tergantung pada perusahaan dan bidang yang dilamar.

Prospek Kerja Teknik Sipil

Berikut prospek kerja teknik sipil yang wajib kamu ketahui:

1. Manajer Konstruksi

Sebagai manajer konstruksi kamu ditunjuk untuk memberikan penghargaan dalam suatu proyek konstruksi, itu sebabnya pekerjaan ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki jiwa pemimpin yang tinggi.

Dalam menjalani profesi ini kamu akan bekerja erat dengan arsitek, surveyor dan bagian perencanaan lainnya. Proyek yang dikerjakan biasanya seputar tempat tinggal, bangunan komersial, industri dan infrastruktur.

Untuk menjadi manajer konstruksi umumnya kamu harus memiliki pengalaman di dunia Teknik Sipil setidaknya tiga tahun, tapi ada juga perusahaan yang menerima fresh graduate.

Standar gaji manajer konstruksi sendiri berkisar 7juta hingga 30juta.

2. Surveyor

Surveyor memiliki tanggungjawab memastikan bahwa proyek pembangunan yang berjalan telah mengikuti peraturan pemerintah yang berlaku.

Berkecimpung dalam profesi ini kamu harus mampu melakukan pemeriksaan atas seluruh rancangan bangunan secara detail mulai dari struktur hingga pondasi bangunan tersebut. Selain itu sebagai surveyor kamu juga berkewajiban membantu mengurus dokumen perizinan atas suatu pembangunan.

Tantangannya adalah ketika menemukan hal yang melanggar hukum maka kita harus mampu mencari solusinya. Bidang pekerjaan teknik sipil yang satu ini juga terbuka untuk tingkat fresh graduate, standar gaji surveyor berkisar antara 3 Juta hingga 6 Juta.

3. Project Manager

Tugas seorang Project Manager dalam teknik sipil terbilang cukup penting, dimana kita diberi kuasa oleh direksi proyek untuk memimpin dan bertanggung jawab penuh atas seluruh proses pelaksanaan pembangunan yang berjalan di lapangan.

Mulai dari pembiayaan hingga potensi resiko atas pembangunan yang berlangsung semua itu akan menjadi tanggungjawab seorang Project Manager, itu sebabnya untuk menjadi seorang Project Manager dibutuhkan persyaratan pengalaman kerja sekurang-kurangnya lima tahun. Standar gaji Project manajer yakni 8 Juta hingga 12 Juta.

4. Kontraktor Insinyur Sipil

Kontraktor insinyur sipil bertugas untuk merealisasikan rencana yang telah dibuat oleh konsultan kontruksi menjadi bangunan nyata. Seorang kontraktor insinyur sipil harus mampu mengatur sumber daya manusia dan sumber material yang ada di lapangan.

Meski begitu, perlu diketahui bahwa ada juga proyek pembangunan yang tidak memiliki jasa konsultan, untuk itu kontraktor insinyur sipil harus siap membuat perencanaannya sendiri dan menerapkannya menjadi suatu bangunan. Standar gaji kontraktor insinyur sipil antara 5,5 juta hingga ratusan juta rupiah.

5. Quality Control Proyek Bangunan

Quality control dalam proyek bangunan berfungsi untuk melakukan pengawasan kualitas atas materi bangunan yang ada di lapangan. Sebagai quality control kamu berhak melakukan inspeksi bersamaan dengan jalannya suatu pembangunan.

Selain itu seorang quality control juga diperbolehkan mengeluarkan surat teguran yang ditujukan kepada kontraktor dan project manager apabila ada penyimpanan dalam pengadaan materi bangunan, itu sebabnya ketika memutuskan menjalankan profesi ini kita harus mampu bersikap tegas. Standar gajinya sendiri berkisar 10 Juta hingga 25 Juta.

6. Konsultan Perencana

Konsultan perencana bertugas untuk memberikan strategi perencanaan dalam pelaksanaan proyek konstruksi. Sebagai konsultan kamu akan sering berkomunikasi dengan pihak kontraktor bangunan untuk mendiskusikan penyesuaian keadaan lapangan dan perhitungan struktur suatu konstruksi.

Untuk bisa menjadi seorang konsultan perencana profesional, kamu harus mulai sebagai asisten konsultan terlebih dahulu untuk menyerap ilmu sebanyak-banyaknya. Umumnya standar gaji konsultan perencana proyek memiliki nominal dibawah 10 juta dan akan terus naik hingga menjadi orang direktur yang biasanya digaji 30 juta perbulan. Jadi standar konsultan perencana yakni 7 Juta hingga 30 Juta.

7. Drafter

Sesuai dengan namanya drafter bertugas menciptakan gambar atau sketsa infrastruktur yang kemudian dapat dipresentasikan kepada klien. Menariknya jika zaman dahulu seorang drafter menggambar suatu sketsa di atas kertas besar, sekarang sketsa infrastruktur dapat dibuat menggunakan Autocad, itu sebabnya umumnya perusahaan akan mengutamakan drafter yang memiliki latar belakang pendidikan minimum D3.

Hal ini dikarenakan penggunaan Autocad membutuhkan kemampuan teknis yang umumnya diajarkan pada perkuliahan. Standar gaji drafter yaitu 3,8 Juta hingga 9 Juta.

Keren banget dong jurusan Teknik Sipil ini, kamu pasti banyak menemui perguruan tinggi dengan peminat jurusan ini yang banyak, karena gaji dari prospek kerja teknik sipil ini sangat tinggi, tapi semua tergantung dari masing-masing perusahaan.

Kalau prospek kerja teknik sipil impian kamu yang mana nih? sekian dari saya jangan lupa masukan tanggapan kamu di kolom komentar dan bagikan ini ke teman-teman kamu ya dan sampai jumpa di informasi penting lainnya.

Dapatkan pemberitahuan informasi pendidikan terbaru setiap hari dari Rifqifauzansholeh.com. Silahkan bergabung di grup Telegram dengan menyentuh nama berikut: "Blog Rifqi Fauzan" jika sudah diarahkan silahkan klik join. Pastikan kamu sudah menginstall aplikasi Telegram di smartphone kamu.