MAHASISWA BARU GAK USAH KIKUK KETAHUI TIPE, TIPS DAN TRIKNYA KETIKA KAMU JADI MAHASISWA BARU !!!

MAHASISWA BARU GAK USAH KIKUK KETAHUI TIPE, TIPS DAN TRIKNYA KETIKA KAMU JADI MAHASISWA BARU !!!

Mahasiswa baru merupakan sebuah perjalanan baru untuk para mantan siswa dalam mencari ilmu pengetahuan yang akan lebih diterapkan dilingkungan masyarakat dan masa depan nantinya. Suasana perkuliahan sangatlah berbeda dengan ketika di sekolah. Pembelajaran di kampus kamu sebagai mahasiswa baru yang memilih sendiri ingin menjadi mahasiswa seperti apa, karena banyak sekali tipe-tipe mahasiswa seperti mahasiswa kuliah pulang kuliah pulang (Kupu-Kupu), mahasiswa Kuliah Nangkring Kuliah Nangkring (Kunang-Kunang), mahasiswa kuliah rapat (Kupat), dan ada mahasiswa kuliah main (Kuman).

Tinggal kalian milih sendiri mau jadi mahasiswa yang seperti apa, tentunya dari setiap jenis mahasiswa yang disebutkan tadi ada kelebihan dan kekurangannya tersendiri, penjelasannya sebagai berikut:

1. Mahasiswa Kuliah Pulang Kuliah Pulang (Kupu-Kupu)

Mahasiswa seperti ini banyak yang menilai negatif karena dipandang tidak aktif dikampus dan kurang sosialisasi di kampus.

Kita sebenarnya tidak bisa langsung menilai mahasiswa seperti ini adalah mahasiswa yang negatif, coba kita ajak ngobrol langsung mahasiswa tersebut apa saja kegiatannya dana pa yang membuat dia setiap pulang kuliah langsung pulang.

Seperti teman saya yang tidak bisa saya sebutkan namanya disini….
Jadi dia itu setiap selesai kegiatan perkuliahan dia langsung pulang dikarenakan dia harus langsung mengajar. Karena dia kuliah sambal mengajar dia pun harus memanage waktunya untuk dapat kuliah dan mengajar.

Itu artinya dia adalah mahasiswa yang pintar mengatur waktu dan bisa kita nilai bahwa dia adalah mahasiswa yang aktif diluar kampus.

2. Mahasiswa Kuliah Nangkring Kuliah Nangkring (Kunang-Kunang)

Nangkring dengan teman-teman merupakan hal yang paling asik untuk kebanyakan orang, karena dengan nangkring ini selalu ada canda tawa yang membuat kita fun.

Lantas apa kelebihan mahasiswa seperti ini?
Mahasiswa seperti ini biasanya lebih terbuka dan santai dalam berkomunikasi, bahkan ada juga yang humoris yang dapat membuat lawan bicaranya tertawa.

Kekurangan mahasiswa seperti ini terkadang obrolan mereka, canda tawa mereka membuat kurang nyaman orang disekitarnya, itupun jika canda tawa mereka sangat kencang. Kalaulah canda tawa mereka tidak mengganggu lingkungan sekitarnya itu masih dirasa baik-baik saja.

3. Mahasiswa Kuliah Rapat (Kupat)

Gimana sih sikap kalian ketika melihat rekan kuliah yang sangat aktif sampai-sampai mereka selalu pulang telat dari kampus…

Kalua saya sendiri menilai mahasiswa seperti ini merupakan mahasiswa yang gampang berkomunikasi, gampang akrab dengan orang lain dan memiliki mental yang kuat untuk hidup berorganisasi.

Karena berorganisasi hanya untuk mereka yang mempunyai mental yang kuat, disebut demikian karena didalam organisasi kita bertemu dengan bermacam-macam karakter dari setiap mahasiswa, pro dan kontra dengan mahasiswa lainnya pasti akan selalu ada disinilah diperlukannya mental yang kuat.

4. Mahasiswa Kuliah Main (Kuman)

Sama halnya seperti Kupu-Kupu, Kuman juga banyak dinilai negatif oleh mahasiswa lainnya, dalam penamaannya juga sudah jelas sekali kuliah main yang menggambarkan mahasiswa seperti ini adalah mahasiswa pemalas dan kuliah hanya menjadi formalitas saja untuk membanggakan orang tua.

Saya dahulu juga pernah menjadi kategori mahasiswa seperti ini, namun alasan saya menjadi mahasiswa seperti ini dikarenakan saya sudah jenuh hidup berorganisasi, karena ditingkat menengah pertama sampai menengah atas saya aktif didalam organisasi.

Alasan lainnya yaitu karna saya sangat malas sekali melihat drama-drama yang terjadi didalam organisasi kampus. Itu hanya sekedar apa yang saya nilai dan saya pahami, karena saya tipe orang yang gam au ribet jadi ketika melihat suasana keorganisasian mahasiswa seperti itu mood saya pun langsung kurang baik untuk mengikuti lebih jauh mengenai organisasi kampus.

Sekilas penjelasan karakter mahasiswa menurut pandangan saya, itu kembali lagi kepada pemahaman masing-masing individu dalam menerjemahkan karakter mahasiswa diatas tadi seperti apa. Tinggal kalian pilih saja berdasarkan hati dan semangat kalian mau menjadi mahasiswa seperti apa nantinya.

Jaminan kesuksesan bukan karena karakter mahasiswa yang disebutkan diatas tadi, banyak hal yang dapat mempengaruhi kesuskesan mahasiswa dikampus seperti sistem pelaksanaan perkuliahan dari setiap kampus, kualitas dosen dalam menyampaikan pembelajaran, lingkungan akademik kampus, dukungan dan do’a dari keluarga dan yang terakhir adalah pergaulan yang dijalin.

Jadi buat kamu para mantan siswa yang naik tingkat menjadi mahasiswa baru, saya akan coba berikan tips and trik dalam menghadapi dunia perkuliahan, sebagai berikut:

1. Perbanyak Teman Baru

Dirasakan atau tidak, faktanya relasi itu sangatlah penting dan berguna, contohnya ketika kamu mengerjakan tugas dan kamu membutuhkan laptop atau apapun itu, jika pertemanan mu baik kamu bisa meminjam suatu barang. Karena setiap orang tidak akan dengan mudahnya memberikan pinjaman barang kepada orang yang tidak begitu ia kenal.

Langkah awal cobalah untuk dapat akrab dengan teman satu kelas terlebih dahulu, setelah itu coba cari teman dari semester atas. Biasanya teman baru didapatkan ketika kita mengikuti kegiatan kemahasiswaan, mengikuti kegiatan himpunan mahasiswa jurusan dan hubungan baik dengan tetangga kosan kita.

2. Aktif Berkomunikasi

Komunikasi sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa saja namun yang menjadi pembeda adalah dominan dan tidaknya kegiatan komunikasi yang dilaksanakan.

Untuk memulai komunikasi biasanya harus ada target obrolan, obrolan akan semakin cair jikalau lawan bicara kita mempunyai hobi yang sama, pengalaman yang sama, atau adanya pengetahuan informasi-informasi yang cocok untuk dibicarakan.

3. Validasi kembali informasi yang diterima

Sebagai mahasiswa baru kamu harus hati-hati ketika mendapatkan informasi berita yang diterima dari kakak tingkat mu. Karena ada beberapa oknum yang memanfaatk kepolosan kalian, misalnya ada beberapa kakak tingkat mu yang memberikan informasi untuk mangarahkan mu menentang regulasi-regulasi yang diberikan Badan Eksekutif Mahasiswa atau Himpunan Mahasiswa Jurusan.

Telaah lebih jauh opini yang dating, ketahui benar atau tidaknya informasi tersebut, hati-hati jangan mudah terpengaruh untuk mengikuti dan malakukan aksi-aksi yang hanya merugikan dirimu.

Ini merupakan drama yang saya sebutkan tadi diatas, drama – drama mahasiswa yang seharusnya mahasiswa tidak menjadikan ego sebagai tumpuan utama dalam menyikapi suatu hal.

4. Perbaiki Cara Persentasimu didepan kelas

Salah satu hal yang selalu membuat saya greget adalah melihat cara persentasi yang disetiap slidenya begitu panjang dan padat tulisan penjelasan mengenai materi matakuliah.

Menurut saya guna dan fungsi persentasi itu adalah bagaimana caranya kita membuat audien mengerti dan paham terhadap materi yang kita sampaikan tanpa harus membaca tulisan yang sangat padat.

Oleh karena itu, setiap saya akan melakukan persentasi saya coba rangkum terlebih dahulu point penting dari materi yang ada dibuku kemudian point penting yang sudah terpilih di susun kedalam powerpoint. Sisanya saya tinggal memahami setiap point penting tersebut dan saya siap menyampaikan pemahaman saya mengenai powerpoint yang saya tampilkan.

Dalam penyampaian materi persentasi alangkah baiknya jika kita mengatur intonasi penyampaian jangan sampai intonasi penyampaian kita begitu datar, dan usahakan juga minimal tangan kita bergerak ketika kita menjelaskan materi yang ditampilkan di powerpoint.

Karena dengan melakukan hal tersebut audien tidak akan pusing dan jenuh dengan persentasi yang kita sampaikan.

Pemaparan tadi seputar mahasiswa baru itu hanyalah kata-kata yang keluar dari pengalaman saya yang pernah jadi mahasiswa baru…

Enjoy saja yang penting lulus harus tepat waktu, maksimalkan momen ketika sudah masuk kedalam penyusunan skripsi. Yakinlah selesai kuliah akan ada pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi diri kalian sendiri.

1 Komentar

Lebih baru Lebih lama

Random