MERAIH PENDIDIKAN TERBAIK DENGAN BEASISWA PEMERINTAH

MERAIH PENDIDIKAN TERBAIK DENGAN BEASISWA PEMERINTAH

Beasiswa menjadi salah satu cara untuk menempuh pendidikan meski dengan kondisi ekonomi yang terbatas. Beasiswa merupakan bantuan keuangan yang diberikan pada pelajar agar pendidikannya dapat berlangsung dengan baik. Bantuan ini bisa diberikan oleh berbagai kalangan, misalnya perusahaan, yayasan atau pemerintah. Beasiswa yang tersedia di kampus negeri pun beragam. 

Beasiswa Bidikmisi

Beasiswa ini merupakan bantuan pendidikan yang diberikan pemerintah pada siswa lulusan sekolah menengah keatas dan sederajat. Bidikmisi dikhusukan untuk siswa yang memiliki kemampuan akademik baik namun terbatas secara ekonomi. Beasiswa ini akan diberikan jika sudah diterima di perguruan tinggi. 

Biaya akan diberikan selama 6 dan 8 semester, tergantung pada jenis program yang diambil. Selain itu, setiap 6 semester juga akan mendapatkan uang saku sebesar 600.000 untuk mencukupi kebutuhan hidup. Sebelumnya, pihak pengaju akan disurvey terlebih dahulu agar program ini benar benar tepat sasaran bagi yang benar-benar membutuhkan.  

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik

Beasiswa PPA diberikan oleh pemerintah melalui kementerian RISTEKDIKTI. Beasiswa ini bisa didapatkan jika menjalani masa perkuliahan minimal 1 semester. Pasalnya, untuk mendapatkan beasiswa ini membutuhkan syarat tertentu yang bisa dicapai seelah menjalani masa perkuliahan. Jadi, umumnya baru bisa mengajukan pada semester kedua perkuliahan. 

Sesuai dengan namanya, tentu diharapkan beasiswa diberikan pada mahasiswa yang memiliki prestasi. Dua hal yang disorot adalah nilai IPK serta keaktifan dalam dunia kampus. Nilai IPK harus maksimal dibandingkan yang lainnya. Keaktifan dalam lomba maupun organisasi kampus juga sangat berpengaruh dalam seleksi pendaftaran. 

Beasiswa Atlet

Tentu tidak adil jika prestasi yang disorot untuk bisa mendapatkan beasiswa hanya berkisar di ranah akademik saja bukan? Tentu saja harus ada beasiswa yang bisa digunakan untuk mendukung proses pembelajaran orang-orang yang berprestasi di bidang lain, misalnya olahraga. 

Jika 2 beasiswa sebelumnya merupakan beasiswa umum, beasiswa akademik ditujukan untuk mahasiwa yang menuntut ilmu di bidang olahraga. Syarat untuk mendapatkannya pun bukan dari nilai IPK, namun jumlah medali yang pernah didapatkan dari berbagai kejuaraan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Random