fgVbA8pS2mAvH6shJUAkVSH4ZBAYg0maapkaFIUm

TERNYATA BEGINI CARA EKSPATRIAT MEMILIH PENDIDIKAN DI INDONESIA

    TERNYATA BEGINI CARA EKSPATRIAT MEMILIH PENDIDIKAN DI INDONESIA

    Tinggal jauh dari negara memang tidak selalu mudah, Rifqi kira ada banyak hal yang harus disesuaikan seperti lingkungan baru, budaya baru, dan terutama pendidikan anak-anak. Para ekspatriat yang tinggal di Indonesia juga perlu mengamati bagaimana pendidikan di Indonesia ini berlangsung dan menilainya dari mata dunia, sehingga dapat menentukannya dengan baik.

    Berikut ini adalah beberapa cara bagi ekspatriat memilih sekolah untuk anak-anak mereka. 

    1. Mengunjungi sekolah

    Kebanyakan orang tua di Indonesia lebih suka memilih sekolah berdasarkan referensi dari orang tua lainnya dan jarang mengunjungi sekolah secara langsung untuk mengetahui keadaan sekolah itu secara langsung. Namun, jika Anda ingin memperhatikan kualitas pendidikan anak Anda, Anda harus menyempatkan diri untuk mengunjungi sekolah tersebut.

    Hal ini pasti akan disambut dengan baik oleh pihak sekolah, mereka akan menyampaikan kondisi sekolah mereka dan mengajak Anda berkeliling untuk memastikan kondisi sekolah tersebut.

    2. Tentukan lokasi yang tepat

    Meskipun sekarang ada kebijakan zonasi untuk sekolah, namun Anda tetap saja harus menentukan lokasi terbaik terutama jika ada beberapa sekolah disekitar Anda. Usahakan jarak sekolah ke rumah Anda tidak terlalu jauh sehingga anak. 

    3. Melihat kurikulum

    Tidak ada salahnya Anda meminta penjelasan tentang kurikulum yang berlaku di calon sekolah anak Anda. Sistem pendidikan di Indonesia terutama kurikulum memang sering kali berubah sesuai dengan kebijakan kementrian, tapi mungkin hal ini akan berbeda jika Anda berencana menyekolahkan anak Anda di sekolah swasta. Jangan lupa periksa akreditas sekolah tersebut sebelum memutuskan.

    4. Lihat halaman sekolah

    Salah satu parameter terbaik untuk mengenal sekolah tersebut adalah memeriksa fasilitas mereka, terawat atau tidak. Secara umum ini merupakan salah satu parameter menilai pendidikan di Indonesia dari kacamata orang asing untuk melihat apakah sekolah tersebut layak atau tidak untuk mendidik anak-anak Anda.

    Lalu perhatikan juga apakah ada karya murid yang di pajang atau hanya sekadar poster-poster pengunguman saja. Mungkin hal ini terlihat sepele namun Anda harus tahu bagaimana cara sekolah tersebut mengapresiasi karya siswanya.

    5. Melihat ke dalam kelas

    Sempatkan waktu berkunjung Anda pada saat ada kegiatan belajar mengajar, dari sana Anda akan dapat menyaksikan bagaimana para guru berinteraksi dengan muridnya. Apakah terdapat guru di setiap kelas, atau ada kelas yang masih kosong? Lalu perhatikan kondisi kelasnya, apakah murid-muridnya aktif atau pasif.

    Nah, menurut Rifqi jika Anda ingin melihat pendidikan di Indonesia dari kaca mata dunia, Anda dapat mengamati bagaimana para orang tua yang merupakan ekspatriat memilih pendidikan untuk anak mereka.

    Related Posts
    Rifqi Fauzan Sholeh
    Hanya Menulis

    Related Posts

    Posting Komentar