APA ITU BLACK HOLE SEBENARNYA?

 

APA ITU BLACK HOLE SEBENARNYA?

APA ITU BLACK HOLE SEBENARNYA?

Apa Itu BlackHole Sebenarnya? - Setiap malam kita melihat langit yang penuh bintang . Tapi, tahukah kamu.  Ada benda misterius dibalik langit itu yaitu: Lubang Hitam. Sebuah benda yang ada di alam semesta  tapi itu masih misterius sampai sekarang.

Terlalu misterius sehingga masih banyak orang yang menanyakan hal itu. Apa sebenarnya Lubang Hitam itu?

Secara teknis, Black Hole adalah suatu tempat di luar angkasa yang memiliki kekuatan yang sangat sangat sangat sangat sangat kuat. Lubang Hitam terdiri dari bagian yang disebut "Singularitas"  Dan bagian yang disebut sebagai "Event Horizon".

Bagian "Singularity" masih sangat misterius dan tidak ada yang tahu apa isinya. Sedangkan "Event Horizon" merupakan zona yang memang memiliki kekuatan gravitasi yang sangat kuat. Bahkan semua benda di alam semesta  tidak ada yang bisa lepas dari hisapannya.

Termasuk cahaya, benda tercepat di alam semesta kita  Karena tidak ada cahaya disekitarnya. Hasilnya Black Hole tidak terlihat. Lalu, jika tidak terlihat, bagaimana kita tahu bahwa Lubang Hitam itu ada?

Kita bisa mengetahuinya dengan melihat efek gravitasi Black Hole terhadap benda-benda di sekitarnya.

Sebagai contoh ini adalah simulasi ke galaksi yang melewati Lubang Hitam karena gravitasinya sangat kuat Lubang Hitam dapat mengalihkan cahaya itu membuat kita bisa mendeteksinya. Selain daripada itu  Lubang Hitam juga dapat dideteksi dengan mengamati orbit benda luar angkasa yang seringkali memiliki orbit yang aneh.

Terbukti, orbit dipengaruhi oleh gravitasi Lubang Hitam di sekitarnya. Lalu, apa jadinya jika kita masuk ke dalam Black Hole?

Singkatnya, kita akan menjumpai sebuah fenomena  yang oleh para peneliti disebut sebagai  Spagetifaksi, molekul tubuh kita akan hancur dan bersatu dengan Singularity. Lubang Hitam terbentuk dari bintang besar  yang sudah kehabisan "bahan bakarnya"

Coba bayangkan ada bintang yang sangat sangat sangat sangat sangat besar  yang ukurannya 20 kali lebih besar dari bintang kita kehabisan "bahan bakar".

Nantinya, bintang mati ini akan runtuh ke gravitasinya sendiri  Menjadi titik yang disebut "Singularitas"  dan kemudian, Lubang Hitam akan terbentuk.

Fakta menariknya adalah:  Secara matematis, segala sesuatu di dunia ini bisa menjadi Lubang Hitam Termasuk kita, Ya benar!  Kita bisa menjadi Black Hole dengan mengompres diri dengan asumsi massa tubuh kita adalah 70 kg  menjadi 1 Yoctometer.

Tentunya itu sangat sangat sangat sangat kecil, kita sudah menjadi Lubang Hitam seperti saat kita menempatkan Bumi kita yang besar menjadi sebesar kacang itu juga bisa menjadi Lubang Hitam.

Tapi, jangan khawatir  Secara alami, kita tidak mungkin menjadi Lubang Hitam karena massa kita terlalu kecil. Bahkan, fakta menyenangkan lainnya Matahari kita Massa nya tidak cukup menjadi Lubang Hitam  Sekian, semoga artikel ini bisa membuat Kamu lebih terkesan dan tertarik dengan alam semesta kita yang menakjubkan  dan penuh misteri  Dan semoga artikel ini tidak hanya menyedot kuota internet Kamu seperti tarikan gravitasi Lubang Hitam.

Ya mungkin Sekian dari saya Semoga satu artikel ini bisa ngebantu kamu buat belajar dan berkembang disetiap harinya Oke . . . Akhir kata saya Rifqi Fauzan saya tunggu kamu di artikel selanjutnya OK thanks....

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Random