APA ITU TRYPOPHOBIA? TEST DIRI KAMU DISINI !!

APA ITU TRYPOPHOBIA? TEST DIRI KAMU DISINI !!

APA ITU TRYPOPHOBIA? TEST DIRI KAMU DISINI !!

Apa Itu Trypophobia? Test Diri Kamu Disini !! - Halo kembali lagi dengan saya Rifqi Fauzan, jadi hari ini saya akan mengetes kamu untuk mengetes Trypophobia.

Definisi Trypophobia

Jadi menurut Wikipedia, Trypophobia adalah rasa takut dan jiji terhadap lubang yang nampak dalam jumlah banyak.

Hal yang akan dirasakan oleh orang yang mempunyai trypohobia ini ketita melihat lubang-lubang akan merinding, kulit terasa gata-gatal, mual takut dan jiji.

Sooo mari kita mulai test trypophobia... apakah kalian phobia sama lubang-lubang? Mari kita coba...

Gambar yang diatas itu apa ya haha... kita coba lagi gambar yang lainnya...

Itu yang diatas adalah telurnya... gambar selanjutnya yang dibawah adalah pohon yang berlubang...

Ok... jika kamu melihat gambar pohon berlubang masih belum merasakan phobia, saya akan test dengan gambar selanjutnya...

Gambar diatas adalah katak yang bertelur, jadi bentukan katak bertelur ya kurang lebih seperti gambar diatas apakah kalian baru tau? Gimana, apa yang kamu rasakan melihat gambar gambar diatas?

Jadi buat kalian yang bukan Trypophobia ketika kamu melihat gambar-gambar diatas akan biasa aja dan tidak merasakan apa-apa, namun sebaliknya jika kamu trypophobia ketika kamu melihat gambar-gambar diatas kamu akan merasakan jiji jiji gimana gitu...

Cara Menghilangkan Trypophobia

Ketika kamu mempunyai Trypophobia, kamu akan merasakan ketakutan ketika melihat gambar-gambar diatas. Untuk mengatasi hal seperti ini perlu dilakukan hypno teraphi yang akan membuat lebih rilex bahkan tidak takut ketika melihat trypophobia ini.

Pengertian Trypophobia

Trypophobia adalah sejenis fobia yang membuat pengidapnya takut terhadap sekumpulan lubang kecil benjolan atau pola. Seseorang yang mempunyai fobia ini bisa merasa jijik atau sangat ketakutan saat melihat objek yang berlubang-lubang. Jadi seseorang yang mengidap fobia ini biasanya akan takluk melihat sesuatu objek yang penuh dengan lubang semakin maju.

Contohnya objek yang dapat memicunya adalah polong biji atau gambar pori-pori seseorang yang default di-zoom dari dekat itu juga membuat pasiennya merasa takut.

Trypophobia juga cenderung bersifat visual, sebab melihat gambar di internet atau di media cetak sudah cukup untuk memicu perasaan jijik atau cemas pengidapnya.

Fakta Seputar Trypophobia

Meski banyak orang di seluruh dunia yang mengaku memiliki fulvia ini beberapa dokter masih percaya bahwa tidak ada rasa takut akan lubang.

Selain itu masih banyak perdebatan lain seputar trypophobia tentang apakah kondisi ini termasuk kondisi asli atau bukan tepat.

Pada kesempatan kali ini saya akan berikan beberapa fakta mengenai trypophobia yang perlu teman-teman ketahui.

  1. Fakta yang pertama trypophobia dapat menimbulkan gejala fisik beberapa orang yang punya fobia mengaku merasa mual saat melihat lubang atau benjolan yang berkelompok atau berkerumun. Selain itu mereka juga merasakan ketidaknyamanan yang kuat dan rasa gatal saat melihat objek yang penuh dengan lubang atau berlubang-lubang. Contohnya seperti objek biji teratai, spons, sarang tawon dan lain-lain, itu adalah contoh objek yang dapat memicu timbulnya gejala.
  2. Fakta yang kedua tidak ada tes untuk mendiagnosis trypophobia, sejauh ini tidak ada tes diagnostik untuk mendeteksi trypophobia. Biasanya dapat didiagnosis dengan math analisis reaksi diri dari si pasien saat melihat gambar atau melihat lubang-lubang atau gejala-gejala. Ini tidak ada tes khusus hanya melihat reaksi dari manusia pasien.
  3. Fakta yang ketiga pengidap trypophobia tetap bisa hidup dengan normal. Pengidap trypophobia tetap dapat menjalani kehidupan normal seperti halnya orang lain. Namun mereka tidak bisa persentuhan dengan apapun dengan objek yang berlubang atau benjol-benjol. Bahkan melihat gambar dengan pola seperti itu saja Nah bisa membuat berita tripofobia menjadi serangan panik teman-teman, entah lubang itu ada pada benda mati atau lubang benda hidup semuanya akan menimbulkan reaksi pada penderita trypophobia.

Lalu muncul pertanyaan teman-teman Apakah penderita tripofobia bisa diobati? Tidak ada pengobatan khusus yang terbukti sangat efektif untuk kondisi ini.

Perawatan Yang Digunakan Untuk Fobia 

Namun perawatan yang digunakan untuk fobia spesifik cenderung membantu dalam mengurangi gejala. Jadi tidak ada pengobatan khusus hanya perawatan yang dapat mengurangi gejala, nah perawatan tersebut yang bisa teman-teman lakukanlah yaitu:

  1. Terapi Paparan, mengenai perawatan ini melibatkan objek ketakutan pengidapnya secara progresif. Harapannya Seiring berjalannya waktu paparan ini akan menyebabkan gejala ketakutannya berkurang jadi setiap hari dipaksa atau dilatih untuk melihat gambar-gambar yang penuh dengan lubang. Tapi proses ini biasanya dilakukan secara bertahap seorang mungkin mulai dengan membayangkan apa yang mereka takuti, kemudian melihat gambar-gambar objek ketakutan tersebut dan akhirnya mendekati dan bahkan menyentuh sumber kecemasan tersebut. Jadi membayangkan melihat, mendekati dan bahkan sampai menyentuh. Proses terapi eksposur atau terapi paparan berlanjut hingga pasien mampu menghadapi suatu objek tanpa merasa jijik. Takut atau cemas yang berlebihan jadi beradaptasi.
  2. Terapi perilaku kognitif terapi perilaku kognitif bertujuan untuk mengubah pikiran dan perilaku yang memicu terjadinya tripofobia. Jadi kita bermain pola fikir, terapis akan mengajak pengidap untuk mendiskusikan pemikirannya yang tidak realistis dan kemudian menggantikannya dengan yang lebih realistis. Salah satu alasan orang yang mengalami gejala fobia adalah percaya anda sesuatu yang berbahaya atau mengancam dari objek ketakutan mereka. Pengidap akan belajar untuk mengganti keyakinan dan pikiran negatif mereka, yang seringkali tidak rasional dengan yang lebih positif dan realistis jadi kita bermain di pola kognitif.
  3. Teknik relaksasi strategi relaksasi dapat mengurangi perasaan jijik, takut atau cemas visualisasi, pernafasan dan relaksasi otot Progresif adalah beberapa strategi yang mungkin bisa membantu. Visualisasi melibatkan penggambaran gambar atau situasi yang menegangkan pengidap tripofobia mungkin mencoba membayangkan matahari terbenam yang indah atau ladang bunga setiap kali mereka melihat pola lubang atau benjolan. Gambaran sederhana juga bisa menjadi teknik mengatasi ketakutan. Saat penderita melihat sesuatu yang memicu respon trypophobia penderita akan dianjurkan berpaling dan mencari hal lain untuk dipikirkan atau dilihat sampai gejalanya mereda. Lalu bisa juga diberikan dengan terapi obat-obatan obat antidepresan atau anti cemas kadang-kadang dapat diresepkan terutama jika individu tersebut sampai mengalami depresi atau kecemasan. Beberapa orang yang dapat diresepkan beberapa obat yang dapat diresepkan adalah dan seperti ini bitor reaktif serotonin selektif atau SMS canggih benzodiazepin atau fade blokep. Kalau teman-teman merasa memiliki fobia jenis strip phophobia hingga menimbulkan gejala tertentu sebaiknya berkonsultasi dengan psikolog atau psychiater di rumah sakit, agar memang teman-teman mendapatkan diagnosis yang tepat, apakah teman-teman menderita tripofobia atau tidak. Semakin teman-teman secepat berkonsultasi maka teman-teman akan lebih tahu bahwa apakah itu termasuk trypophobia atau bukan.

Ya mungkin Sekian dari saya Semoga satu artikel ini bisa ngebantu kamu buat belajar dan berkembang disetiap harinya Oke . . . Akhir kata saya Rifqi Fauzan saya tunggu kamu di artikel selanjutnya OK thanks....

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Random