fgVbA8pS2mAvH6shJUAkVSH4ZBAYg0maapkaFIUm

5 UNIVERSITAS TERBAIK DI INDONESIA SEBAGAI BAHAN REKOMENDASI MEMILIH KAMPUS

    universitas terbaik

    5 UNIVERSITAS TERBAIK DI INDONESIA SEBAGAI BAHAN REKOMENDASI MEMILIH KAMPUS

    Setelah menyelesaikan bangku putih abu-abu, maka pilihan para lulusan antara kerja atau melanjutkan ke perguruan tinggi baik itu swasta maupun negeri. Namun, dalam memilih dan menentukan perguruan tinggi janganlah sembarangan. Karena hal ini bisa menjadi salah satu penentu masa depan kita. Universitas yang baik adalah universitas terbaik buat kita. Sehingga tak heran kalau banyak yang mengukur nilai perguruan tinggi dengan skala peringkat, mana yang terbaik, itulah yang dipilih.

    Untuk melihat daftar peringkat perguruan tinggi sebenarnya sangatlah mudah. Salah satunya adalah melihatnya di Times Higher Education (THE). Di mana Lembaga ini merupakan Lembaga yang mendata nama-nama perguruang tinggi di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

    Universitas Terbaik di Indonesia

    Ada beberapa faktor yang menunjang sebuah perguruan menjadi Universitas terbaik di Indonesia, di antaranya seperti lingkungan belajar, reputasi, skala penelitian, analisis ilmiah, dampak penelitian, pegawai, mahasiswa, hingga wawasan.

    Langsung saja mari kita simak Universitas Terbaik di Indonesia sebagai referensi kamu memilih perguruan tinggi:

    1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

    Urutan pertama sebagai Universitas terbaik di Indonesia adalah Institur Teknologi Bandung (ITB). Perguruan tinggi ini layak menjadi kampus terbaik di Indonesia, tak heran kalau banyak mahasiswa yang berminat untuk meneruskan Pendidikan di sini. Kampus yang berada di Bandung ini merupakan perguruan tinggi yang berfokus pada bidang Teknik dan sains, dan didirikan sejak tahun 1959. Sejak tahun itu, ITB selalu mempertahankan kualitasnya sebagai sekolah terbaik di tingkatnya, bahkan sempat selalu berinovasi agar menjadi kampus yang semakin handal.

    2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

    Urutan kedua sebagai Universitas terbaik di Indonesia adalah Universitas Gadjah Mada (UGM). Di mana kampus ini terletak di Yogyakarta yang berdiri sejak tahun 1949. Kita semua tahu, banyak yang beranggapan bahwa Yogyakarta adalah kota pelajar, di mana banyak sekali pelajar yang mengenyam pendidikannya di Yogyakarta untuk menimba ilmu dan menambah wawasan mereka. Sebagai Universitas Negeri, UGM selalu mempertahankan predikatnya sebagai kampus berkualitas dari segi manapun.

    3. Institute Pertanian Bogor

    Ternyata, di Indonesia terdapat kampus yang bergerak di bidang pertanian, di mana Indonesia adalah negara yang sangat menghargai profesi tani. Institut Pertanian Bogor (IPB) adalah salah satu Universitas terbaik di Indonesia, yang berdiri sejak tahun 1963 di kota Bogor. Meskipun nsebagai kampus pertanian, IPB juga terdapat program studi lain selain agraris.

    4. Institut Teknologi Sepuluh November

    Kita melompat ke Surabaya, di mana di kota ini terdapat Universitas terbaik di Indonesia dengan nama yang populer ITS alias Institut Teknologi Sepuluh November. Banyak yang beranggapan bahwa ITS dengan ITB adalah dua kampus rival alias sering bersaing dalam mengembangkan penelitian tentang ilmu Teknik. Kampus yang berdiri sejak tahun 1957 tepatnya bulan November ini berfokus pada pengembangan teknologi dan maritime di Indonesia.

    5. Universitas Indonesia

    Universitas terbaik di Indonesia selanjutnya adalah UI atau Universitas Indonesia. Kampus dengan almamater kuning ini memang sudah terkenal hingga ke skala Internasional. Di mana kampus ini memiliki dose atau para pengajar yang berkualitas dan mahasiswa yang berkompeten. Kampus yang berdiri sejak tahun 1849 mulai turun peringkat karena arogansi para mahasiswanya yang sempat terekspos beritanya hingga ke luar negeri. Namun, kampus ini masih menjadi kampus idola para pelajar untuk sekolah di sana.

    Itulah 5 Universitas Terbaik di Indonesia yang bisa menjadi rekomendasi kamu dalam memilih perguruan tinggi. Selanjutnya Kembali ke diri kalian masing-masing mau kuliah di mana sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kamu.
    Related Posts
    Rifqi Fauzan Sholeh
    Hanya Menulis

    Related Posts

    Posting Komentar