PENGGUNAAN DIRECT METHOD PADA SISTEM PEMBELAJARAN BAHASA DI INDONESIA

direct method

PENGGUNAAN DIRECT METHOD PADA SISTEM PEMBELAJARAN BAHASA DI INDONESIA

Direct method atau dalam bahasa indonesia juga disebut dengan metode secara langsung, pertama kali diperkenal di tahun 1900 di negara Inggris. Metode ini sebenarnya adalah metode yang banyak digunakan di sekolah sekolah bergengsi di luar negeri.

Direct method sendiri adalah metode pembelajaran secara langsung yang berfokus pada praktek langsung pembelajaran dengan dibantu oleh beberapa media visual agar menguatkan memori pada otak. Oleh karena itu biasanya direct method lebih mudah ditangkap oleh para siswa.

Beberapa media yang digunakan pada direct method biasanya adalah bentuk tanya jawab secara langsung, segera setelah materi baru diperkenalkan dan diajarkan. Tanya jawab ini dilakukan untuk menguji para siswa siswi tentang tingkat kepahaman dan penguasaan materi tersebut.

Media yang lain, yang sering digunakan dalam direct method adalah media visual sebagai penunjang pembelajaran. Pada umumnya pendidik yang menggunakan direct method menggunakan gambar gambar atau benda penunjang pembelajaran agar materi baru yang diajarkan lebih mudah dipahami oleh para siswa.

Direct method ini juga telah digunakan di berbagai sekolah dan kursus yang ada di Indonesia. Salah satu penggunaan direct method yang telah diterapkan dalam pembelajaran bahasanya adalah di Pondok Modern Darussalam Gontor. Gontor menggunakan direct method dalam pembelajaran bahasa arab dan Inggris sejak pondok ini berdiri.

Beberapa aktivitas yang telah menerapkan direct method di Gontor adalah muhadasah sobahih atau dalam istilah bahasa indonesia dapat diartikan sebagai pemberiaan kosa kata di pagi hari. Pemberian kosa kata ini hanya memerlukan waktu kurang lebih satu jam.

Para siswa diajarkan kosa kata baru setiap harinya dengan cara mendengarkan guru berbicara secara langsung dan para siswi mengikuti setelahnya. Guru guru pengajar biasanya membawa beberapa gambar ataupun benda agar siswa dapat mengerti dan memahami kosa kata lebih cepat.

Di akhir kegiatan ini biasanya diisi dengan tanya jawab tentang kosa kata baru. Kosa kata yang diberikan di pagi hari juga nantinya akan ditanyakan lagi di keseharian setelah pulang sekolah agar lebih cepat dalam menghafal kosa kata dan melatih spoken language para siswi.

Sebenarnya banyak manfaat yang bisa diambil dari penggunaan direct method dalam pembelajran bahasa di sekolah dan kursus di Indonesia, namun metode ini juga memiliki beberapa kekurangan dalam pengaplikasiannya.

Beberapa Kekurangan Direct Method diantaranya adalah:

1. Hanya anak anak yang memiliki kecerdasan diatas rata rata yang dapat mengikuti metode pembelajaran ini.

Anak anak yang memiliki tingkat kecerdasan tinggi akan lebih cepat belajar dengan metode ini. Namun lain halnya dengan anak anak yang memiliki kecerdasan rata rata atau bahkan kecerdasan dibawah rata rata. Mereka akan sulit mengikuti metode ini karena direct method memaksa anak anak untuk berfikir dan menghafal lebih cepat dan harus mempraktekkannya secara langsung.

2. Kurangnya membaca dan menulis.

Membaca dan menulis adalah dua hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran seorang siswa. Pengaplikasian direct method dalam sistem pembelajarannya akan mengurangi frekuensi siswa dalam membaca maupun menulis karena direct method hanya berfokus pada praktek secara langsung dan pengaplikasiannya terhadap keseharian.

3. Diperlukan guru yang profesional untuk menerapkan direct method

Direct method biasanya digunakan dalam pembelajaran bahasa. Untuk dapat menggunakan metode ini, beberapa sekolah harus mencari guru yang memiliki skill mendalam dalam bahasa tertentu seperti bahasa inggris. Guru yang memiliki kualitas bahasa inggris yang buruk atau biasa saja akan mengalami kesulitan dalam mengaplikasikannya.

Penjelasan Roby Zulkarnain Noer tentang Direct Method

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Random