fgVbA8pS2mAvH6shJUAkVSH4ZBAYg0maapkaFIUm

BELAJAR LEBIH DALAM SOAL LOVE BOMBING


    BELAJAR LEBIH DALAM SOAL LOVE BOMBING

    Barangkali ada di antara kita yang pernah menjali hubungan dengan pasangannya dan selalu memberikan hadiah apapun itu bentuknya. Seolah-olah terdapat suatu tuntutan dan dorongan untuk memberikan hadiah baik ketika sedang happy anniversary maupun ketika hari-hari biasa. Ia juga bisa memberikan perhatian secara berlebihan sampai-sampai kamu merasa tidak enak dan merasa bahwa itu kewajiban untuk selalu dibalas. Atau mungkin ketika kamu sedang PDKT, ia kerap melakukan hal yang demikian.

    Sekilas memang terlihat romantic. Namun, disadari atau tidak, kita jadi merasa kesulitan untuk menolak dan selalu berhutang budi pada seseorang. Jika kamu pernah mengalami hal ini, alangkah baiknya untuk berhati-hati. Kondisi ini disebut sebagai love bombing. Apa itu love bombing?

    Pengertian Love Bombing

    Love bombing adalah situasi di mana pasanganmu selalu banjir dengan perhatian baik itu lewat hadiah yang berlebihan atau sikap tertentu dengan tujuan supaya kamu tergantung padanya. Apabila kamu tidak mengikuti kemauannya kamu jadi selalu merasa bersalah dan tidak enak hati. Selain itu kamu juga merasa kesulitan untuk mengatakan tidak padahal dalam suatu hubungan, apabila pasangan mengatakan tidak maka artinya tidak.

    Bentuk manipulasi dari love bombing memang sulit dideteksi. Banyak yang tidak sadar bahwa gestur romantis yang berlebihan pada suatu hubungan adalah bentuk manipulasi cinta. Mungkin pada awal hubungan kamu merasa sangat spesial di matanya. Namun, hal ini tidak akan berjalan seterusnya dan justru bisa berdampak pada mentalmu. Kenyataannya banyak pasangan yang memberikan hadiah secara berlebihan kemudian kamu merasa berhutang budi dan terdorong untuk memberikan hal serupa.

    Namun, terkadang kamu merasa kamu tidak sanggup untuk melakukan itu semua. Bentuk-bentuk hadiah dan perhatian yang terlalu berlebihan bisa membuatmu merasa menjadi bukan dirimu sendiri. Hal ini bisa termasuk kedalam kekerasan emosional. Maka dari itu, penting untuk kamu yang sedang menjalani hubungan baik itu pertemanan maupun percintaan. Pastikan bahwa kalian memiliki hubungan yang sehat dengan timbal balik yang wajar dan berdasarkan perasaan yang tulus.

    Gejala-gejala Love Bombing

    Selain itu gejala love bombing ini juga bisa dikatakan sebagai bentuk narsisme salah satu pasangan. Mereka ingin menggunakan perhatian itu sebagai sarana untuk membangun citra pasangan “yang sempurna” agar semakin dipercaya. Selain itu ia juga haus akan perhatian orang lain sehingga ia ingin orang-orang melihat hubungan kalian adalah hubungan yang romantis dan penuh dengan perhatian. Namun, itu semua palsu. Ada baiknya kamu lebih berhati-hati ketika sedang berada di dalam fase hubungan tersebut.

    Ketika telah mendapatkan atensi dan afeksi yang ia inginkan darimu. Maka ia bisa membentuk kamu jadi sebatas peran pendukung saja. Orang-orang yang terlibat dalam kondisi seperti ini sulit untuk membangun hubungan yang setara. Ia bisa saja melecehkanmu baik itu secara fisik maupun verbal. Dan paling sering terjadi adalah pelecehan dalam bentuk verbal maupun emosional. Maka dari itu kita harus bisa lebih memahami dan belajar lebih banyak mengenai love bombing.

    Jika kamu masih merasa sulit untuk membedakan mana rasa kasih sayang yang setara dan mana yang love bombing. Berikut adalah tips yang bisa kamu simak. Pertama, ia terlalu cepat berkata kalau kalian adalah sepasang sejoli yang sudah ditakdirkan oleh alam semesta. Kedua, ia telah membanjirimu dengan afeksi yang berlebihan dan itu membuatmu merasa tidak nyaman. Ketiga, tidak berhenti chat atau menelponmu dengan dalih khawatir, padahal tidak terjadi apa-apa. Keempat, menuntut perhatian yang lebih padamu dan selalu membatasi ruang kegiatanmn. Dan kelima, berusaha meyakinkanmu pada suatu komitmen padahal kalian baru saja PDKT.
    Related Posts
    Rifqi Fauzan Sholeh
    Hanya Menulis

    Related Posts

    Posting Komentar