Asuransi Pilihan untuk Melindungi Keuangan Anda

Asuransi Pilihan untuk Melindungi Keuangan Anda

Pada artikel yang lalu, kita sudah mengulas berkenaan bagaimana membuat uang bekerja kembali untuk kita. Di artikel ini, yang juga sekaligus sisi paling akhir dari topik finansial, akan mengulas bagaimana triknya memberi pelindungan pada keuangan di saat krisis dengan memanfaatkan asuransi.

Sampai saat ini, beberapa orang menduga asuransi sebagai tempat cari pelindungan dan langkah lain dari menabung. Tidak itu saja, bahkan juga asuransi dipandang menjadi tempat dari investasi. Sangat disayangkan, ini menjadi penilaian yang keliru karena secara keuangan, asuransi bukan investasi.

Tetapi, bisa jadi asuransi menjadi investasi ketenangan batin karena saat kita sudah memproteksi diri dengan asuransi, hati semakin lebih tenang untuk hadapi beragam jenis permasalahan kehidupan yang hendak membutuhkan dana, misalkan kecelakaan atau masalah kesehatan.

Dapat disebutkan bahwa asuransi masuk kedalam jenis konsumsi dalam setiap uang yang didapat tiap bulan, bukan investasi. Kenapa?

Ongkos untuk bayar asuransi diambil dari biaya konsumsi karena asuransi ialah ongkos dan bukan usaha menambahkan asset. Kaji kembali biaya dan nilai asuransi minimal tiap tahun karena ada inflasi di dunia ekonomi.

Asuransi harus juga dibayarkan saat sebelum resiko terjadi. Disamping itu, asuransi perlu dibayarkan saat dipakai atau tidak dipakai. Apa yang terjadi jika asuransi tidak dipakai? Karena itu klaim asuransi itu akan lenyap.

Untuk mempermudah, ada tiga prinsip asuransi yang harus diingat. Pertama, asuransi dibutuhkan untuk siapa saja asalkan sama keperluan. Ke-2 , asuransi memiliki sifat penjagaan, bukan pengobatan. Maka, kita tidak bisa memakai asuransi saat kecelakaan terjadi.

Paling akhir, asuransi ialah biaya, bukan investasi secara finansial. Karena itu dimulai dari saat ini, buang jauh pertimbangan berkenaan asuransi ialah sebuah penghasilan pasif hasil dari investasi.

Sekarang ini, makin banyak asuransi untuk beragam jenis keperluan. Sebutlah saja asuransi kesehatan, jiwa, kecelakaan, kendaraan, perjalanan, kebakaran, bahkan juga ada asuransi untuk handphone atau laptop. Nach, asuransi mana sich yang sebetulnya harus kita punyai? Apa kita harus mempunyai semua asuransi?

Jawabnya, tidak seluruhnya asuransi harus kita punyai. Pemakaian asuransi tergantung ke posisi kita sebagai pribadi dalam keluarga. Misalkan, jika seorang pribadi ialah tumpuan keluarga yang berperanan untuk sumber penghasilan rumah tangga, pasti mempengaruhi kehidupan keluarganya bila terjadi kecelakaan pada dianya.

Karena itu, asuransi yang paling harus dipunyai minimal ialah asuransi kesehatan (untuk pihak yang memikul atau pihak yang dijamin), asuransi kecelakaan (jika terjadi kecelakaan), dan asuransi jiwa (yang bisa dicairkan apa saja sebab kematiannya orang yang mempunyai asuransi itu).

Bicara mengenai asuransi yang harus dipunyai, silahkan kita ulas satu demi satu. Pertama, asuransi kesehatan. Di Indonesia, asuransi kesehatan sangat dapat dijangkau oleh kehadiran BPJS Kesehatan.

Dengan ongkos yang cukup dapat dijangkau, tapi premi yang diberi besar sekali. Biaya asuransi kesehatan bisa dijamin oleh diri kita. Tetapi tidak menutup peluang perusahaan tempat bekerja memberi asuransi kesehatan yang lebih bagus kepada para pekerjanya.

Ada dua tipe asuransi kesehatan: asuransi rawat jalan dan asuransi rawat inap. Perlu digaris bawahi jika tidak seluruhnya asuransi kesehatan memikul seluruh dari biaya penyembuhan.

Pada kesepakatan awalnya, peluang pihak asuransi akan memberi pengakuan berkenaan berapa persen mereka akan memikul ongkos penyembuhan. Penting untuk membahas ulang asuransi kesehatan, sebab bisa jadi pada tahun ini kita bisa nikmati perawatan di kelas 1 dan 5 tahun selanjutnya dengan ongkos yang serupa cuman memenuhi di perawatan kelas 3.

Ke-2 , asuransi kecelakaan. Sama dengan namanya, asuransi kecelakan berlaku saat kecelakaan terjadi ke si penanggung asuransi. Umumnya, asuransi kecelakaan diberi oleh perusahaan pada pegawai dengan resiko yang tinggi. Namun, tidak tutup peluang asuransi kecelakaan dijamin oleh individu.

Sebagai manusia di umur produktif yang bekerja, asuransi kecelakaan benar-benar menolong untuk memberikan pelindungan untuk diri dan keluarga hingga rugi materiel dari kecelakaan bisa diminimalkan karena akan mengusik keproduktifan.

Ke-3 , asuransi jiwa. Asuransi ini bisa di-claim saat tertanggung wafat dengan argumen apa saja. Mempunyai karakter yang hampir serupa dengan asuransi kecelakaan, cuman perbedaannya asuransi kecelakaan mempunyai premi yang lebih rendah dengan perlindungan yang semakin tinggi. Asuransi jiwa dipandang seperti warisan untuk tertanggung (anak) meneruskan hidup sampai mandiri saat orangtua sudah wafat.

Di sisi lain, peninggalan menjadi satu diantara peruntungan yang dipunyai dengan seorang anak dari orang tuanya. Tapi, jika peninggalan tidak ditata secara baik, karena itu menjadi malapetaka yang jelek yang bisa menghancurkan rencana keuangan orang yang akan menerima.

Sering kita dengar berkenaan konflik dalam keluarga saat pembagian waris dilaksanakan. Selalu ingat jika uang peninggalan bisa semakin bertambah nilainya jika kita membuat bekerja untuk kita hingga penting untuk diinvestasikan beberapa persen.

Pada intinya, untuk mencapai kebebasan finansial, ada tiga konsep yang wajib dipegang kuat:

  • Membuat pemercepatan dalam menambahkan sumber penghasilan (money booster)
  • Memproteksi kekayaan (proteksi your keuntungan)
  • Menjaga kekayaan (creating wealth)

Kita sudah mengulas bagaimana caranya untuk memperoleh kesejahteraan secara finansial. Sisanya, pribadi masing-masinglah yang mempunyai kuasa karena berperanan penting dalam tiap-tiap dana yang dikeluarkan secara individu. Janganlah lupa untuk menabung dan melakukan investasi.

Makin cepat kita menabung, melakukan investasi dan memiliki rencana pensiun, makin sejahtera hidup kita di umur tua. Kunci yang lain juga sangat penting dalam melakukan investasi ialah latih psikis untuk sabar, tidak ada hal indah yang terbentuk dengan instant.

Artikel ini sebagai tambahan dari pelatihan online yang bicara mengenai finansial persembahan Kognisi.id. Kamu bisa membuka pelatihan itu dan peroleh tips komplet dan rahasia-rahasia finansial yang tak pernah kamu pahami sebelumnya di sini!

Selamat melakukan investasi!

Dapatkan pemberitahuan informasi pendidikan terbaru setiap hari dari Rifqifauzansholeh.com. Silahkan bergabung di grup Telegram dengan menyentuh nama berikut: "Blog Rifqi Fauzan" jika sudah diarahkan silahkan klik join. Pastikan kamu sudah menginstall aplikasi Telegram di smartphone kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url