Berikut Ide Bisnis dengan Modal Minim yang Cocok untuk Mahasiswa

Berikut Ide Bisnis dengan Modal Minim yang Cocok untuk Mahasiswa

Banyak bisnis yang kini dirintis generasi muda. Meski masih muda, banyak tokoh yang berhasil mengembangkan usahanya.

Bagi mahasiswa yang ingin terjun ke dunia bisnis, banyak ide yang bisa diikuti dengan modal kecil.

Meski tidak harus menginvestasikan banyak uang, Anda tetap harus bekerja keras, memiliki keinginan yang kuat dan gigih dalam menjalankan bisnis Anda sendiri.

Dari situs Universitas Bina Nusantara (BINUS), Minggu (2/1/2021), ada ide bisnis yang bisa diikuti mahasiswa tanpa modal banyak. Mari kita lihat ide bisnis seperti apa yang bisa diuji?

Manajemen media sosial

Memang, semua pebisnis sekarang diperdagangkan. Salah satu saluran media sosial yang paling banyak digunakan adalah media sosial seperti Facebook, Instagram, YouTube dan Twitter.

Namun, pemilik bisnis ini membutuhkan tim khusus karena tidak memiliki cukup waktu untuk mengelola akun media sosial mereka sendiri. Ini adalah peluang bisnis Anda untuk memberikan layanan sebagai pengelola media sosial.

Sebagai manajer media sosial, tugas Anda adalah membangun kesadaran merek, membuat dan berbagi konten, serta berinteraksi dengan pengikut. Menariknya, bisnis ini bisa Anda lakukan secara online dan tanpa modal apapun.

Mengingat maraknya penggunaan media sosial sebagai alat pemasaran, bisnis ini sangat menjanjikan di masa depan.

Fotografi

Dulu, jasa fotografi membutuhkan peralatan fotografi profesional senilai jutaan rupiah, kini Anda bisa menjual foto yang diambil dengan kamera handphone. Anda dapat menjual peluru ini di mikrokosmos seperti ShutterStock, Pixabay, dan lainnya. Anda akan menerima komisi setiap kali foto Anda diunduh.

Selain menjual foto di platform MicroStok, Anda juga bisa memberikan layanan fotografi produk kepada para pebisnis. Banyak pemilik bisnis sekarang perlu memposting foto produk di akun media sosial mereka.

Produksi video

Bisnis ini sangat cocok untuk mereka yang suka memotret dan mengedit video. Layanan pembuat video dan editor video kini dibutuhkan oleh perusahaan yang memposting konten di Youtube, Instagram, dan Tiktok.

Yang Anda butuhkan saat memulai bisnis ini adalah software video dan editing video.

Jangan khawatir jika Anda tidak memiliki dasar atau pengetahuan dalam produksi video. Anda dapat menemukan tutorial online atau mengambil kursus videografi yang paling banyak tersedia.

Jasa Les Privat

Layanan penguatan pribadi memang sudah ada sejak lama. Namun, dalam konteks epidemi CVD-19 saat ini, layanan les privat semakin banyak digunakan untuk mendukung pendidikan anak usia dini.

Anak-anak terpaksa mengikuti pembelajaran jarak jauh, terutama selama epidemi Covd-19. Dengan menggunakan layanan bimbingan belajar pribadi, orang tua dapat mendukung anak-anak yang tidak dapat belajar sendiri di rumah jika tidak selalu memiliki waktu untuk belajar bersama.

Dengan peluang besar ini, tidak ada masalah untuk membuka jasa les privat. Anda tidak harus langsung mengajar untuk menjalankan bisnis ini. Anda dapat membentuk kelompok pengajaran dan menghubungkan siswa dengan kebutuhan khusus.

Produk Makanan yang bisa dibawa dan diantar

Membuka restoran membutuhkan banyak modal karena Anda harus membangun restoran sendiri dan menyediakan layanan. Namun, dengan modal yang sedikit, Anda bisa memulai proses memasak yang hanya berfungsi untuk mengantar dan mengantar.

Apalagi di masa epidemi saat ini, orang memilih untuk membeli atau meresepkan makanan. Jika Anda tidak memiliki staf untuk mengantarkan, Anda dapat menggunakan banyak … platform belanja makanan.

Dapatkan pemberitahuan informasi pendidikan terbaru setiap hari dari Rifqifauzansholeh.com. Silahkan bergabung di grup Telegram dengan menyentuh nama berikut: "Blog Rifqi Fauzan" jika sudah diarahkan silahkan klik join. Pastikan kamu sudah menginstall aplikasi Telegram di smartphone kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url