Fenomena Hari Tanpa Bayangan Berikut Tempat dan Waktunya

Fenomena Hari Tanpa Bayangan Berikut Tempat dan Waktunya

Fenomena hari tanpa bayangan kembali bisa terjadi di Indonesia pada tahun 2022. Fenomena ini terjadi di sejumlah daerah, dimulai dari Aceh sampai Papua pada tengah Februari sampai awalnya April 2022.

Hari tanpa bayangan matahari ini terjadi saat matahari ada pada posisi 90 derajat saat melewati banyak wilayah di bumi. Pada posisi itu, tidak ada bayangan yang tercipta dari benda tegak tidak memiliki rongga saat tengah hari.

Pemicu berlangsungnya hari tanpa bayangan di Indonesia

Dikutip dari situs lapan.go.id, hari tanpa bayangan atau dalam istilah astronomi disebutkan kulminasi, muncul karena sudut pandang sinar karena Garis Balik Utara dan Garis Balik Selatan ada pada bujur yang serupa.

Di lain sisi, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menerangkan, fenomena ini dapat muncul karena nilai deklinasi matahari bervariatif di antara -11 sampai +6 derajat. Persisnya yang terjadi pada minggu ke-4 bulan Februari sampai pekan awal bulan April.

Deklinasi matahari sendiri sebagai pojok jepit di antara pelintasan semu harian matahari dengan prediksi ekuator bumi pada bola langit (ekuator langit). Karena nilai deklinasi matahari sama dengan lintang geografis daerah Indonesia (yakni 6 derajat LU sampai 11 derajat LS) karena itu matahari akan ada pas di atas kepala saat tengah hari.

Di saat itu bayangan tidak tercipta oleh benda tegak tidak memiliki rongga pada tengah hari. Ini selanjutnya dikatakan sebagai fenomena hari tanpa bayangan.

Waktu berlangsungnya hari tanpa bayangan di Indonesia

Hari tanpa bayangan dapat terjadi 2x satu tahun untuk beberapa kota tertentu yang ada di garis balik utara (Tropic of Cancer; 23,4 derajat Lintang Utara) dan Garis Balik Selatan (Tropic of Capricorn; 23,4 derajat Lintang Selatan).

Dan untuk beberapa kota yang ada pas di garis balik utara dan garis balik selatan akan alami fenomena cuman sekali satu tahun, yakni saat Solstis Juni (21/22 Juni) atau Solstis Desember (21/22 Desember).

Berikut ialah agenda hari tanpa bayangan yang bisa terjadi di sejumlah daerah Indonesia, berdasar lokasi yang diprediksikan LAPAN-BRIN.

Sumatera

Mulai 7 Maret 2022 jam 12.10 WIB s/d 5 April jam 12.41 WIB

Jawa dan Madura

27 Februari jam 11.35 WIB s/d 6 Maret jam 12.06 WIB

Kalimantan

12 Maret 12.31.27 WITA s/d 31 Maret 12.15.03 WITA

Bali dan Nusa Tenggara

21 Februari 12.01.22 WITA s/d 28 Februari 12.32.11 WITA

Sulawesi

Selayar/Benteng 5 Maret 12.09.40 WITA s/d 4 April 11.36.46 WITA

Maluku dan Papua

27 Februari 11.51.12 WIT s/d 22 Maret 12.37.25 WIT

Dapatkan pemberitahuan informasi pendidikan terbaru setiap hari dari Rifqifauzansholeh.com. Silahkan bergabung di grup Telegram dengan menyentuh nama berikut: "Blog Rifqi Fauzan" jika sudah diarahkan silahkan klik join. Pastikan kamu sudah menginstall aplikasi Telegram di smartphone kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url