Halo Peserta SBMPTN 2022, Berikut Jumlah Peminat dan Daya Tampung SBMPTN UNS

Halo Peserta SBMPTN 2022, Berikut Jumlah Peminat dan Daya Tampung SBMPTN UNS

Universitas Sebelas Maret (UNS) buka kembali kesempatan untuk mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN 2022. Kampus yang berada di Surakarta, Jawa tengah, ini jadi favorite beberapa calon mahasiswa seperti PTN lainnya

Pada SBMPTN 2021, UNS disukai oleh 49.983 orang dengan merebutkan 2.727 bangku atau cuman 5,46 % yang bisa lolos seleksi. Ingin berkuliah di "Green Campus" Surakarta? Baca daya tampung dan peminat SBMPTN UNS 2022 berikut ini.

Daftar daya tampung dan jumlah peminat SBMPTN UNS

A. Program studi saintek

1. Keselamatan dan kesehatan kerja

  • Tingkatan: D4
  • Daya Tampung 2022: 42
  • Peminat 2021: 1.135

2. Kedokteran

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 77
  • Peminat 2021: 2.980

3. Psikologi

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 88
  • Peminat 2021: 2.572

4. Agroteknologi/agroekoteknologi

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 63
  • Peminat 2021: 809

5. Agribisnis

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 56
  • Peminat 2021: 847

6. Peternakan

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 56
  • Peminat 2021: 697

7. Ilmu dan teknologi pangan

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 42
  • Peminat 2021: 844

8. Teknik sipil

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 63
  • Peminat 2021: 1.407

9. Arsitektur

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 53
  • Peminat 2021: 1.096

10. Teknik industri

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 46
  • Peminat 2021: 1.025

11. Teknik mesin

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 53
  • Peminat 2021: 825

12. Teknik kimia

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 42
  • Peminat 2021: 498

13. Matematika

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 46
  • Peminat 2021: 1.025

14. Fisika

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 35
  • Peminat 2021: 221

15. Kimia

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 32
  • Peminat 2021: 223

16. Biologi

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 32
  • Peminat 2021: 367

17. Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK)

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 28
  • Peminat 2021: 732

18. Informatika

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 35
  • Peminat 2021: 1.573

19. Pendidikan fisika

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 32
  • Peminat 2021: 164

20. Pendidikan kimia

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 35
  • Peminat 2021: 126

21. Pendidikan biologi

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 35
  • Peminat 2021: 390

22. Pendidikan matematika

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 32
  • Peminat 2021: 499

23. Pendidikan teknik mesin

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 28
  • Peminat 2021: 148

24. Pendidikan teknik bangunan

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 28
  • Peminat 2021: 164

25. Pendidikan teknik informatika dan komputer

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 28
  • Peminat 2021: 577

26. Ilmu tanah

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 46
  • Peminat 2021: 409

27. Penyuluhan dan komunikasi pertanian

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 35
  • Peminat 2021: 348

28. Farmasi

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 28
  • Peminat 2021: 1.269

29. Teknik elektro

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 28
  • Peminat 2021: 493

30. Statistika

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 28
  • Peminat 2021: 634

31. Pendidikan IPA

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 35
  • Peminat 2021: 316

32. Ilmu lingkungan

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 28
  • Peminat 2021: 387

33. Pengelolaan hutan

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 35
  • Peminat 2021: 384

34. Kebidanan

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 21
  • Peminat 2021: 0

Daya tampung dan jumlah peminat SBMPTN UNS selanjutnya ialah:

B. Program studi soshum

1. Demografi dan pendataan sipil

  • Tingkatan: D4
  • Daya Tampung 2022: 53
  • Peminat 2021: 1.228

2. Ilmu administrasi negara

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 48
  • Peminat 2021: 1.083

3. Ilmu komunikasi

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 48
  • Peminat 2021: 2.049

4. Sosiologi

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 48
  • Peminat 2021: 852

5. Ilmu hukum

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 158
  • Peminat 2021: 2.413

6. Ekonomi pembangunan

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 53
  • Peminat 2021: 1.199

7. Manajemen

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 63
  • Peminat 2021: 2.951

8. Akuntansi

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 53
  • Peminat 2021: 1.678

9. Ilmu sejarah

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 28
  • Peminat 2021: 483

10. Sastra Indonesia

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 28
  • Peminat 2021: 483

11. Sastra Inggris

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 28
  • Peminat 2021: 839

12. Sastra daerah untuk Sastra Jawa

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 28
  • Peminat 2021: 154

13. Kriya seni (desain tekstil)

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 21
  • Peminat 2021: 73

14. Seni rupa murni (lukis, grfs, ptng, krmik)

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 21
  • Peminat 2021: 57

15. Desain interior

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 28
  • Peminat 2021: 351

16. Desain komunikasi visual

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 53
  • Peminat 2021: 899

17. Pendidikan sejarah

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 28
  • Peminat 2021: 292

18. Pendidikan geografi

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 28
  • Peminat 2021: 354

19. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN)

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 28
  • Peminat 2021: 300

20. Pendidikan luar biasa (pendidikan khusus)

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 28
  • Peminat 2021: 276

21. Pendidikan kepelatihan olahraga

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 51
  • Peminat 2021: 307

22. Pendidikan bahasa, sastra Indonesia, dan daerah

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 28
  • Peminat 2021: 472

23. Pendidikan Bahasa Inggris

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 31
  • Peminat 2021: 566

24. Pendidikan seni rupa

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 28
  • Peminat 2021: 80

25. Pendidikan sosiologi antropologi

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 28
  • Peminat 2021: 405

26. Pendidikan guru sekolah dasar (PGSD) Surakarta

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 70
  • Peminat 2021: 1.292

27. Tuntunan konseling

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 28
  • Peminat 2021: 764

28. Pendidikan guru pendidikan anak usia dini (PG-AUD)

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 28
  • Peminat 2021: 307

29. Sastra Arab

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 28
  • Peminat 2021: 279

30. Pendidikan Bahasa Jawa

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 28
  • Peminat 2021: 319

31. Pendidikan guru sekolah dasar (PGSD) Kebumen

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 42
  • Peminat 2021: 413

32. Hubungan internasional

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 21
  • Peminat 2021: 780

33. Pendidikan akuntansi

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 28
  • Peminat 2021: 219

34. Pendidikan administrasi perkantoran

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 32
  • Peminat 2021: 637

35. Pendidikan ekonomi

  • Tingkatan: S1
  • Daya Tampung 2022: 42
  • Peminat 2021: 387.

UNS dikatakan sebagai "Green Campus" karena situasi kampusnya yang teduh, asri, dan rimbun pohon-pohonan. Menduduki rangking 155 dunia dan 8 di Indonesia, UNS dikukuhkan sebagai "Green Campus" versi UI GreenMetric.

Untuk yang tertarik mengikuti SBMPTN 2022 dan memilih UNS, berikut agenda pelaksanaan seleksi

Agenda SBMPTN 2022

  1. Pembuatan Akun LTMPT: 14 Februari-17 Maret 2022
  2. Sosialisasi UTBK-SBMPTN: 1 Desember 2021-15 April 2022
  3. Pelaksanaan UTBK Gelombang 1: 17-23 Mei 2022
  4. Pelaksanaan UTBK Gelombang 2: 28 Mei-3 Juni 2022
  5. Pengumuman Hasil SBMPTN: 23 Juni 2022
  6. Waktu Unduh Sertifikat UTBK: 25 Juni-31 Juli 2022

Nach, itu data daya tampung dan peminat UNS di SBMPTN 2022. Janganlah lupa siapkan test secara baik yaa..

Dapatkan pemberitahuan informasi pendidikan terbaru setiap hari dari Rifqifauzansholeh.com. Silahkan bergabung di grup Telegram dengan menyentuh nama berikut: "Blog Rifqi Fauzan" jika sudah diarahkan silahkan klik join. Pastikan kamu sudah menginstall aplikasi Telegram di smartphone kamu.

Next Post Previous Post
34 Comments
  • Bening Pertiwi
    Bening Pertiwi 25 Februari 2022 19.49

    wah UNS ya, informasi seperti ini nih, penting banget buat siswa kelas 12.
    terima kasih ya

    • Rifqi Fauzan Sholeh
      Rifqi Fauzan Sholeh 27 Februari 2022 14.58

      Sama-sama semoga bermanfaat 😉

  • Apabedanyacom
    Apabedanyacom 26 Februari 2022 17.27

    Terima kasih informasinya mas, jadi keinget dulu saya pengen ngambil jurusan sastra Inggris gak jadi hehehe.

    • Rifqi Fauzan Sholeh
      Rifqi Fauzan Sholeh 27 Februari 2022 14.59

      Hehe coba lagi aja sekarang mumpung ada kesempatan

  • Ayu Natih Widhiarini - natih.net
    Ayu Natih Widhiarini - natih.net 26 Februari 2022 22.09

    Wahh banyak banget yaa pilihan jurusannya di UNS. Salah satu kampus unggulan memang di Surabaya selain ITS.

    • Rifqi Fauzan Sholeh
      Rifqi Fauzan Sholeh 27 Februari 2022 15.00

      Betul banget, btw Surabaya menjadi salah satu wilayah yang mempunyai dengan perguruan terbaik di Indonesia

  • Wahyu Eko C
    Wahyu Eko C 26 Februari 2022 23.00

    dulu jaman daftar kuliah gak pake ginian main asal pilih prodi yang paling diminati aja, alhamdulillah lolos sesuai target prodi yg di ingin kan.

    tapi jaman sekarang sih mesti pakai ini dan analisis, biar kesempatan lolos di prodi pilihan pertama semakin besar, jadi info Jumlah Peminat dan Daya Tampung sangat di butuhkan buat yg mau daftar kuliah khususnya jalur SBMPTN

    • Rifqi Fauzan Sholeh
      Rifqi Fauzan Sholeh 27 Februari 2022 15.01

      Betul banget, analisis ini biasanya diperlukan calon mahasiswa yang memang kebingungan memilih program studi

  • Vika Kurniawati
    Vika Kurniawati 26 Februari 2022 23.26

    Lengkapnya informasi kak, thank you. Jadi keingat masa perjuangan untuk masuk kampus. Semua info sampai hal sederhana mengenai kampus tujuan dilahap.

    • Rifqi Fauzan Sholeh
      Rifqi Fauzan Sholeh 27 Februari 2022 15.02

      Silahkan share ke adik-adik atau saudara juga ya 😉

  • Dee_Arif
    Dee_Arif 27 Februari 2022 03.55

    Lengkap banget informasi tentang sbmpt UNS ini kak
    Aku share ke murid muridku yg kls 12 ya

    • Rifqi Fauzan Sholeh
      Rifqi Fauzan Sholeh 27 Februari 2022 15.02

      Silahkan dishare 😊

  • Gioveny Astaning Permana
    Gioveny Astaning Permana 27 Februari 2022 03.56

    Daya tampungnya cukup ya ini menyesuaikan kebutuhan mahasiswa dan kampus. Kuliah di solo sepertinya nyaman juga

    • Rifqi Fauzan Sholeh
      Rifqi Fauzan Sholeh 27 Februari 2022 15.03

      Daya tampung itu biasanya disesuaikan dengan jumlah dosen dan ruang kelas masing-masing program studinya

  • Dila
    Dila 27 Februari 2022 07.58

    Ya ampun, jadi inget jaman-jaman sma yang sibuk belajar trus tiba-tiba di kelas 3 disuruh pilih jurusan. Kayaknya sekarang klo disuruh pilih jurusan S1, saya pengen seni rupa murni.

    • Rifqi Fauzan Sholeh
      Rifqi Fauzan Sholeh 27 Februari 2022 15.04

      Silahkan dicoba 😀 ingat "Long Life Education"

  • Ismayanti Afrina Putri
    Ismayanti Afrina Putri 27 Februari 2022 11.47

    Ijin share ya. Perlu Banget ini data untuk ke adik-adik di sekolahan.

    • Rifqi Fauzan Sholeh
      Rifqi Fauzan Sholeh 27 Februari 2022 15.04

      Silahkan dishare semoga bermanfaat 😃

  • Raja Lubis
    Raja Lubis 27 Februari 2022 17.06

    Dulu pas masih zaman SPMB, pilih jurusan cuma ikut-ikutan karena mungkin keterbatasan informasi. Terima kasih telah konsisten menulis tentang pendidikan, semoga bermanfaat bagi anak-anak yang mau melanjutkan kuliah khususnya di UNS.

    • Rifqi Fauzan Sholeh
      Rifqi Fauzan Sholeh 28 Februari 2022 18.25

      Alhamdulillah, Insya Allah saya akan terus konsisten kak

  • Arif Abdurahman
    Arif Abdurahman 27 Februari 2022 18.01

    Yg bikin penasaran dari dulu kenapa namanya UNS padahal kepanjangannya Universitas Sebelas Maret ya. 🤭🤭

    • Rifqi Fauzan Sholeh
      Rifqi Fauzan Sholeh 28 Februari 2022 18.24

      😂 Harusnya USM ya haha

  • Hallowulandari
    Hallowulandari 27 Februari 2022 21.06

    huwaaa gokil yaa perbandingan antara peminat samma daya tampungnya , ada yg ribuan versus puluhan dong! survival to get one chair on UNS is real heuehu. Makanya yaa, bakal punya prestige tersendiri gitu ya klo bisa lolos SBMPTN kampus negeri favorit! good luck all

    • Rifqi Fauzan Sholeh
      Rifqi Fauzan Sholeh 28 Februari 2022 18.26

      Disitulah letak tantangan dan kebanggaan tersendiri ketika lolos 😁

  • Irawati Hamid
    Irawati Hamid 27 Februari 2022 21.20

    Wahh info yang penting banget nih buat adik-adik yang ingin lanjut di UNS. Semoga adik-adik yang saat ini sedang belajar mempersiapkan sbmptn bisa menuai hasil sesuai yang diimpikan, amiiin

    • Rifqi Fauzan Sholeh
      Rifqi Fauzan Sholeh 28 Februari 2022 18.26

      Silahkan dishare kak 😀

  • Didik Purwanto
    Didik Purwanto 27 Februari 2022 21.29

    Kecil banget yak daya tampungnya. Jadi kita harus emg bljr banget buat bs masuk di UNS. Apalagi saingannya seIndonesia lagi. Hrs bnyk belajar nih para adik2 yg msh SMA biar masuk jurusan dan PTN favorit incarannya.

    • Rifqi Fauzan Sholeh
      Rifqi Fauzan Sholeh 28 Februari 2022 18.27

      Sudah kelihatan kok semangat belajar anak SMA yang mau masuk PTN 😀

  • Inez Dwijayanti
    Inez Dwijayanti 28 Februari 2022 00.40

    waw memang ya dari dulu sbmptn ini memperebutkan kursi-kursinya ketat sekali persaingannya. Semangat ya adek-adek.

    • Rifqi Fauzan Sholeh
      Rifqi Fauzan Sholeh 28 Februari 2022 18.28

      Iya memang dari dulu begini, yang paling naas kalo prodi buka SBMPTN tapi sepi peminat

  • Nita Juwithafina
    Nita Juwithafina 28 Februari 2022 01.50

    Bisa bangeet aku semd ke beberapa ponakan aku nih.. super lengkap :)

    • Rifqi Fauzan Sholeh
      Rifqi Fauzan Sholeh 28 Februari 2022 18.28

      hehe silahkan dishare ke keponakannya kak

  • Lasmicika
    Lasmicika 28 Februari 2022 09.08

    Informasi yang penting banget buat calon lulusan SMA yang harus sudah mulai mencari perguruan tinggi. Nanti bisa kuinformasikan barangkali ada saduara dan tetangga yang nyari juga.

    • Rifqi Fauzan Sholeh
      Rifqi Fauzan Sholeh 28 Februari 2022 18.28

      Silahkan dishare ya kak 🙏

Add Comment
comment url