10 Jurusan Favorit di Kampus Swasta dari Binus, Tel-U, Trisakti, Perbanas, dan UNPAR

10 Jurusan Favorit di Kampus Swasta dari Binus, Tel-U, Trisakti, Perbanas, dan UNPAR

Indonesia mempunyai beberapa kampus swasta berkualitas yang dapat menjadi pilihan calon mahasiswa, Telkom University misalkan. Perguruan tinggi ini tempati rangking pertama versi Webometrics 2022 di Indonesia. Selanjutnya, pas di bawahnya ada Binus University.

Untuk yang hendak masuk perguruan tinggi pada tahun ini, info tentang jurusan favorite dari beberapa perguruan tinggi swasta (PTS) yang dapat kalian lirik. Silahkan baca sampai akhir yaa

Jurusan yang Banyak Disukai di Kampus Swasta

1. Data Science, Binus University

Kalian yang tertarik sama pendayagunaan big data untuk usaha, dapat pilih program studi (prodi) ini. Perkuliahannya mempelajari mengenai pengolahan big data dengan teknik analisis dan simulasi memakai ilmu statistika.

Disamping itu, ada materi berkenaan beberapa jenis data yang dibuat lewat proses usaha dan operasional perusahaan. Beberapa data itu lalu dikaji dengan teknik penambangan data untuk mengetahui performa satu usaha dan analisis kesempatan baru.

Beberapa prospect kerja alumnus Data Science sebagai data scientist, business analyst, data engineer, data analyst, dan yang lain.

2. Teknik Telekomunikasi, Telkom University

Teknik Telekomunikasi Tel-U mempelajari mengenai eksperimen dalam sektor telekomunikasi, seperti rekayasa teknologi, protokol, service, design, dan teknik pengiriman info broadband.

Tidak itu saja, mahasiswa kampus swasta ini akan mendapat materi entrepreneurship, kerja-sama antardisiplin ilmu, kemandirian.

3. Kedokteran, Universitas Trisakti

Prodi Kedokteran Trisakti mempelajari ilmu kedokteran dalam unit modul yang disebut kombinasi ilmu biomedik, klinik dasar, klinik, kedokteran komunitas, dan lain-lain. Pembelajarannya akan dilaksanakan secara interaktif, dengan diskusi grup tutorial, pleno, training ketrampilan, dan praktikum. Tentu saja, mahasiswa Kedokteran di sini akan membahas beberapa kasus medis untuk memastikan permasalahan dan mempelajarinya.

4. Akuntansi, Perbanas Institute

Prodi Akuntansi Perbanas memiliki beberapa fokus, diantaranya auditing, akuntansi manajemen, akuntansi keuangan, mekanisme akuntansi, akuntansi perbankan keuangan, pajak, mekanisme akuntansi, akuntansi perbankan syariah, dan akuntansi perbankan konvensional.

Beberapa prospect profesinya ialah akuntan publik, auditor, auditor internal, akuntan manajemen, akuntan ahli pajak, akuntan ahli sistem informasi, akuntan bank konvensional, akuntan bank syariah, dan lain-lain.

5. Desain Komunikasi Visual, Telkom University

Alumnus DKV Tel-U nanti dapat hasilkan kreasi dengan pengetahuannya akan teknologi informasi dan kearifan budaya Nusantara, atau meningkatkan diri jadi creativepreneur. Mengapa begitu?

Jurusan DKV Telkom mendalami pengetahuan design komunikasi visual dengan dasar keilmuan teknologi, management, atau ilmu pendukung yang lain juga. Di situ ada juga fokus technopreneurship dan multimedia pemasaran.

Fokus technopreneurship mengajari mahasiswa mengenai bagaimana menciptakan produk visual berbasiskan teknologi dan membuat usaha. Sementara, fokus multimedia pemasaran menekuni rencana dan penelitian marketing produk visual.

6. Teknik Industri, Telkom University

Jurusan Teknik Industri Tel-U adalah yang pertama berdiri saat universitas ini masih namanya Sekolah Tinggi Teknik (STT) Telkom. Prodi itu memiliki banyak peminatan, yakni engineering maintenance, entrepreneurship, pemasaran, business analysis, enterprise support sistem, human capital, ergonomis, quality sistem engineering, proyek manajemen, suplai chain manajemen, dan production sistem.

7. Manajemen, Binus University

Jurusan Management Binus University mengajari mahasiswa untuk meningkatkan dan mengendalikan usaha, mengaplikasikan teknologi informasi dalam usaha, meningkatkan perusahaan sekaligus sumber dayanya, dan menjalankan usaha ekonomi digital.

8. Ilmu Hubungan Internasional, Universitas Katolik Parahyangan

Prodi HI Unpar terbagi dalam sektor Ilmu Politik dan Keamanan, Politik, Ekonomi Politik Internasional, Pemerintahan dan Organisasi Internasional. Mahasiswa di situ akan pelajari faktor ekonomi, politik, dagang, hukum, usaha, sumber daya manusia, dan banyak.

9. Psikologi, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

Jika kamu ambil jurusan ini, kamu akan mengeruk ilmu mengenai manusia, berdasar pada ilmu psikologi perkembangan, psikologi klinis, psikologi trauma dan bencana, psikologi abnormal, psikologi faal, psikologi industri dan organisasi, psikometri, psikodiagnostika, kepribadian, psikometri, dan banyak yang lain.

Disamping itu, ada beberapa konsentrasi yang dapat diambil oleh calon mahasiswa, misalkan psikologi klinis, perkembangan, dan yang lain.

10. Ilmu Komunikasi-Komunikasi Massa, Binus University

Ada dua fokus dalam jurusan ini, yakni Creative Broadcasting dan Journalism Broadcasting. Ke-2 nya sama menawarkan perkuliahan mengenai proses produksi program penayangan dimulai dari pra produksi dan post-produksi.

Jika kamu ambil fokus Journalism Broadcasting, maka yang kalian dalami ialah berkaitan berita. Sementara, bila kamu ambil Creative Broadcasting, kalian akan konsentrasi pada pembuatan program inovatif seperti program games show, musik, dan yang lain.

Itu dia beberapa jurusan yang banyak disukai di beberapa kampus swasta di Indonesia. Apakah kamu tertarik untuk tentukan yang mana?

Dapatkan pemberitahuan informasi pendidikan terbaru setiap hari dari Rifqifauzansholeh.com. Silahkan bergabung di grup Telegram dengan menyentuh nama berikut: "Blog Rifqi Fauzan" jika sudah diarahkan silahkan klik join. Pastikan kamu sudah menginstall aplikasi Telegram di smartphone kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url