Seleksi Masuk Universitas Andalas Jalur Prestasi, Kerja Sama, dan Disabilitas

Seleksi Masuk Universitas Andalas Jalur Prestasi, Kerja Sama, dan Disabilitas

Universitas Andalas (Unand) di Padang sudah buka Jalur Seleksi Masuk (SIMA) Prestasi, Kerja Sama, dan Disabilitas. Registrasi telah dibuka mulai dari 12 Mei-7 Juni 2022.

Wakil Rektor I Universitas Andalas, Prof. Mansyurdin mengutarakan jalur SIMA ini terbagi dalam beragam tipe yaitu SIMA Akademis, SIMA Prestasi, SIMA Kerja Sama, SIMA Disabilitas, dan SIMA Internasional.

"Tetapi yang telah dibuka registrasinya yaitu jalur SIMA Prestasi, SIMA Kerja Sama, dan SIMA Disabilitas dari tanggal 12 Mei - 7 Juni 2022 lewat situs http://pmbm.unand.ac.id," katanya diambil dari situs resmi Unand, Senin (16/5/2022).

Persyaratan SIMA Prestasi Unand 2022

Prof. Mansyurdin menjelaskan jika SIMA Prestasi mempunyai tujuan untuk memberi peluang untuk alumnus SMA sederajat yang memiliki prestasi dalam sektor bakat, minat dan penalaran minimum juara III pada perlombaan tingkat nasional atau internasional.

"Ini ditunjukkan dengan sertifikat dari instansi pelaksana," jelasnya.

Berikut persyaratan untuk SIMA Prestasi Unand 2022:

  • Alumnus SMA/MA/SMK atau sederajat tiga tahun akhir yang telah memiliki ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL)
  • Penuhi syarat kesehatan yang ditetapkan oleh masing-masing Program Study.
  • Nilai rapor semester 1 s.d V
  • Berpretasi serendah-rendahnya rangking/juara III dalam sektor bakat, minat dan penalaran pada kejuaraan/lomba tingkat internasional atau nasional
  • Prestasi itu didapat dalam tiga tahun akhir sepanjang pendidikan dan/atau sesudah tamat.
  • Persyaratan prestasi unggul itu meliputi:
    • Juara/prestasi tingkat internasional yang ditunjukkan dengan sertifikat dari instansi pelaksana
    • Juara/prestasi tingkat nasional yang ditunjukkan dengan sertifikat dari instansi sah (Kementerian/Lembaga, Perguruan Tinggi, atau BUMN);
    • Daftar sektor olahraga/kesenian/penalaran yang dapat dituruti, silakan saksikan di sini
    • Prestasi penalaran yang lain di bagian keagamaan seperti Hafiz Al-Quran minimum 10 (sepuluh) juz yang ditunjukkan dengan sertifikat dari sekolah.
    • Bakat dalam sektor kepimpinan diutamakan untuk Ketua Umum OSIS/OSIM atau organisasi intra yang lain yang sama dengan di SMA/MA/SMK atau sederajat yang ditunjukkan dengan Surat Keterangan.

SIMA Kerja Sama dan Disabilitas

Untuk jalur lain yaitu SIMA Kerja Sama, diterangkan Wakil Rektor I Unand, mempunyai tujuan untuk tingkatkan akses pendidikan tinggi untuk alumnus SMA/MA/SMK atau sederajat yang dari wilayah 3T.

Jalur ini diharap dapat tingkatkan akses pendidikan tinggi untuk alumnus SMA sederajat yang mempunyai kekuatan akademis baik dengan background ekonomi tidak sanggup.

"Tahun tempo hari ada banyak Pemerintahan Wilayah (Pemda) yang telah siap bekerja bersama untuk lajur ini salah satunya Pemda Solok Selatan, Pemda Dharmasraya, dan Pemda Kerinci," tuturnya.

Disebutkan Prof. Mansyurdin, semua ongkos pendidikan mahasiswa jalur ini akan dijamin oleh Pemerintahan Wilayah masing-masing, baik UKT atau PI.

Sementara SIMA Disabilitas, Unand buka peluang untuk penyandang disabilitas alumnus SMA sederajat untuk meneruskan pendidikannya di Kampus Andalas yang ditunjukkan dengan surat info disabilitas dari Rumah Sakit Pemerintahan atau lembaga yang berkuasa.

"Ke-3 jalur ini telah dibuka registrasinya sampai 7 Juni 2022 kedepan, untuk informasi kelulusan akan dipublikasikan satu hari sesudah informasi hasil SBMPTN yaitu tanggal 24 Juni 2022," bebernya.

Untuk menyaksikan informasi sah berkaitan PMB Unand 2022 bisa berkunjung situs http://pmb.unand.ac.id. Mudah-mudahan sukses!

Dapatkan pemberitahuan informasi pendidikan terbaru setiap hari dari Rifqifauzansholeh.com. Silahkan bergabung di grup Telegram dengan menyentuh nama berikut: "Blog Rifqi Fauzan" jika sudah diarahkan silahkan klik join. Pastikan kamu sudah menginstall aplikasi Telegram di smartphone kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url