Apa Beda D4 dan S1? Wajib Diketahui

Apa Beda D4 dan S1 Wajib Diketahui

Diploma 4 dan Strata 1, dikenali sebagai D4 dan S1, sebagai tingkatan pendidikan tinggi yang dicapai melalui perkuliahan. Periode studinya juga biasanya sama empat tahun. Lalu, apa perbedaan D4 dan S1?

Diambil dari situs Kemendikbudristek, perbedaan antara D4 dan S1 ialah jatah praktek dan ketrampilan di program D4 yang lebih dominan daripada teori. Sedangkan, jatah teori di perkuliahan S1 atau program Sarjana bisa lebih banyak. Karena, D4 sebagai tingkatan pendidikan vokasi, sementara S1 sebagai tingkatan pendidikan akademik.

Tetapi, baik prodi D4 dan S1 sama mengharuskan mahasiswa untuk menuntaskan 144 SKS (Satuan Kredit Semester). Dalam penjenjangan kwalifikasi SDM Indonesia di Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), D4 dan S1 sama ada di tingkat 6 KKNI.

Perbedaannya, alumnus D4 akan memperoleh sertifikasi kompetensi, portofolio tangible atau portofolio project, dan kemahiran teknis dan nonteknis, dari sisi gelar, ijazah, dan transkrip sama seperti yang didapat alumnus S1. Baik alumnus D4 atau S1 sama langsung bisa lanjut study magister atau magister terapan.

D4, Perubahan dari D3

Program D4 atau Sarjana Terapan sebagai alih bentuk dari program diploma tiga (D3), yang dikenal juga dengan adanya banyak kuliah praktek.

Perubahan prodi D3 ke D4 mengidentifikasi jika ketika jadi tingkatan D4, sebuah prodi telah mencukupi persyaratan link and match atau pencocokan kapabilitas alumnus dengan keperluan dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Prodi D4 yang notabene mempunyai link dengan industri menjadikan lulusannya, yaitu beberapa Sarjana Terapan, memiliki kesempatan lebih dalam meniti karier di dunia usaha dan industri.

Perubahan prodi D3 jadi D4 sendiri salah satunya menyaratkan persyaratan akreditasi B atau baik sekali, mempunyai kerja-sama dengan industri, alumnus yang punyai daya saing tinggi, dan reputasi performa prodi tinggi.

Kampus di Indonesia yang mengadakan sekolah vokasi umumnya sediakan program kuliah tingkatan D4. Beberapa perguruan tinggi Indonesia yang mengadakan pendidikan vokasi D4 salah satunya Universitas Indonesia (UI), Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Padjajaran (Unpad), sampai Universitas Airlangga (Unair).

Bagaimana, apakah kamu tertarik kuliah di prodi D4 atau S1? Info mengenai prodi D4 dan S1 yang sesuai dengan minat dapat dicari di masing-masing website resmi perguruan tinggi.

Dapatkan pemberitahuan informasi pendidikan terbaru setiap hari dari Rifqifauzansholeh.com. Silahkan bergabung di grup Telegram dengan menyentuh nama berikut: "Blog Rifqi Fauzan" jika sudah diarahkan silahkan klik join. Pastikan kamu sudah menginstall aplikasi Telegram di smartphone kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Informasi yang mungkin kamu butuhkan