CARA SCREEN SHOT LAPTOP TERMUDAH

CARA SCREEN SHOT LAPTOP TERMUDAH

Cara screen shot laptop jadi topik pembahasan kali ini, karena masih ada beberapa diantara kalian yang merasa kebingungan bagaimana cara menangkap gambar layar laptop atau pc yang digunakan.

Jika belum ada yang mengenal apa itu screenshot, jadi screenshot itu pada awalnya dikenal sebagai screen capture. Screen capture ini dipergunakan untuk dapat menangkap tampilan layar untuk dapat disimpan kedalam bentuk foto.

Sehingga tampilan-tampilan layar yang dianggap penting bisa langsung di screenshot dan disimpan menjadi foto dan kemudian diarsipkan.

Dalam praktiknya, screenshot di laptop atau pc sangat berbeda sekali caranya dengan screenshot yang dilakukan dengan menggunakan smartphone.

Pada umumnya, screenshot di laptop atau pc bisa dilakukan dengan menekan tombol PrtSc itupun jika tombolnya masih berfungsi dengan baik, lalu bagaimana cara melakukan screenshot di laptop jika tombol PrtSc tidak berfungsi?

Kali ini akan Rifqi paparkan Cara screen shot laptop termudah yang bisa kalian ikuti dan lakukan langsung, berikut caranya:

MENEKAN TOMBOL PRTSC PADA KEYBOARD LAPTOP ATAU PC

Cara screen shot laptop

Cara yang pertama ini menjadi cara paling umum yang biasa dilakukan oleh orang-orang untuk mengambil gambar layar dari laptop atau pc. Namun kelemahan melakukan screenshot dengan cara ini kita harus menyesuaikan kembali bagian layar yang diinginkan.

Prinsip kinerjanya jadi ketika kalian menekan tombol PrtSc maka otomatis gambar layar akan langsung masuk kedalam clipboard sehingga jika kita ingin menampilkan hasil screenshot kita di office word misalnya, maka kita hanya perlu melakukan Paste yaitu dengan Ctrl+V.

Bisa kalian praktekan langsung, pilih tampilan layar seperti apa yang ingin kalian ambil gambar layarnya, lalu tekan tombol PrtSc pada keyboard kalian.

Cara screen shot laptop

Lalu coba kalian tekan tombol search pada windows dan cari Paint, setelah kalian masuk langsung lakukan Paste (Ctrl+V).

Dan tara.... gambar tampilan layar pun langsung muncul didalam Paint tersebut, jika gambar layar tidak perlu ada yang disesuaikan kalian tinggal lansung Save gambar tersebut ke laptop atau pc kalian.

Cara screen shot laptop


SCREENSHOT MENGGUNAKAN SNIPING TOOL

Sniping tool merupakan aplikasi bawaan windows yang biasanya digunakan screenshot yang lebih selektif. Jika kalian melakukan screenshot dengan menggunakan sniping tool, kalian akan dengan mudah mengatur bagian layar mana yang kalian inginkan untuk diambil gambarnya.

Coba cek dulu search dan ketik Sniping Tool, jika belum ada kalian download saja terlebih dahulu aplikasi ringan ini. Tampilan aplikasi seperti gambar dibawah ini.

Cara screen shot laptop

Setelah kalian masuk kedalam aplikasi coba kalian pilih Mode, kemudian akan muncul 4 pilihan yaitu free-form snip, rectangular snip, windows snip dan full-screen snip.

Cara screen shot laptop

Sedikit penjelasan jika kalian memilih Free-Form Snip maka cursor kalian akan berubah menjadi gunting. Prinsip penggunaannya tahan Left Klik kalian lalu bentuk garis secara manual pastikan garis awal dipertemukan kembali dengan garis akhirnya.

Ketika kalian memilih mode Rectangular snip maka cursor kalian akan berubah menjadi bentuk + , tahan Left Klik kalian dan tarik ke sudut layar yang ingin kalian ambil gambarnya.

Windows snip merupakan tangkapan layar secara full dari layar windows. Dan yang terakhir Full-Screen Snip tangkapan layar secara penuh dari sudut kiri atas layar sampai sudut kanan bawah layar.


SCREENSHOT DENGAN APLIKASI PHOTOSCAPE

Cara screen shot laptop atau pc lainnya yaitu dengan menginstall aplikasi photoscape. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang biasa digunakan untuk mengedit foto kecil-kecilan seperti menambah tulisan, bingkai, dan menggabungkan banyak foto.

Selain itu photoscape juga bisa digunakan untuk screenshot dan membuat gambar GIF. Cara screen shot laptop dengan menggunakan aplikasi photoscape ini cukup mudah.

Pertama kalian masuk kedalam aplikasi, lalu klik gambar icon screen capture. Kemudian akan muncul beberapa pilihan seperti menangkap gambar secara fullscreen, menangkap gambar hanya windowsnya saja, dan menangkap bagian layar yang ingin diambil gambarnya.

Lalu save deh hasil screenshot kalian dengan menggunakan photoscape tersebut.


Rifqi memastikan cara screen shot laptop seperti diatas tadi merupakan cara termudah yang bisa dilakukan dan diikuti oleh kalian. Berikan tanggapan kalian terhadap artikel ini dengan share ke teman-teman kalian dan berikan juga komentar dari kalian tentang artikel ini.

1 Komentar

  1. Makasih banget informasinya bermanfa'at, tapi saya ngasih masukan kalo di W 10 bisa tekan logo W + Shift + S.. nanti ada beberapa pilihan screenshootsnya

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Random